kalori telur asin

Telur asin merupakan telur yang diolah dengan cara diasinkan. Ini membuat telur memiliki rasa cukup asin dan enak untuk dipadukan dengan berbagai makanan. Namun, berapa ya sebenarnya kalori telur asin yang bisa dikonsumsi masyarakat indonesia? 

Berikut ulasannya. 

Berapa kalori telur asin?

untuk setiap satu buah telur asin memiliki 137 kalori, 10,23 g lemak, 1,08 g karbohidrat, dan 9,51 g protein. Selain itu, telur asin juga mengandung 656 mg kolesterol, 397 mg sodium, 0,69 g gula, serta 165 mg kalium.

Bukan hanya itu, telur asin juga diperkaya dengan kandungan asam amino, kalsium serta vitamin E. 

Baik untuk Kesehatan, Ini Makanan yang Mengandung Vitamin E

Apa manfaat telur asin untuk kesehatan?

Manfaat telur asin untuk kesehatan
Manfaat telur asin untuk kesehatan

Bukan hanya cocok dipadukan oleh berbagai makanan, telur asin juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. 

1. Menjaga kesehatan saraf

Telur asin mengandung kolin dan vitamin B12. Kolin sendiri dapat membantu sistem saraf untuk berkomunikasi. Sedangkan, vitamin B12 berguna untuk membantu mencegah berbagai penyakit saraf, misalnya ketidakseimbangan tubuh. 

2. Membantu menstabilkan hormon

Selain kalori telur asin, makanan yang satu ini juga mengandung selenium. Kandungan selenium yang ada pada telur asin berguna untuk menstabilkan metabolisme hormon.

Bahkan, selenium juga bisa membantu meningkatkan kesuburan hingga menjaga kesehatan janin ketika ibu tengah hamil.

3. Menyehatkan tulang dan gigi

Jika kamu penyuka telur asin dari telur bebek, maka kamu akan mendapatkan manfaat yang baik untuk tulang dan gigi. Ini karena telur bebek memiliki kandungan peptida yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih optimal. 

Seperti yang kamu tahu, kalsium sendiri merupakan nutrisi yang berperan dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang hingga pembentukan otot.

10 Manfaat Kulit Pisang, Bagus untuk Gigi dan Wajah!

4. Menangkal radikal bebas

Telur bebek khususnya bagian putihnya mengandung antioksidan. Manfaat dari antioksidan yang juga terkandung pada telur asin ini adalah dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah penyebab berbagai masalah kesehatan yang perlu kamu waspadai. 

5. Meningkatkan massa otot

Sebenarnya, baik telur ayam atau telur bebek, keduanya dapat diolah menjadi telur asin. Namun, telur asin dari telur bebek memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding telur asin yang berasal dari telur ayam.

Lantas, apa manfaatnya? Kandungan protein tersebut dapat membantu untuk membentuk sekaligus meningkatkan massa otot. Dengan begitu otot akan menjadi lebih kuat. 

6. Meningkatkan regenerasi sel

Manfaat telur asin untuk tubuh ternyata cukup beragam. Salah satunya adalah berguna untuk meningkatkan regenerasi sel. Ini karena kandungan protein yang ada pada makanan ini dapat membantu tubuh untuk mengganti sel yang rusak. 

7. Mencegah anemia

Telur asin juga memiliki kandungan zat besi yang baik untuk penderita anemia atau kurang darah. Bagi penderita anemia defisiensi zat besi, memang disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, salah satunya adalah telur asin. Kandungan zat besi ini dapat membantu mencegah gejala anemia yang kerap muncul.

Pengaruh makanan asin saat haid

Saat menstruasi, wanita memang kerap lebih banyak mengkonsumsi makanan tertentu, misalnya makanan tinggi karbohidrat dan gula. Ini karena tubuh membutuhkan makanan berkalori tinggi untuk mengatasi keluhan seperti lelah dan lesu yang kerap dialami wanita saat menstruasi.

Namun, meskipun lebih sedikit tapi beberapa wanita juga kerap menginginkan makanan tinggi garam seperti telur asin. Ingin mengkonsumsi makanan asin saat haid bisa menjadi tanda bahwa wanita tengah mengalami dehidrasi. 

Ketika menstruasi, wanita bukan hanya mengeluarkan darah namun juga kehilangan air yang penting dari tubuh. Tubuh perlu menjaga keseimbangan cairan tersebut sehingga dapat kembali bekerja secara optimal. 

4 Minuman yang Dilarang Saat Haid, Bisa Timbulkan Dehidrasi!

Saat wanita mengalami ketidakseimbangan cairan dan dehidrasi, maka wanita dapat menginginkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi kandungan garam seperti telur asin.

Selain ingin mengkonsumsi makanan asin, tanda dehidrasi lain yang kerap terjadi saat haid adalah pusing, sakit kepala dan mual. 

Guna mencegah dehidrasi selama menstruasi, kamu juga perlu untuk cukup penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih, mengkonsumsi makanan berkuah atau buah dengan kandungan air yang tinggi. 

Itulah ulasan mengenai kalori telur asin, manfaat hingga pengaruhnya pada saat wanita menstruasi. Apa makanan ini jadi salah satu makanan kesukaan kamu?

Share artikel ini