Manfaat Daun Sirih bagi Wanita
Hidup Sehat

5 Manfaat Daun Sirih bagi Wanita yang Bisa Kamu Coba

Putri Aprillia | Desember 31, 2021
Share

Daun sirih ternyata mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan, utamanya kesehatan kaum wanita. Tak heran banyak wanita yang mencari informasi mengenai manfaat dan cara mengonsumsi daun sirih yang berkhasiat untuk tubuh. Apakah kamu salah satunya? Dengan berbagai cara dalam mengkonsumsinya, kamu memang bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat dan tips mengonsumsinya? Yuk coba simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu daun sirih?

Daun sirih adalah salah satu keluarga dari lada hitam atau Piperaceae. Setidaknya ada 100 varietas daun diri dan sebanyak 40 jenis diantaranya ditemukan di India. Daun sirih banyak dikenal sebagai salah satu daun penuh manfaat untuk segala pengobatan.

Sejak dulu hingga kini, daun sirih dipercaya sebagai daun paling ampuh mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Beberapa khasiat daun sirih biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit, organ reproduksi wanita, dan kesehatan umum lainnya.

Kandungan dalam daun sirih

Sebelum mengetahui apa saja manfaat daun sirih bagi wanita secara detail, ada baiknya simak terlebih dulu apa saja sih kandungan daun sirih? Dalam Jurnal South Asian Journal of Cancer, berikut beberapa zat yang terkandung dalam daun sirih:

  • zat anti inflamasi/imunomodulator
  • zat antibakteri
  • zat anti jamur
  • zat anti protozoal

Tentunya kandungan dalam daun sirih menjadikannya mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan wanita.

Manfaat daun sirih bagi wanita

Manfaat daun sirih, khususnya untuk Kesehatan wanita dapat kamu ketahui dari ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Mengatasi masalah jerawat

Manfaat daun sirih yang sudah banyak diketahui adalah sebagai obat alternatif jerawat. Daun sirih mengandung sifat antibakteri yang dapat mengalahkan penyebab munculnya jerawat, yaitu Propionibacterium Acnes.
Bakteri tidak begitu merugikan bagi wajah, namun jika wajah berkeringat dan terkena bakteri, maka dapat menyebabkan masalah wajah yang lain. Bakteri dapat menyebabkan jerawat meradang. Kamu dapat melarutkan daun sirih sebanyak 20 mg/ml untuk mengatasi masalah ini.

2. Menjaga kebersihan vagina

Bagi wanita, masalah keputihan terkadang menjadi hal yang meresahkan. Kebersihan vagina dan menghindari keputihan berlebih dapat menjadi manfaat yang didapatkan dari konsumsi daun sirih. Daun sirih merah atau Piper Crocatum mempunyai manfaat antioksidan dan antosianin. Manfaat daun sirih bagi wanita ini merupakan antiseptic sebagai sifat alamiahnya.

Rebusan air daun sirih dapat menjadi alternatif untuk membasuh area selangkangan dan kemudian bilas dengan air bersih. Kamu tidak perlu membasuh langsung ke area vagina untuk menghindari iritasi terjadi. Cukup dengan membasuhnya saja dapat bermanfaat sebagai pencegah rasa gatal di area vagina.

3. Mengatasi depresi

Dilansir dari Mayo Clinic, tingkat depresi wanita lebih dari tinggi dari pria, apalagi setelah pubertas. Oleh karena itu wanita lebih rentan secara kesehatan. Nah, daun sirih mempunyai manfaat besar dapat mengatasi depresi. Sebagai antidepresan, daun sirih sejak dulu digunakan sebagai stimulan sistem saraf pusat untuk melawan depresi.

4. Mengatasi migrain

Serangan migrain juga lebih sering menyerang wanita. Manfaat daun sirih bagi wanita ini salah satunya untuk mengatasi jika kamu terserang migrain. Daun sirih dapat digunakan sebagai pereda migrain dengan cara dihaluskan dan mengoleskannya di dahi.

5. Sebagai analgesic

Daun sirih merupakan analgesic alami dan dapat menjadi pereda sakit instan. Daun sirih yang dioleskan pada bagian tubuh yang terkena ruam, luka, atau lebam dapat membantu meredakan sakit dan nyerinya lebih cepat.

Tips menggunakan daun sirih bagi wanita

Selain mengetahui manfaat daun sirih bagi wanita, tentunya kamu juga harus tahu bagaimana cara menggunakan daun sirih untuk berbagai keperluan. Contoh penggunakan daun sirih yaitu sebagai berikut:

  • Mengobati keputihan. Ambil sebanyak 5 lembar daun sirih, cuci bersih dan rebus dengan air 250 ml. Air rebusan dapat digunakan untuk mencuci area selangkangan saat masih hangat.
  • Menghilangkan rasa gatal pada vagina. Rebus daun sirih dan gunakan untuk mencuci area vagina luar secukupnya.
  • Mengharumkan area wanita. Minum air rebusan daun sirih, campurkan sedikit garam dan minum 2x sehari.
  • Mengatasi jerawat. Larutkan daun sirih secukupnya dan oleskan pada wajah yang berjerawat.
  • Meredakan migrain. Haluskan daun sirih dan oleskan pada dahi

Cara menghilangkan bau pada kemaluan wanita dengan daun sirih

Daun sirih dapat digunakan sebagai penghilang baru di area wanita. Area vagina memang salah satu yang paling lembab dan terkadang menimbulkan bau yang kurang sedang. Untungnya daun sirih mempunyai efek yang cukup kuat jika digunakan untuk area tersebut.

Caranya cukup mudah untuk dilakukan, lho. Untuk kamu yang ingin membersihkan area Wanita dan ingin daerah sensitif kamu bebas dari bau, kamu dapat gunakan rebusan air daun sirih untuk mencuci area selangkangan. Tidak perlu terlalu dalam membasuhkan air daun sirihnya, cukup basuh area terluar agar vagina bebas dari bau.

Efek samping daun sirih untuk kewanitaan

Meskipun manfaat daun sirih bagi wanita cukup banyak untuk area vagina dan keluhan kesehatan lain, daun sirih juga memiliki beberapa efek samping. Jadi, kamu perlu hati-hati dalam menggunakan daun sirih. Berikut ini efek samping daun sirih yang perlu kamu ketahui:

1. Mengganggu kesehatan mata.

Terlalu sering merebus daun sirih dapat membuat air rebusan semakin lama mempunyai pH tinggi dan asam. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mata karena merusak epitel kornea dan konjungtiva. Untuk itu, kamu perlu hati-hati dalam merebusnya. Jika perlu pakai pelindung mata untuk menjaga kesehatan mata kamu.

2. Iritasi gusi

Daun sirih terkadang dimanfaat untuk keperluan kesehatan dengan cara dikunyah. Namun, jika dikunyah terlalu lama, hal ini dapat membuat rahang kaku dan iritasi pada gusi. Kamu bisa menggunakan cara lain untuk dapat merasakan manfaat dari daun sirih.

3. Ketagihan

Daun sirih ternyata dapat menyebabkan ketagihan jika terlalu sering dikunyah begitu saja. Oleh sebab itu, gunakan secara bijak sesuai dengan penggunaannya dan keluhan yang dirasakan.

Nah itu tadi manfaat daun sirih bagi wanita yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan. Cukup banyak juga, ya? Umumnya daun sirih memang digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan wanita. Walaupun begitu, kamu juga perlu hati-hati dalam mengonsumsinya untuk mencegah efek samping dari daun sirih.

Reference
Share