manfaat ubi ungu untuk ibu hamil

Ubi ungu adalah buah yang kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, seng, natrium, fosfor, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua nutrisi ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil. 

Salah satu manfaat ubi ungu untuk ibu hamil adalah membantu perkembangan janin. Vitamin A yang terkandung di dalam ubi ini sangat penting untuk perkembangan organ janin seperti mata, hati, ginjal, jantung dan paru-paru. 

Yuk, simak lebih jauh manfaat ubi ungu untuk ibu hamil di bawah ini. 

Apakah ubi ungu baik untuk ibu hamil?

apakah ubi ungu baik untuk ibu hamil

Jawaban singkat untuk ini adalah “YA”.

Ubi ungu adalah sumber nutrisi penting yang dibutuhkan wanita selama kehamilan. Mereka dapat memberikan energi dalam bentuk pati. Tentunya ini sangat baik untuk ibu hamil yang umumnya mudah kehabisan energi.

Warna apa pun bisa dimakan baik dengan atau tanpa kulit. Terlepas dari apakah kamu makan meninggalkan kulit atau tidak, pastikan untuk mencuci umbi secara menyeluruh sebelum menyiapkannya.

Manfaat ubi ungu untuk ibu hamil

labu siam untuk ibu hamil

Kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, E, potasium, tembaga, seng, magnesium, mangan, dan sodium, ubi ungu sangat bermanfaat selama kehamilan. Berikut penjelasannya.

1. Ubi ungu saat hamil membantu perkembangan janin

Vitamin A sangat penting untuk perkembangan organ janin seperti mata, hati, ginjal, jantung dan paru-paru. Penting untuk kerangka janin dan menjaga kekebalan janin. Wanita hamil membutuhkan sekitar 800 mikro gram Vitamin A1. 

Segudang manfat tersebut dapat dengan mudah diperoleh dari kurang dari setengah cangkir ubi panggang, lo.

Demikian juga, vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan tendon. Ini juga penting untuk pembentukan kulit janin. Selama kehamilan, seseorang harus memasukkan sekitar 90 mg Vitamin C dalam menu hariannya3. 1/3 rd ini dapat dengan mudah dicapai dengan menambahkan semangkuk ubi ungu ke dalam menu sehari-hari.

Manfaat Ubi Jalar untuk Promil, Ternyata Cocok untuk Kesuburan

Mangan adalah mineral langka yang bisa kamu peroleh dari makanan. Unsur ini juga membantu perkembangan tulang dan tulang rawan janin. Secangkir ubi bakar menyediakan hampir setengah jumlah mangan harian yang dibutuhkan selama kehamilan.

2. Membantu melawan morning sickness

Menurut penelitian asupan vitamin B6 dapat memperbaiki morning sickness atau mual kehamilan secara signifikan. Vitamin B6 mendorong tubuh untuk memproduksi asam amino tertentu yang berpotensi mengurangi rasa mual. Ubi ungu memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup banyak.

Oleh karena itu makan ubi ungu selama trimester pertama membantu mengurangi mual di pagi hari.

3. Ubi ungu saat hamil dapat mencegah sembelit

Ubi ungu merupakan sumber serat yang sangat baik. Mereka juga mengandung berbagai obat pencahar alami seperti air, magnesium dan vitamin B6. Kehamilan adalah masa di mana mayoritas wanita mengalami sembelit.

Disarankan untuk memasukkan 30 gram serat dalam menu kehamilan untuk mengurangi risiko sembelit. Sepertiganya dapat diperoleh dari satu cangkir ubi panggang. Oleh karena itu, makan ubi ungu saat hamil merupakan cara yang aman dan sehat untuk mencegah sembelit.

4. Membantu perkembangan otak janin

Menurut penelitian, Vitamin B6 memiliki peran penting dalam perkembangan otak janin dan sistem saraf. Satu cangkir ubi panggang membawa sekitar sepertiga dari vitamin B6 yang dibutuhkan setiap hari.

Juga, ubi ungu mengandung Kolin dalam jumlah yang signifikan, nutrisi yang mirip dengan vitamin B. Kolin juga berperan besar dalam perkembangan otak janin. Ubi ungu merupakan sumber asam folat yang kaya yang sangat penting untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf seperti Spina Bifida.

Dambakan Anak Perempuan? Yuk Kenali Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan

5. Membantu mencegah hipertensi

Ubi ungu kaya akan potasium. Unsur ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan elektrolitik. Kalium sangat penting untuk mengatur tekanan darah. Selama kehamilan volume darah meningkat sekitar 50%. Ini dapat mengurangi keseimbangan elektrolit dan tekanan darah wanita hamil.

Oleh karena itu penting untuk meningkatkan asupan kalium selama kehamilan. Memasukkan ubi ungu dalam diet kehamilan akan membantu memenuhi jumlah potasium yang optimal dan mencegah risiko hipertensi

6. Melawan anemia

Meskipun ubi ungu tidak kaya akan zat besi, namun secara efektif dapat mencegah anemia. Karena volume darah meningkat secara signifikan selama kehamilan, risiko anemia meningkat jika wanita hamil gagal memenuhi peningkatan kebutuhan zat besi. Ubi ungu selama kehamilan dapat membantu kamu dengan hal yang sama.

Ubi ungu kaya akan vitamin C. Dan, vitamin C penting untuk penyerapan zat besi. Makan ubi membantu meningkatkan vitamin C dalam darah dan dengan demikian mempercepat penyerapan zat besi dari makanan lain yang dikonsumsi.

Efek samping ubi ungu untuk ibu hamil

Terlepas dari semua manfaat kesehatannya, kita tidak boleh mengabaikan beberapa kelemahan ubi ungu terutama saat kamu memutuskan untuk menjadikannya bagian dari diet kehamilanmu. Berikut adalah beberapa kemungkinan efek samping dari makan ubi ungu selama kehamilan:

1. Ubi ungu saat hamil dapat meningkatkan risiko batu ginjal

Mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat dalam kadar tinggi dapat mengakibatkan terbentuknya batu ginjal. Ini karena oksalat mudah mengikat mineral tertentu, termasuk kalsium, menciptakan batu kalsium-oksalat. 

Ubi ungu mengandung oksalat tinggi. Oleh karena itu konsumsi ubi ungu yang berlebihan dapat menyebabkan batu ginjal, suatu kondisi yang sangat menyakitkan.

2. Dapat menyebabkan sakit perut

Ubi ungu mengandung sejenis gula yang disebut mannitol, anggota dari “keluarga alkohol gula”. Jenis gula khusus ini dapat menimbulkan gas, sakit perut, dan diare pada orang yang memiliki intoleransi manitol. Kehamilan adalah saat wanita menjadi sensitif terhadap makanan.

3. Bisa membuat kamu kelebihan berat badan

Ubi ungu memiliki kandungan pati yang tinggi. Oleh karena itu, konsumsi ubi ungu yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak perlu. Kelebihan berat badan selama kehamilan dapat memicu banyak komplikasi. Oleh karena itu, ubi ungu tidak cocok untuk ibu hamil yang mengalami obesitas.

4. Risiko keracunan Vitamin A

Keracunan vitamin A disebabkan oleh konsumsi vitamin A dosis tinggi. Jika ini terjadi selama kehamilan, dapat menyebabkan kelainan bawaan dan keguguran. Lebih dari 15.000 IU vitamin A dapat memicu keracunan Vitamin A pada wanita hamil.

Meski terlihat mustahil, jika kamu mempertimbangkan makanan dan suplemen lain yang mengandung vitamin A yang kamu konsumsi setiap hari, asupan ubi ungu yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan vitamin A. Jadi, tidak peduli seberapa kuat kamu mendambakan ubi ungu, awasi terus untuk menghindari asupan berlebih.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference