cara menghilangkan komedo putih di hidung

Ada banyak cara menghilangkan komedo putih di hidung yang mungkin pernah kamu lihat. Salah satunya dengan cara mencabut menggunakan kertas yang diberi perekat khusus. Meskipun menyakitkan, cara ini menjadi cara tercepat untuk menghilangkan komedo putih.

Menghilangkan komedo putih memang tidak sesulit menghilangkan komedo hitam. Namun kamu harus melakukannya dengan benar, pilih cara yang paling cocok dengan kulitmu agar tidak terjadi iritasi yang menyebabkan masalah kulit.

Komedo putih adalah

Komedo putih adalah kondisi kulit yang sangat umum dan biasanya muncul di wajah, leher, punggung, dan dada. Ada berbagai penyebab munculnya komedo putih, salah satunya yaitu terlalu banyak minyak pada kulit dan iritasi folikel rambut. Umumnya muncul di kulit para remaja, tetapi komedo ini umumnya dapat terjadi pada usia berapa pun.

Komedo putih adalah jenis jerawat (acne vulgaris). Minyak dan kulit mati menutup folikel rambut atau kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) dan membentuk benjolan tertutup pada kulit yaitu komedo itu sendiri.

Kemunculan komedo membuat kulit menjadi tidak mulus, riasan pun terasa tidak sempurna karena komedo yang menghalangi. Biasanya komedo paling banyak muncul di area hidung, karena area tersebut memproduksi lebih banyak minyak. 

Cara menghilangkan komedo putih di hidung

Cara menghilangkan komedo putih yang bisa kamu lakukan di rumah, hanya perlu bahan-bahan alami seperti:

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba dan efektif melawan bakteri penyebab jerawat, seperti Staphylococcus aureus. Selain itu, asam asetat dalam cuka juga membantu meminimalkan jerawat dan komedo putih

Kamu hanya perlu mengoleskan cuka langsung ke komedo putih, biarkan mengering secara alami selama beberapa menit. Lebih baik jangan dicuci agar cuka bekerja maksimal pada kulit.

2. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Kandungan ini dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan secara efektif meminimalkan jerawat ringan hingga sedang termasuk komedo.

Kamu juga bisa langsung mengoleskannya ke area yang terkena komedo. Biarkan selama 15-20 menit, lalu cuci bersih dengan air hangat.

3. Soda kue

Soda kue bersifat abrasif dan bisa mengelupas permukaan kulit yang rusak. Cara Ini dapat membantu membersihkan kotoran dan pori-pori kulit dan mengurangi komedo putih. Kamu hanya perlu membuat pasta dari soda kue dan air, oleskan ke area yang terkena. Lalu biarkan mengering selama 15-20 menit, dan cuci bersih dengan air hangat.

4. Witch hazel 

Witch hazel mengandung tanin dan memiliki sifat astringent dan antioksidan. Kandungan ini membantu meminimalkan peradangan jerawat. Sifat astringen juga dapat membantu menghilangkan komedo putih. Caranya sangat mudah, hanya perlu mengoleskan witch hazel 2 kali sehari.

5. Air mawar

Air mawar digunakan sebagai terapi alternatif untuk jerawat. Sifat anti-inflamasi air mawar dapat membantu mengurangi komedo putih. Oleskan air mawar (sebaiknya hidrosol) pada area yang terkena atau seluruh wajah. Biarkan dan jangan dicuci agar menyerap dengan baik pada kulit.

6. Jojoba oil

Minyak jojoba dapat membantu memperbaiki kulit dan meminimalkan jerawat. Bahan ini adalah minyak ringan seperti tea tree oil, yang dapat membantu mengontrol komedo putih. Langsung oleskan jojoba oil pada area yang berkomedo, lakukan dengan rutin setiap malam sebelum tidur. 

Cara mencegah munculnya komedo di hidung

Cara cegah komedo putih
Cara cegah komedo putih

Cara mencegah munculnya komedo di hidung sebenarnya tidak sulit, kamu hanya perlu rajin dan rutin melakukannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Cuci wajah dua kali sehari

Mencuci wajah dua kali sehari sangat penting untuk menghilangkan kotoran dari kulit yang menyumbat pori-pori. Sangat penting untuk meminimalkan kelebihan sebum. Pastikan untuk menggunakan pembersih non-komedogenik, bebas minyak, dan lembut.

  1. Eksfoliasi secara berkala

Cara ini juga dapat meningkatkan tekstur kulit dan meminimalkan komedo putih. Gunakan eksfoliasi lembut yang mengandung AHA seperti asam glikolat dan laktat serta BHA (asam salisilat). Lakukan eksfoliasi wajah tidak lebih dari sekali seminggu.

  1. Keramas secara teratur

Jangan salah, mencuci rambut secara teratur juga dapat mencegah penumpukan minyak penyebab jerawat dan komedo putih di dahi. Saat menggunakan produk perawatan rambut, cobalah untuk menjauhkannya dari wajah.

  1. Perawatan ekstraksi

Perawatan kulit ini dapat secara efektif mengekstrak komedo putih dan mengurangi jerawat. Prosesnya melibatkan pengukusan wajah untuk membuka pori-pori kulit dan kemudian memeras komedo putih dengan alat ekstraksi. Meskipun kamu dapat mencoba ekstraksi di rumah, lebih baik untuk mengunjungi ahli perawatan kulit untuk ekstraksi komedo ini.

Komedo putih harus sering dibersihkan akan tidak menumpuk dan mengerak, sehingga akan lebih sulit dihilangkan nantinya. Lakukanlah cara termudah dengan rutin, agar kulit tetap sehat dan terawat.

Share artikel ini
Reference