Manfaat akupuntur untuk promil, benarkah ada? Kamu mungkin sering mendengar tentang pengobatan akupuntur yang populer ini. Ternyata, banyak orang yang memanfaatkan akupuntur untuk melancarkan program hamil, loh. 

Sebagian orang mungkin hanya memanfaatkan akupuntur untuk meredakan stres, tapi pengobatan ini juga cukup menjanjikan untuk meningkatkan kesuburan. Tidak hanya itu, akupuntur juga mengatasi kondisi medis seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), fibroid, endometriosis, dan masalah dengan cadangan ovarium dan kualitas sperma.

Pengaruh akupuntur dan kesuburan

asam folat untuk promil

Akupuntur menjadi modalitas yang aman dan efektif, dengan menyisipkan jarum kecil dan tipis ke dalam titik-titik akupunktur tertentu, dengan tujuan merangsang ujung saraf di bawah permukaan kulit.

Titik-titik akupunktur tersebut berhubungan dengan berbagai organ dalam tubuh. Jarum-jarum tersebut dapat dimanipulasi dan digerakkan dengan cara tertentu untuk menimbulkan respon dalam tubuh. Untuk kesuburan, akupunktur bekerja dengan menempatkan jarum di sepanjang organ reproduksi dan sistem saraf.

Akupunktur telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke indung telur dengan menghambat aktivitas pada sistem saraf simpatik yang dipicu oleh stres. Ketika kamu mengalami stres, tubuh akan mengaktifkan sistem saraf simpatik (respon melawan) yang dapat mengganggu sumbu hipotalamus-hipofisis-ovarium.

Hormon tersebut adalah kelenjar endokrin utama yang terkait dengan kesehatan reproduksi. Stres juga menyebabkan arteri ovarium menyempit, sehingga mengurangi aliran darah ke ovarium. Akupunktur dapat meningkatkan ketebalan lapisan endometrium (lapisan rahim) untuk membantu implantasi dengan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut.

Menanti Kehadiran Buah Hati? Ketahui Tanda Ovulasi Berhasil Dibuahi Berikut!

Manfaat akupuntur untuk promil

Akupunktur dapat membantu melancarkan program hamil baik pada wanita maupun pria, berikut manfaat yang akan didapat dari akupuntur promil:

  • Menyeimbangkan kadar hormon pria dan wanita sehingga tubuh memproduksi hormon reproduksi yang diperlukan untuk pembuahan.
  • Mengatur siklus menstruasi wanita dengan meningkatkan komunikasi antara otak dan indung telur untuk meningkatkan ovulasi dan produksi hormon normal.
  • Meningkatkan aliran darah ke rahim dan indung telur yang dapat meningkatkan kemungkinan implantasi.
  • Mengoptimalkan kesehatan sperma dengan meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan motilitas.
  • Mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan relaksasi yang sangat penting bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil. 

Stres kronis dapat mempengaruhi siklus menstruasi wanita dan mengganggu ovulasi; bagi pria, stres dapat menurunkan kadar testosteron dan kualitas sperma.

Manfaat Buah Kiwi untuk Promil: Meningkatkan Kesuburan Pasangan

Aturan berapa kali akupuntur untuk promil

Pada kunjungan pertama, ahli akupuntur akan mengajukan pertanyaan mengenai gaya hidup (pola makan, tingkat stres, olahraga, kebiasaan tidur) dan masalah kesuburan. Mereka mungkin juga melakukan pemeriksaan, seperti memeriksa denyut nadi dan melihat lidah. 

Jumlah sesi akupuntur yang diperlukan tergantung pada kondisi tubuh, riwayat kesehatan, kebutuhan individu, dan bagaimana tubuh merespons perawatan akupunktur. Biasanya, rekomendasi bagi para pemula yaitu 10-12 sesi. 

Ahli akupuntur akan memberi tahu tentang berapa banyak sesi akupuntur yang mungkin diperlukan selama sesi pertama setelah mereka mengambil riwayat kasus dan menilai kebutuhan tubuh.

Wanita umumnya disarankan untuk memulai akupunktur 3 bulan sebelum memulai perawatan, seperti fertilisasi in vitro (IVF) atau inseminasi intrauterin (IUI). Tapi, tidak ada larangan khusus untuk memulai akupuntur bersamaan dengan terapi kesuburan yang direkomendasikan dokter.

Ahli akupunktur akan menyesuaikan perawatan dengan kondisimu. Umumnya perawatan akan dilakukan 1-3 kali seminggu. Setiap sesi pertama bisa berlangsung hingga satu jam, sedangkan sesi berikutnya mungkin hanya memakan waktu 20-40 menit saja.

Efek samping akupuntur hamil

Pengobatan akupuntur untuk masalah kesuburan umumnya tidak menimbulkan efek samping serius. Akupunktur menjadi metode aman tanpa memandang riwayat kesehatan seseorang. Namun, jika terjadi kesalahan pada titik akupuntur maka kemungkinan akan ada efek samping yang buruk. 

Maka dari itu, perawatan ini harus dilakukan oleh ahli terpercaya. Agar lebih aman, kamu bisa memilih ahli akupuntur yang berspesialisasi dalam mengobati gangguan kesuburan. Akupuntur dapat digunakan untuk mengobati semua jenis gangguan kesuburan, termasuk masalah pada tuba. Meskipun tuba yang tersumbat tidak akan merespons jarum yang disisipkan. 

Akupunktur sering dikombinasikan dengan pengobatan herbal untuk mengobati peningkatan hormon perangsang folikel (FSH), keguguran berulang, infertilitas anomaly (idiopatik), cacat fase luteal, hiperprolaktinemia (jika tidak disebabkan oleh prolaktinoma), PCOS dengan siklus anovulasi, dan fragmentasi DNA sperma.

___________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference