sayuran yang mengandung vitamin C
Hidup Sehat Nutrisi

11 Sayuran yang Mengandung Vitamin C, Pilih Yang Kamu Suka!

Putri Aprillia | April 19, 2022
Share

Sayuran yang mengandung vitamin C kini mulai banyak digemari karena dapat memberikan asupan gizi vitamin C yang tinggi dan sesuai dengan rekomendasi asupan harian atau RAH.

Bagi kamu yang suka dengan jenis sayuran, jangan lupa untuk memiliki jenis sayuran yang akan akan vitamin C alami. Apa saja jenis sayuran dengan vitamin C yang tinggi? Yuk simak daftar lengkapnya di bawah, ladies!

Apa itu vitamin C?

Sayuran yang mengandung vitamin C penting dikonsumsikan karena vitamin ini mempunyai banyak peran dalam setiap fungsi tubuh. Fungsi vitamin C dalam tubuh diantaranya pembentukan kolagen, sistem imun tubuh dan berfungsi dalam penyerapan zat besi.

Vitamin C sangat penting dikonsumsi karena ragam manfaatnya yang begitu besar untuk tubuh. Yuk ketahui jenis sayuran yang mengandung vitamin C apa saja yang ada di sekitar kamu?

Sayuran yang mengandung vitamin C

Jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin C bisa kamu ketahui dari daftar berikut ini, ladies:

1. Kale

Kale hampir sama dengan brokoli, berasal dari family cruciferous dan memiliki kandungan vitamin C tinggi. Dalam secangkir kale mentah mempunyai 80 mg vitamin C, dan jika sudah dimasak, kale memiliki 53 milligram vitamin C.

2. Cabai

Pecinta makanan pedas dapat mencoba vitamin C dari sayuran cabai hijau. Dalam satu cabai mengandung 109 miligram dan setara dengan asupan harian yang dibutuhkan. Cabai dapat diolah dan dijadikan bumbu masakan.

3. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu yang memiliki vitamin tinggi, secangkir brokoli matang mempunyai 52 mg vitamin C dan itu memenuhi kebutuhan tubuh kamu. Manfaat dari sayuran ini antara lain meningkatkan sistem imun, menurunkan stress oksidatif sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.

4. Peterseli

Peterseli atau parsley merupakan sayuran yang mengandung vitamin C yang biasanya digunakan sebagai penyedap steak. Sayuran ini mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh. Dalam 8 gram peterseli mempunyai 10 miligram vitamin C.

5. Paprika kuning

Paprika kuning terbilang unik karena vitamin C dalam sayuran ini akan meningkat bisa sudah matang. Dalam 75 gram paprika terdapat 137 miligram vitamin C yang tentunya sangat cukup untuk kebutuhan harian.

6. Kubis brussel

Kubis brussel mengandung setidaknya 49 miligram vitamin C. Kubis ini bisa digunakan sebagai sumber serat, vitamin a, kalium dan mangan yang tinggi.

7. Timi

Timi atau thyme juga sering digunakan sebagai penyedap di masakan steak. Sayuran ini mengandung vitamin C yang ternyata lebih besar lho dari jeruk. Dalam 28 gram timi, memiliki 45 mg vitamin C yang pastinya tidak kamu sangka sebelumnya bukan?

8. Seledri

Seledri merupakan jenis sayur yang dapat di jus. Dalam secangkir jus terdapat 14 mg vitamin dan setara dengan 19% rekomendasi asupan harian (RAH).

9. Kembang kol

Kembang kol banyak terdapat dalam masakan indonesia dan jenis kembang kol merupakan sayuran yang mengandung vitamin C. Dalam secangkir kembang kol terdapat 128 gram vitamin C atau setara dengan 77% RAH yang dibutuhkan dalam sehari.

10. Bayam jepang

Bayam jepang atau yang dikenal dengan bayam mustard adakah sayuran yang banyak mengandung vitamin C. Dalam secangkir bayam, terdapat 195 miligram atau 217% RAH.

11. Kentang

Jenis sayuran kentang memiliki 72,2 mg dalam 1 buah ukuran besar. Kentang dapat dijadikan berbagai menu lauk atau bahkan sebagai pengganti nasi karena karbohidratnya juga sesuai dengan kebutuhan. Kentang memiliki 80% rekomendasi asupan harian vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lalu apa saja ya manfaat dari mengonsumsi vitamin C untuk kesehatan tubuh?

Manfaat sayuran yang mengandung vitamin C

Manfaat mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C sangat banyak lho, ladies. Manfaat penting dalam vitamin C antara lain:

Meningkatkan kesehatan jantung

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa vitamin dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan komplikasinya. Orang yang mengonsumsi vitamin C akan memiliki risiko kematian akibat kardiovaskular yang lebih rendah dalam sebuah studi lanjutan.

Memperkuat sistem imun dan kekebalan tubuh

Vitamin C sangat baik untuk efek meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit seperti flu. Vitamin C juga membantu mencegah pneumonia dna mendukung pengobatan tetanus.

Menurunkan risiko beberapa jenis kanker

Vitamin C adalah antioksidan alami yang dapat mencegah kerusakan karena radikal bebas. Tentunya ini dapat mencegah risiko penyakit seperti kanker dan penyakit lainnya.

Lalu seberapa banyak tubuh memerlukan asupan vitamin C setiap harinya?

Berapa banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh

Untuk kamu yang belum tau dan terkadang memberikan asupan vitamin C tanpa takaran, tentunya ini kurang baik ya, ladies. Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda dan jika terlalu berlebihan atau kekurangan, maka kurang baik juga untuk kesehatan. Kenali kebutuhan vitamin C berdasarkan jenis kelamin dan kelompok usianya sebagai berikut:

  • Anak-anak usia 1-3 tahun membutuhkan 15 miligram
  • Anak-anak usia 4-8 tahun membutuhkan 25 miligram
  • Anak-anak usia 9-13 tahun membutuhkan 45 miligram
  • Remaja usia 14-18 tahun membutuhkan 65-75 miligram
  • Remaja perempuan usia 19 tahun keatas tahun membutuhkan 75 miligram
  • Remaja laki-laki tahun membutuhkan 90 miligram
  • Ibu hamil usia 19 tahun keatas tahun membutuhkan 85 miligram
  • Ibu menyusui 19 tahun keatas tahun membutuhkan 120 miligram

Tentunya mengonsumsi makanan yang sarat akan vitamin C yang sesuai dengan kebutuhan asupan harian akan berdampak maksimal untuk kesehatan tubuh ya, ladies. Jangan sampai asupan berkurang atau terlalu berlebihan. Bagaimana tips mengonsumsi vitamin C?

Tips mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C

Vitamin C sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun jangan lupa karena jenis vitamin ini larut dalam air, maka ketika dibawa dan sudah bersirkulasi dalam darah, maka akan segera dikeluarkan dalam urine. Vitamin ini banyak terkandung dalam sayuran dan buah, bagaimana tips mengonsumsinya?

  • Sayuran dan buah yang mengandung vitamin C akan mudah berkurang apabila disimpan dalam suhu terlalu panas, perhatikan penyimpanan sehingga vitamin akan tetap terjaga.
  • Olah dengan tepat dan hindari memotong terlalu kecil karena bila dimasak dalam suhu tinggi akan membuat vitamin C cepat rusak .
  • Sebisa mungkin hindari konsumsi makanan dengan banyak proses karena dapat menyebabkan kandungannya berkurang, jika asupan kurang, coba tambah dengan konsumsi suplemen mengandung vitamin C.

Sangat penting ya mengetahui jenis sayuran yang mengandung vitamin C agar tubuh dapat menerima asupan vitamin ini dengan baik. Jangan lupa untuk mengolah sayuran dengan benar agar nutrisi dapat lengkap terserap dalam tubuh!

Reference
Share