menaikkan hb secara cepat

Hemoglobin (Hb) berperan penting dan merupakan protein kaya zat besi yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh. Seperti yang diketahui, ibu hamil perlu menjaga kadar hemoglobin. Lalu, bagaimana jika kadarnya rendah? Bagaimana cara menaikkan Hb secara cepat?

Kadar hemoglobin yang cukup diperlukan untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh karena rendahnya kadar hemoglobin dapat menyebabkan anemia, kondisi yang dapat menimbulkan kelelahan, pusing, dan masalah kesehatan lainnya, terutama bagi ibu hamil.

Untungnya ada cara efektif mengatasi kadar hemoglobin rendah. Bahkan, ada beberapa makanan yang terbukti dapat menaikkan Hb secara cepat, lho. Yuk, simak apa saja makanan yang dapat menaikkan Hb secara cepat!

Berapa kadar normal hemoglobin?

Sebelum mengetahui daftar makanan yang dapat menaikkan Hb secara cepat, kita perlu memahami terlebih dahulu kadar normal hemoglobin pada tiap orang berdasarkan jenis kelamin. 

Untuk mengukur kadar hemoglobin dalam tubuh, kamu perlu melakukan serangkaian tes hemoglobin. Tes ini biasanya merupakan bagian dari hitung darah lengkap, yaitu tes darah yang mengukur berbagai aspek darah.

Untuk kadar hemoglobin normal dalam gram per liter (g/L) dengan kisaran berikut:

  • Laki-laki 138-172
  • Wanita 121-151

Nah, apabila kadar hemoglobin dalam tubuhmu berada di bawah level ini, maka dapat dianggap rendah. Ini menandakan tubuhmu tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan.

Ciri-ciri Hb rendah

Beberapa orang dengan hemoglobin rendah, terutama jika hanya sedikit di bawah kisaran normal, mungkin tidak mengalami gejala yang dirasakan dengan signifikan. Namun, biasanya gejala baru akan dirasakan seiring berjalannya waktu atau kondisinya menjadi lebih serius. 

Adapun ciri-ciri Hb rendah yang bisa kamu kenali dan patut diwaspadai di antaranya:

  1. Kerap merasa pusing dan merasa ingin pingsan
  2. Kelelahan
  3. Sakit kepala
  4. Pegal-pegal
  5. Kuku rapuh
  6. Nyeri dada
  7. Memiliki tangan dan kaki yang dingin
  8. Memiliki detak jantung yang cepat
  9. Kulit pucat
  10. Sesak napas
  11. Kesulitan berkonsentrasi
  12. Merasa otot melemah
  13. Lidah terasa sakit atau bengkak
  14. Mudah marah
  15. Kesulitan tidur
  16. Ingin memakan sesuatu seperti es 

Apabila kamu mengalami ciri-ciri Hb rendah seperti di atas, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter. Kadar hemoglobin yang rendah bisa membuat pasokan oksigen ke sel-sel tubuh menjadi terganggu.

Anemia Pernisiosa, Samakah dengan Anemia pada Umumnya?

Penyebab Hb rendah

penyebab hemoglobin rendah dan cara menaikkan hb secara cepat dan ampuh

Ada beberapa penyebab yang dapat memengaruhi kadar hemoglobin dalam tubuh menjadi rendah. Beberapa penyebab umum Hb rendah yaitu karena kamu mengalami defisiensi zat besi, vitamin B12, atau asam folat.

Selain itu, ada beberapa faktor yang juga dapat menyebabkan rendahnya hemoglobin, seperti:

  • Thalasemia, kelainan darah bawaan yang menyebabkan tubuh memiliki hemoglobin lebih sedikit dari biasanya
  • Penyakit sel sabit dan penyakit genetik lainnya yang mempengaruhi hemoglobin
  • Beberapa penyakit kronis seperti gagal ginjal, penyakit radang usus, atau kanker juga bisa menjadi penyebab Hb rendah
  • Beberapa jenis kanker, seperti leukemia, limfoma, mieloma multipel, dan kanker apa pun yang menyebar ke sumsum tulang disebut sebagai penyebab Hb rendah
  • Kemoterapi dapat memengaruhi sel-sel sumsum tulang, sehingga mengurangi jumlah sel darah merah yang diproduksi sumsum tulangmu
  • Perdarahan menstruasi yang banyak
  • Hipotiroidisme
  • Pendarahan di saluran pencernaan yang disebabkan oleh penggunaan aspirin atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang berlebihan seperti Aleve (ibuprofen)

Kenali Gejala Anemia pada Wanita, Penyebab, dan Tips Mencegahnya

Makanan untuk menaikkan Hb secara cepat

Pada dasarnya, cara mengatasi Hb rendah tergantung pada penyebabnya. Jika rendahnya hemoglobin disebabkan oleh kekurangan nutrisi zat besi, kemungkinan besar dokter akan memberikan suplemen vitamin yang mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B12. 

Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan berbagai makanan untuk menaikkan Hb secara cepat. Berikut ini daftar makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu menaikkan Hb secara cepat:

1. Buah-buahan

Buah-buahan seperti bit, apel, semangka, pepaya, jeruk, lengkeng, kiwi, stroberi, jeruk bali, pisang, dan persik sangat direkomendasikan untuk kamu yang mengalami anemia.

Selain mengandung zat besi, buah-buahan ini juga kaya vitamin C, vitamin B kompleks, dan asam folat, yang dapat membantu pembentukan sel darah merah. 

2. Kacang-kacangan

Selain buah-buahan, kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang merah, dan buncis juga dipercaya dapat menaikkan Hb secara cepat, lho! Ini karena kacang-kacangan mengandung zat besi dan folat yang sehat. 

Dengan memasukkan sumber protein nabati ini ke dalam menu makananmu, nantinya dapat berkontribusi terhadap peningkatan kadar hemoglobin. Selain itu, kacang-kacangan ini juga rendah lemak sehingga bisa memberikan manfaat tambahan seperti serat yang membantu kesehatan pencernaan. 

3. Sayuran berdaun hijau

Bayam adalah salah satu makanan yang paling direkomendasikan bagi penderita anemia. Sayuran berdaun hijau ini, selain rendah kalori, tetapi juga mengandung banyak zat besi dan folat. FYI, satu porsi atau 100 gram bayam akan memenuhi 15% kebutuhan zat besi harian dan sekitar 50% kebutuhan folat. 

Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin C, yang membuatnya lebih efektif dalam meningkatkan kadar hemoglobin secara alami, karena vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi. 

Selain bayam, kamu juga bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau lainnya dengan nutrisi serupa, seperti kangkung dan brokoli. 

4. Daging

Daging merah, terutama potongan daging tanpa lemak seperti daging sapi dan domba, merupakan sumber zat besi heme, yang mudah diserap oleh tubuh. Zat besi heme memainkan peran penting dalam sintesis hemoglobin. 

Namun, apabila kamu ingin mengonsumsi daging merah, pastikan daging tersebut dimasak dengan benar dan dalam jumlah sedang karena asupan berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan lain. 

5. Cokelat hitam

coklat hitam terutama yang mengandung setidaknya 70% kakao juga sangat direkomendasikan untuk membantu menaikkan Hb secara cepat.

Meskipun coklat hitam tidak mengandung folat apa pun, namun  28 gram coklat hitam mengandung 3,4 gram zat besi, yang mana jumlah ini akan memberikan kamu 19% dari kebutuhan harian sekaligus. Tapi, pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

Anemia Defisiensi Besi pada Anak Bisa Memengaruhi Fungsi Otak, lho!

Nah, itulah rekomendasi makanan yang dapat menaikkan Hb secara cepat. Jika kamu mengalami gejala anemia atau memiliki kekhawatiran tentang kadar hemoglobin dalam tubuhmu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference