manfaat aroma kayu manis
Gaya Hidup Hidup Sehat

5 Manfaat aroma kayu manis, bisa naikin mood kamu!

Putri Aprillia | Februari 22, 2022
Share

Kayu manis biasanya sering digunakan sebagai bahan campuran pada minuman hangat atau aneka kue dan roti. Rasa dari jenis rempah ini mungkin juga sudah familiar di lidah kamu. Selain menjadi bahan campuran makanan, kayu manis juga memiliki Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan aroma kayu manis yang lembut dan ringan.

Nah, aroma dari ekstrak kayu manis ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Di antaranya, untuk menaikkan mood, dan masih banyak lagi. Penasaran apa saja itu, yuk simak selengkapnya berikut ini!

Aroma kayu manis

Aroma kayu manis adalah aroma yang didapatkan dari essential oil kayu manis yang disuling dengan uap baik dari daun atau kulit semak atau pohon kayu manis.

Minyak kulit kayu manis (Cinnamomum Verum) berasal dari tanaman dengan nama spesies Laurus cCnnamomum dan termasuk dalam keluarga botani Lauraceae. Tanaman ini berasal dari beberapa bagian di Asia Selatan. Saat ini diyakini bahwa lebih dari 100 varietas kayu manis ditanam di seluruh dunia, tetapi dua jenis yang paling populer: kayu manis Ceylon dan kayu manis Cina.

Kayu manis memiliki latar belakang yang sangat panjang dan menarik. Bahkan, banyak orang menganggapnya sebagai salah satu rempah yang paling lama ada dalam sejarah manusia.
Kayu manis sangat dihargai oleh orang Mesir kuno dan telah digunakan oleh praktisi pengobatan Cina selama ribuan tahun untuk membantu menyembuhkan segala sesuatu mulai dari depresi hingga penambahan berat badan.

Kandungan aroma kayu manis

Aroma kayu manis yang berasal dari essential oil kayu manis yang memiliki kandungan beberapa zat berikut ini:

  • cinnamaldehyde (65-80%)
  • eugenol (5-10%)
  • asam sinamat
  • sinamat asetat

Minyak aroma kayu manis juga memiliki zat lainnya, seperti sebagai antioksidan, antimikroba, antijamur, antidiabetes.

Manfaat aroma kayu manis

Berikut ini beberapa manfaat aroma kayu manis yang bisa kamu dapatkan. Yuk, simak penjelasannya!

1. Meningkatkan suasana hati

Sifat minyak kayu manis menjadikannya pilihan populer untuk perawatan aromaterapi di rumah. Dalam aromaterapi, minyak esensial disebarkan atau disemprotkan ke udara sehingga dapat dihirup atau diserap ke dalam kulit. Aromaterapi kayu manis dapat mengurangi depresi dan kecemasan sehingga kamu dapat meningkatkan kualitas tidur kamu.

2. Sifat antibakteri

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu manis dapat memerangi organisme bakteri yang sulit diobati. Sebuah studi menemukan bahwa senyawa dalam minyak kayu manis memiliki efek antimikroba terhadap Pseudomonas aeruginosa, yaitu bakteri resisten obat yang berpotensi mengancam jiwa yang mempengaruhi tanaman, manusia, dan hewan lainnya.

3. Mendukung kesehatan mulut

Dengan menghirup aroma kayu manis, ternyata bisa mendukung kesehatan mulut juga, lho. Sifat antibakteri dan antijamur kayu manis telah terbukti efektif melawan Streptococcus mutans dan pada biofilm Candida spp, dua bakteri tersebut menyebabkan infeksi mulut, sariawan, dan gigi berlubang.

4. Sebagai disinfeksi

Sifat antibakteri dalam minyak kulit kayu manis dapat digunakan untuk mengawetkan produk dan meningkatkan umur simpannya. Satu studi menemukan bahwa minyak kayu manis dapat digunakan secara efektif sebagai pengawet dalam kosmetik, perlengkapan mandi, dan disinfektan rumah sakit. Bahan alami ini tentu lebih aman daripada disinfektan bahan kimia.

5. Meredakan gejala pilek

Jika kamu merasakan tanda-tanda pilek seperti hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan pusing, aroma hangat minyak kayu manis melalui diffuser dapat membantu melegakan tenggorokan.

Cara menggunakan essensial oil kayu manis

Berikut adalah beberapa cara paling populer menggunakan minyak kayu manis saat ini:

1. Tambahkan ke penyegar udara

Untuk mengharumkan ruangan, coba tambahkan satu tetes minyak kayu manis ke sachet kain atau bunga kering. Atau kamu dapat menambahkan beberapa tetes ke diffuser dengan air. Beberapa penyegar udara yang dibuat secara komersial memiliki aroma kayu manis yang dibuat untuk mereka.

2. Tambahkan ke minyak untuk tubuh dan pelembab

Minyak kayu manis dapat dicampur dengan minyak yang digunakan untuk pijat. Campurkan satu tetes minyak kayu manis dengan dua hingga tiga cangkir minyak, seperti minyak almond, dan gunakan untuk memijat atau melembabkan kulit.

3. Pakai batang kayu manis

Batang kayu manis utuh mengandung minyak kayu manis, dan dapat digunakan dalam aromaterapi. Cukup masukkan satu atau dua batang ke dalam panci besar berisi air hangat dan biarkan campuran mendidih, biarkan uapnya menambah aroma ke dalam ruangan.

Kamu juga bisa menggunakan batang kayu manis saat menyeduh kopi dan teh, atau sebagai pengaduk minuman panas.

Reference
Share