Siapa yang suka minum es kelapa saat haid? Es kelapa merupakan salah satu minuman favorit semua orang. Namun ada beberapa wanita yang enggan minum karena mengira darah haid akan keluar lebih banyak dan deras. 

Tentunya aliran darah yang deras bukan disebabkan oleh air kelapa ya, ladies. Bahkan kandungan bermanfaat dalam air kelapa membuat jenis minuman ini sangat direkomendasikan.

Apa saja manfaat air kelapa untuk wanita haid? Yuk simak info selengkapnya pada ulasan ini.

Bolehkah minum es kelapa saat haid

Minum es kelapa saat haid ternyata salah satu hal yang meringankan gejala haid itu sendiri, lho. Air kepala dinilai sangat bermanfaat karena cairan bening dari buah kelapa muda atau kelapa hijau kini menjadi alternatif minuman pengganti elektrolit tubuh.

Kandungan dalam air kelapa yang sangat penting itu antara lain berbagai vitamin, folat, kalium, kalsium, magnesium, dan natrium yang mempunyai peran penting dalam kesehatan tubuh.

Menurut American Society For Nutrition, jenis minuman ini juga bebas lemak, kolesterol dan sangat rendah gula serta kalori. Tentunya timbangan tidak akan mudah geser kanan ya ladies!

Salah satu hal penting lain yang ada dalam air kelapa adalah fitoestrogennya yang snagat mirip dengan estrogen pada manusia. Tentunya senyawa ini sangat bermanfaat untuk keberlangsungan siklus yang nyaman dan lancar.

Lalu apakah boleh wanita minum es kepala saat haid? Minum es kelapa saat haid dibolehkan dan tidak ada riset yang membuktikan bahwa darah akan semakin deras mengalir jika wanita terlalu banyak mengonsumsi es kepala. Darah yang deras mengalir berhubungan dengan hormon wanita yang bekerja pada saat haid.

Apa saja manfaat yang didapatkan wanita saat haid jika rutin mengosnumsi air kelapa?

Bahayakah Minum Es Saat Haid? Ini Faktanya!

Manfaat minum es kelapa saat haid

manfaat buah kelapa muda

Minum es kelapa saat haid bisa memberikan beberapa manfaat, antara lain:

1. Meredakan nyeri

Nyeri atau kram perut sering terjadi sebelum dan selama siklus haid berlangsung. Air kelapa diketahui dapat meredakan nyeri haid dan terbukti pada beberapa penelitian. Nyeri lebih berkurang dengan konsumsi air kelapa muda secara rutin dan teratur.

2. Mengatur siklus

Jika ada yang bilang bahwa air kelapa hanya memperpanjang siklus, maka itu adalah mitos ya ladies. Air kelapa justru sangat bermanfaat bagi wanita agar siklusnya lebih teratur dan lancar.

Fitoestrogen pada air kepala dapat membantu siklus teratur sehingga sangat baik untuk kamu dan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

Siklus Haid Berantakan, Minum Apa Agar Haid Lancar?

3. Menghidrasi tubuh

Banyak orang yang memanfaatkan air kelapa sebagai pengganti cairan tubuh karena kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat meringankan kondisi dehidrasi dengan cepat.

Apalagi pada saat haid, wanita  cenderung merasa cepat haus karena banyak cairan yang hilang, air kelapa dapat menggantikannya dengan cepat. 

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

4. Mencegah anemia

Wanita paling banyak yang mengalami anemia karena mengalami kehilangan darah setiap bulannya, apalagi bagi mereka yang mengalami menorrhagia atau haid yang berlebihan.

Kandungan dalam air kelapa dapat dimanfaatkan untuk mengurangi risiko anemia defisiensi besi pada wanita, utamanya pada saat haid berlangsung.

5. Meringankan sembelit atau diare

Masalah pencernaan sering dialami oleh wanita haid seperti diare hingga sembelit. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal yang dialami wanita setiap kalo datang bulan.

Minum air kelapa bisa menjadi pilihan untuk mengurangi risiko masalah pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. 

Biasanya wanita yang diare juga mudah untuk kehilangan cairan sehingga elekstrolit pada air kelapa dapat menghidrasinya dengan cepat.

5 Penyebab Diare Saat Puasa dan Cara Ampuh Mengatasinya

6. Rendah kalori

Dalam setiap cangkir air kelapa, kalori kelapa yang terdapat didalamnya hanya sekitar 45 kalori saja. Tentunya ini sangat direkomendasikan untuk wanita meskipun tengah haid.

Wanita haid direkomendasikan untuk minum air kelapa alih-alih memilih soda atau minuman yang mengandung kafein. 

7. Kaya akan mineral

Mineral dalam air kelapa sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh. Air kelapa diketahui tinggi magnesium yang dapat memberikan kenyamanan sehingga kram perut dapat diredakan.

Otot menjadi lebih rileks dan kontraksi dapat dihindari. Distribusi potasium dan kalsium akan lebih banyak masuk ke dalam tubuh. 

Asam amino dalam air kelapa juga dapat merespon stress dan menghindari resiko nya. Haid akan menjadi lebih nyaman dan mengurangi perubahan suasana hati pemicu stress. 

Minum es kelapa saat haid dibolehkan ya, ladies. Selain mengurangi berbagai gejala, tentunya es kelapa juga dapat menyegarkan hari kamu sehingga lebih sehat dan bugar.

Share artikel ini
Reference