manfaat habbatussauda untuk promil

manfaat habbatussauda untuk promil

Habbatussauda sudah lama dikenal sebagai obat alami yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Biji jintan hitam ini memiliki banyak senyawa aktif, seperti thymoquinone, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. 

Selain itu, habbatussauda juga mengandung banyak nutrisi penting, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6. 

Untuk itu, sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bila habatussauda memiliki manfaat untuk kamu yang sedang menjalani promil dan kesehatan secara umum. 

Yuk, simak di bawah ini!

Apa itu habbatussauda?

Bila kamu masih terasa asing, habbatussauda adalah minyak jintan hitam yang terbuat dari biji tanaman jintan hitam atau nigella sativa

Habbatussauda termasuk dalam keluarga ranunculus atau ranunculaceae. Nah, tanaman jintan hitam ini berasal dari Asia barat daya, Mediterania, dan Afrika. 

Habbatussauda juga telah ditanam selama berabad-abad karena bijinya yang aromatik dan beraroma dapat digunakan sebagai bumbu atau obat herbal.

Habbatussauda memiliki segudang manfaat untuk promil dan kesehatan karena mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, asam folat, kalsium, besi, tembaga, seng, dan fosfor.

Manfaat habbatussauda untuk promil

Dengan segudang kandungan nutrisi tersebut, lantas apa saja manfaat habbatussauda untuk promil?

  • Mengatasi kemandulan

Pertama, habbatussauda disebut-sebut bisa membantu mengatasi kemandulan pada pria. Hal ini dikarenakan mengonsumsi minyak habbatussauda dipercaya dapat meningkatkan kadar testosteron atau hormon seks pria yang pada dasarnya membantu mengatasi kemandulan. 

Nah, testosteron ini bisa membantu meningkatkan kesehatan seksual dan reproduksi dengan meningkatkan jaringan reproduksi, massa otot dan tulang, serta pertumbuhan rambut. 

  • Meningkatkan stamina dalam berhubungan seksual

Manfaat habbatussauda lainnya untuk promil adalah bisa meningkatkan stamina secara alami dalam berhubungan seksual. 

Sebab, minyak habbatussauda akan meningkatkan kadar testosteron, sehingga memberi pria kekuatan dan stamina yang mereka butuhkan untuk melakukan hubungan seksual.

  • Meningkatkan kesehatan prostat

Kelenjar prostat adalah organ reproduksi pria yang menghasilkan cairan untuk memberi makan dan melindungi sel sperma. 

Banyak pria mengalami masalah dalam buang air seiring bertambahnya usia, yang mungkin disebabkan oleh radang kelenjar prostat atau prostatitis. 

Oleh karena itu, mengonsumsi minyak biji hitam akan membantu mengatur produksi urin. Setelah itu, fungsi dan kesehatan prostat pun juga akan mengalami peningkatan.

Khasiat habbatussauda untuk kesehatan

Selain untuk pria dan program hamil, habbatussauda juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan secara umum, lho. Ini dia penjelasannya.

  • Mengurangi jerawat

Habbatussauda memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi produksi jerawat.

Jadi, kandungan habbatussauda sangat cocok untuk kamu yang memiliki tipe wajah berminyak dan berjerawat.

  • Mengobati psoriasis

Psoriasis adalah kondisi peradangan kronis yang ditandai dengan bercak merah bersisik pada kulit. Penelitian ini pernah dilakukan untuk hewan dan manusia dan berhasil, lho.

  • Menyembuhkan luka

Minyak biji hitam atau habbatussauda mengandung senyawa yang disebut thymoquinone. Senyawa ini mampu merangsang pertumbuhan jaringan dan mempercepat penyembuhan luka, tetapi masih dibutuhkan penelitian tambahan lagi.

  • Mendukung kesehatan rambut

Dengan sifat antimikrobanya, habbatussauda juga bisa mendukung kesehatan rambut, lho. Tak heran, beberapa produk sampo dan kondisioner yang mengandung habbatussauda akan mengklaim mampu meningkatkan kilau, kekuatan, volume, dan tekstur rambut.

  • Membantu pengobatan vitiligo

Vitiligo adalah penyakit yang bisa memudarkan warna kulit. Hal ini disebabkan oleh habbatussauda yang mampu menyebarkan melanin di dalam kulit.

Melanin adalah sejenis pigmen alami yang ditemukan di rambut, kulit, dan mata, sehingga pigmentasi tidak akan hilang.

  • Mendukung penurunan berat badan

Habbatussauda juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, lho, salah satunya yaitu mendukung penurunan berat badan. Sebab, minyak ini bisa menurunkan nafsu makan secara perlahan.

  • Mengurangi peradangan

Melansir dari beberapa hasil penelitian, mengonsumsi minyak habbatussauda dapat mengurangi tanda peradangan sekaligus meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. 

Selain itu, suplemen jintan hitam juga dikenal dapat menurunkan kadar protein C-reaktif dan malondialdehid dalam darah, yang keduanya merupakan indikator peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh.

Secara keseluruhan, manfaat habbatussauda atau jintan hitam sangatlah beragam dan penting untuk kesehatan dan promil.

Oleh karena itu, mengonsumsi habbatussauda secara teratur dapat menjadi salah satu cara untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan tubuh secara alami.


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference