keputihan sebelum menstruasi

Keputihan, yang secara medis dikenal sebagai leukorea, adalah normal dan biasanya terjadi pada paruh kedua siklus menstruasi. Keputihan yang sehat dapat bervariasi dalam warna dan tekstur. Namun, apakah keputihan sebelum menstruasi biasa terjadi?

Keputihan sebelum menstruasi

Keputihan sebelum menstruasi adalah normal. Jumlah dan tampilan keputihan berubah secara alami sepanjang siklus menstruasi. Siklus ini memiliki beberapa tahapan, meskipun banyak perubahan yang terjadi seringkali tumpang tindih atau terjadi pada saat yang bersamaan.

Usia dan beberapa kondisi kesehatan dapat mengubah jumlah keputihan yang dimiliki seseorang. Misalnya, penurunan estrogen dapat menyebabkan seseorang memiliki debit yang lebih sedikit.

Wajib Tahu! Ini Penjelasan Munculnya Keputihan Setelah Haid

Penyebab keputihan

Penyebab Keputihan

Proses keputihan diawali dengan lapisan rahim menebal, sebagai respons terhadap perubahan hormon, dan tubuh bersiap dengan cara lain untuk kemungkinan kehamilan. Di tengah siklus, satu ovarium melepaskan sel telur. Pada akhirnya, jika orang tersebut tidak hamil, lapisan rahim luruh bersama dengan sel telur: orang tersebut mengalami menstruasi.

Keputihan memang sering kali merupakan bentuk normal hasi kerja tubuh. Namun, jika keputihan disertai bau busuk, gatal, atau terbakar, ini bisa mengindikasikan infeksi. Ini mungkin infeksi menular seksual (IMS).

Warna dan tekstur keputihan yang sehat bisa sangat bervariasi.

  • Putih: Ini biasanya terjadi pada awal dan akhir siklus.
  • Bening dan berair: Pelepasan yang jernih dan berair terjadi sepanjang siklus dan mungkin paling berat selama berolahraga.
  • Jelas dan transparan: Ini umumnya menunjukkan bahwa orang tersebut subur.
  • Kecoklatan: Ini sering terjadi setelah siklus menstruasi, karena tubuh membersihkan sisa darah.
  • Keputihan warna hijau atau kekuningan: Keputihan berwarna hijau atau kuning, terutama jika berbau, dapat mengindikasikan infeksi.

Apa itu Keputihan? Ini Penyebab dan Gejala Keputihan Normal

10 cara hilangkan keputihan dan bau

Untuk berhasil mengobati bau vagina, kamu harus terlebih dahulu memahami apa penyebabnya dan kemudian mengadopsi pendekatan pengobatan yang secara khusus menargetkan penyebab yang mendasarinya. Jadi, yang terbaik adalah berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba obat baru.

Nah, berikut ini 11 cara mengobati keputihan dan bau

1. Soda Kue

Bau vagina meningkat ketika tingkat pH tubuh menjadi serba salah. Soda kue membantu mengembalikan tingkat pH ke level normal, mengendalikan kelebihan bakteri dan jamur. Ini mengobati infeksi dan menghilangkan bau vagina secara instan. 

Siapkan 1/2 cangkir soda kue. Tambahkan baking soda ke dalam bak mandi dan rendam tubuh bagian bawah di dalamnya selama 20-30 menit. Kamu juga bisa mencampurkan satu sendok makan soda kue ke dalam 2 gelas air dan menggunakannya sebagai pembersih vagina.

2. Nanas

Sertakan nanas mentah dan jus nanas dalam diet rutinmu. Kamu bisa minum satu sampai dua gelas jus nanas segar setiap hari selama beberapa hari. Kandungan gula yang tinggi dan enzim yang tinggi dari nanas meningkatkan bau cairan vagina.

3. Daun Sirih

Daun sirih berperan sebagai antibakteri. Kamu bisa meminum rebusan daun sirih dua kali sehari atau menggunakan airnya sebagai pencuci vagina. 

4. Cuka

Cuka, terutama ACV, adalah obat ampuh lainnya yang sangat mudah untuk memerangi bau vagina. Cuka menghilangkan racun yang menyebabkan bau amis pada vagina. Ini bersifat asam dan sarat dengan sifat antibakteri s yang akan membantu membunuh kuman penyebab bau badan (14).

5. Yoghurt

manfaat yoghurt

Yogurt dapat membantu mengurangi bau vagina secara signifikan. Cukup minum dua cangkir yogurt tanpa pemanis sehari, sebaiknya dengan makanan, untuk mengembalikan pH normal vagina. Jika kamu menderita bau vagina yang sangat kuat, kamu juga bisa mencelupkan kapas ke dalam yogurt dan menggosoknya dengan lembut pada vagina.

Bau vagina yang kuat bisa menjadi indikasi infeksi jamur. Bakteri probiotik yang baik dalam yogurt dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi bau juga.

Sifat asam yogurt membantu mengembalikan pH vagina menjadi normal, dan bakteri lactobacillus yang ada di dalamnya akan membantu mengobati infeksi. Ini adalah metode alami dan efektif untuk menghilangkan bau amis dari vagina.

6. Cranberry

Cranberry diketahui sangat efektif dalam mengobati infeksi saluran kemih (ISK). Cranberry memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Oleh karena itu, dapat membantu mengurangi bau vagina yang tidak sedap. Cranberry mencegah adhesi bakteri pada dinding vagina, sehingga mencegah pertumbuhan bakteri

7. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antimikroba, anti-inflamasi, dan antioksidan. Ini adalah salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mengobati infeksi dan luka mikroba. Sediakan 1 ruas kunyit atau 1 sendok teh bubuk kunyit dan 1 gelas susu.

Ada tiga cara untuk menggunakan kunyit. Pertama, cuci akar kunyit sampai bersih. Kupas dan kunyah di pagi hari. Kedua, cuci akar kunyit sampai bersih. Kupas dan rebus dalam satu liter air sampai jumlah air berkurang menjadi setengahnya.

Gunakan air ini untuk mencuci vagina. Ketiga, tambahkan bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat dan minum sebelum tidur.

8. Buah Jeruk

Buah jeruk, seperti jeruk bali, jeruk nipis, lemon, anggur, dll., Merupakan sumber vitamin C yang sangat baik yang meningkatkan kekebalan. Buah jeruk membantu tubuh melawan pertumbuhan bakteri di vagina. Oleh karena itu, memakannya atau meminum jus buah jeruk segar akan membantu menghilangkan bau vagina.

Makan buah jeruk atau minum jus setiap hari untuk menghilangkan bau vagina. Jus buah jeruk atau detox water akan membantu menjaga keseimbangan pH tubuh dan mencegah iritasi vagina.

9. Biji dan Kacang

Biji-bijian dan kacang-kacangan memiliki jumlah vitamin E yang baik untuk mencegah kekeringan dan gatal pada vagina. Biji labu dan almond kaya akan seng, yang membantu mencegah kekeringan pada vagina, gatal, pertumbuhan bakteri, dan bau.

Kacang-kacangan lainnya, seperti kenari, biji rami (kaya akan asam lemak omega-3 dan poliestrogen), hazelnut, dan biji bunga matahari, juga membantu mengatur siklus menstruasi dan mencegah kekeringan vagina dan ketidakseimbangan hormon.

10. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki kandungan tanin, antioksidan, antibakteri, dan antiproaktif. Daun jambu biji telah digunakan untuk mengobati luka dan mencegah infeksi mikroba. Berikut cara menggunakan daun jambu biji untuk mengobati bau tak sedap pada vagina.

Siapkan 4-5 daun jambu biji dan 1 liter air. Masukkan daun jambu biji ke dalam air dan rebus air sampai berkurang setengahnya. Minum sebelum sarapan setiap hari alternatif selama dua minggu.

11. Minyak Lavender

Minyak yang berbau harum dan membangkitkan suasana hati ini akan membantu mengurangi gatal dan iritasi pada vagina. Berikut adalah cara menggunakannya. Tambahkan minyak lavender ke air mandi dan rendam tubuh setidaknya selama 10 menit. 

Mirip! Ini 4 Perbedaan Keputihan Haid dan Hamil

Share artikel ini
Reference