Jamu penyubur kandungan
Kehamilan Perencanaan

15+ Jamu Penyubur Kandungan yang Aman Dikonsumsi, Intip Yuk Ladies!

Putri Aprillia | Maret 20, 2022
Share

Pasangan suami dan istri umumnya mendambakan kehamilan dan memiliki momongan lebih cepat ya ladies, namun terkadang keinginan memiliki keturunan dapat terhambat oleh masalah kesuburan.

Untuk mengatasi masalah kesuburan, saat ini terdapat obat dan vitamin yang dapat meningkatkan kesuburan ini. Termasuk salah satunya jamu atau ramuan herbal. Apa saja jamu penyubur kandungan yang aman namun efektif digunakan sebagai obat kesuburan? Yuk simak daftarnya disini.

Apa itu penyubur kandungan?

Jamu penyubur kandungan menurut American Pregnancy Association adalah obat herbal yang mempunyai manfaat untuk mendukung proses ovulasi maupun kesehatan sperma. Tentunya obat penyubur tidak boleh dikonsumsi sembarangan sehingga diperlukan konsultasi dengan dokter atau herbalis yang akan memberikan rekomendasi terbaiknya.

Cara kerja dari obat penyubur herbal akan berbeda satu dengan lainnya dan umumnya aman digunakan jika sudah mendapatkan sertifikasi dari BPOM atau Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Apakah jamu bisa menyuburkan kandungan?

Jamu penyubur kandungan dapat dikonsumsi untuk meningkatkan peluang kehamilan. Namun, jamu tersebut perlu mendapat resep dan kuantitas yang sudah didiskusikan dengan dokter sebelumnya. Terkadang ada beberapa jamu herbal yang dapat memicu alergi, sehingga harus diperhatikan bagaimana penggunaan dan juga pemakaiannya.

Selain mengonsumsi obat herbal yang direkomendasi, kamu dan pasangan juga dapat menjalani pola hidup dan pola makan sehat sehingga dapat bersiap jika kehamilan datang. Selain itu berhubungan intim di waktu subur juga dapat memperbesar peluang kehamilan, loh, apa saja jamu atau obat herbal yang dapat meningkatkan kesuburan? Yuk intip!

Macam macam jamu penyubur kandungan

Daftar jamu atau obat herbal yang direkomendasi untuk kesuburan kamu dan pasangan antara lain:

1. Bee pollen

Bee pollen adalah salah satu obat herbal atau tradisional yang memiliki kandungan asam amino, vitamin dan bioflavonoid. Obat herbal ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan sehingga wanita cepat hamil, meningkatkan daya tahan tubuh serta mengembalikan nutrisi. Bee pollen juga dapat membantu kesuburan pria.

Namun jamu penyubur kandungan ini dapat mengakibatkan efek samping seperti sesak napas, ruam, rasa tidak nyaman sehingga harus diperhatikan dalam mengonsumsinya.

2. Royal jelly

Royal jelly mengandung berbagai macam kandungan yang baik seperti asam amino, kalsium, zat besi, vitamin A, B, C, D, dan E serta protein yang sangat baik untuk kesuburan dan sebagai antiinflamasi alami.

3. Chasteberry

Chasteberry adalah pohon chaste yang dapat memberi efek dan sinyal kepada otak untuk dapat memproduksi hormone luteinizing. Hormon ini dapat memicu proses ovulasi sehingga dapat mendukung kehamilan lebih cepat. Ramuan ini juga dapat mengembalikan fungsi ovarium dan keseimbangan hormon secara keseluruhan.

4. Kayu manis

Kayu manis dipercaya sebagai obat tradisional yang menjadi penyubur kandungan. Kayu manis dapat memperbaiki siklus menjadi lebih teratur. Meski begitu, penggunaan kayu manis harus diperhatikan takarannya karena ada risiko peningkatan diabetes dan intoleransi glukosa.

5. Propolis

Mirip dengan bee pollen, kandungan flavonoid dalam propolis juga dapat membantu hormon estrogen menjadi meningkat. Dalam sebuah penelitian di jurnal fertility and sterility, peluang kehamilan dapat meningkat hingga 40% jika mengonsumsi obat tradisional atau jamu penyubur kandungan ini.

6. Akar lengkuas

Akar lengkuas dikenal sebagai salah satu obat herbal atau tradisional yang bermanfaat untuk penyubur kandungan. Akar lengkuas secara fungsi hampir sama dengan kunyit yang dapat mencegah infeksi, membantu masa subur dan peradangan. Kualitas sperma juga akan meningkat dengan banyak mengonsumsi obat yang mengandung akar lengkuas.

7. Asparagus

Tanaman herbal ini mengandung banyak nutrisi yang baik dan penting untuk kehamilan. Asparagus mengandung vitamin K, A, B C dan memperbesar peluang untuk cepat hamil.

8. Maca

Maca adalah tumbuhan asli dari dataran Peru yang banyak tumbuh di tanam vulkanik. Tanaman ini tinggi akan mineral dan fitonutrien yang dapat meningkatkan kesehatan tiroid dan keseimbangan hormonal. Maca tidak hanya digunakan untuk penyubur kandungan saja namun juga dapat dipakai sebagai sajian minuman dan bumbu makanan di Peru.

9. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari dipercaya sangat baik untuk kesuburan pria dan wanita karena mengandung folat dan selenium. Bahan ini sangat baik dijadikan sebagai ramuan herbal sebagai campuran dari salad selai atau makanan lain.

10. Kunyit

Sejak 4000 tahun lalu, kunyit dipercaya sebagai salah satu cara untuk dapat menyuburkan kandungan. Kunyit dapat meningkatkan ovulasi, menjaga kualitas sperma dan mencegah komplikasi kehamilan tertentu.

11. Habbatussauda

Nigella atau habbatussauda ini merupakan obat tradisional untuk masalah kesehatan. Terdapat senyawa timokuinon yang bisa melindungi organ serta mencegah racun radikal bebas. Obat herbal ini dapat dimanfaatkan sebagai jamu penyubur kandungan.

12. Kurma muda

Kurma muda dipercaya dapat meningkatkan kesuburan wanita. Masih banyak penelitian lebih lanjut mengenai kurma muda ini. Wanita yang banyak mengonsumsi kurma muda selama hamil tua dapat membantu persalinan lebih lancar.

13. Jahe

Selain untuk masakan, jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk penyubur kandungan. Penelitian The Medical Journal Tikrit University, menemukan bahkan jahe dapat meningkatkan hormone testosterone sehingga jumlah sperma akan meningkat. Selain itu jahe juga bermanfaat untuk mencegah peradangan pada area intim wanita.

14. Semanggi merah

Semanggi merah dikenal sebagai salah satu ramuan herbal yang dapat meningkatkan fungsi peredaran darah dan meningkatkan kesuburan. Peredaran darah yang lancar dapat berdampak pada ovarium dan rahim sehingga aliran darah dapat bekerja secara optimal.

15. Akar bit

Akar bit telah lama digunakan sebagai salah satu cara untuk pasangan yang sudah lama belum memiliki anak. Terdapat kandungan antioksidan resveratrol yang dapat memerangi inferlititas terkait dengan usia.

16. Brokoli

Brokoli dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sayuran yang dapat meningkatkan kesuburan wanita. Brokoli mengandung magnesium dan klorofil yang tinggi sehingga dapat memiliki efek detoksifikasi pada tubuh.

17. Daun raspberry merah

Ramuan dari daun raspberry mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kesuburan. Indikasi daun ini dapat memperkuat lapisan rahim dan memperpanjang fase luteal sehingga lebih meningkatkan peluang untuk hamil.

Tips mengonsumsi jamu penyubur kandungan

Selain memilih jenis jamu atau obat yang akan digunakan, dalam mengonsumsi jamu penyubur kandungan atau jamu kesehatan lain juga perlu dilakukan, lho ladies. Apa saja tips dalam mengonsumsi jamu?

  • Proses pembuatan yang higienis. Jamu herbal yang aman dikonsumsi adalah obat dalam prosesnya bersih, tanpa pengawet dan terjamin bersihnya. Ramuan dari bahan tertentu bisa dibuat sendiri sehingga akan lebih aman dan terjamin kebersihannya.
  • Langsung habiskan jamu. Obat atau jamu herbal tentu tidak baik jika dibiarkan lebih dari sehari jika sudah siap diminum. Langsung habiskan jamu atau bahan makanan segar agar tetap terjaga kualitasnya.
  • Konsumsi sebelum makan. Makanan atau jamu herbal lebih aman dikonsumsi sebelum makan atau pada jam-jam khusus yang ditentukan.
  • Jangan melebihi dosis. Beberapa bahan makanan jamu penyubur tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan sehingga konsumsilah dengan kuantitas yang normal dan tidak berlebihan.
  • Cukupi kebutuhan air putih dan makanan sehat. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan harian untuk minum air putih dan makan makanan sehat bergizi agar dapat menjaga kebugaran dan kesehatan kamu dan pasangan.

Jamu penyubur kandungan atau obat herbal saat ini memiliki beragam jenisnya. Pilih jenis makanan atau bahan yang direkomendasikan dan aman untuk kesehatan agar dapat meningkatkan kesuburan kamu dan pasangan, ya ladies!

Reference
Share