manfaat jeruk lemon untuk wajah

Sebagai sumber yang kaya vitamin C dan asam sitrat, lemon dikenal karena efek detoksifikasinya, terutama jika kamu menambahkan beberapa irisan lemon segar ke dalam air mineral.

Khasiat lemon dipercaya dapat menjadi pengobatan alami untuk kondisi kulit, seperti bintik-bintik penuaan dan jerawat pada wajah. Yuk, simak manfaat jeruk lemon untuk wajah berikut ini.

Kandungan jeruk lemon

kandungan lemon

Lemon mengandung sangat sedikit lemak dan protein. Lemo terdiri dari karbohidrat (10%) dan air (88-89%). Lemon ukuran sedang hanya menyediakan sekitar 20 kalori.

Nutrisi dalam 1/2 cangkir (100 gram) lemon mentah yang sudah dikupas adalah (1):

  • Kalori: 29
  • Air: 89%
  • Protein: 1,1 gram
  • Karbohidrat: 9,3 gram
  • Gula : 2,5 gram
  • Serat: 2,8 gram
  • Lemak: 0,3 gram

Di samping itu, lemon mengandung beberapa vitamin dan mineral salah satunya adalah Vitamin C yang merupakan antioksidan esensial penting untuk fungsi kekebalan dan kesehatan kulit wajah.

10 Manfaat Kentang untuk Wajah Lebih Cerah

5 manfaat jeruk lemon untuk wajah

manfaat lemon untuk wajah

Manfaat yang bisa kamu rasakan dari penggunaan lemon pada kulit di antaranya:

1. Merawat kulit berjerawat

Lemon memiliki tingkat pH atau keasaman yang rendah di mana dapat membantu mengurangi jerawat peradangan dan minyak yang dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat.

Selain itu, asam sitrat, sejenis asam alfa hidroksi (AHA) yang terdapat pada lemon juga dapat membantu memecah sel kulit mati yang menyebabkan terbentuknya jerawat noninflamasi, seperti komedo.

2. Memiliki efek anti-mikroba

Lemon juga memiliki efek antimikroba, yang dapat membantu menjinakkan bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini adalah bakteri yang menyebabkan peradangan pada jerawat.

3. Mengobati psoriasis

Manfaat jeruk lemon selanjutnya yaitu dapat mengobati psoriasis. Jus lemon dipercaya dapat menghilangkan sel kulit mati dan meringankan bercak kulit yang dikaitkan dengan psoriasis.

Efek pengelupasan dikaitkan dengan kadar asam sitrat alami lemon, karena AHA memiliki efek pengelupasan pada kulit.

4. Meningkatkan kadar kolagen

Beberapa pendukung penggunaan lemon pada kulit mengatakan bahwa buah jeruk merupakan metode alami untuk meningkatkan kolagen pada kulit wajah.

Kolagen adalah protein yang secara alami terurai seiring bertambahnya usia, yang kemudian dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak kolagen sehingga membuat kulit wajah kamu lebih halus.

5. Mencerahkan kulit

Jeruk lemon kaya akan asam, terutama asam sitrat, asam malat dalam jumlah yang lebih sedikit, dan asam askorbat, umumnya dikenal sebagai Vitamin C.

Karena kandungan asam yang kaya dalam lemon, sehingga memiliki sifat pencerah kulit yang sangat baik. Juga, efektif untuk mengurangi bintik-bintik akibat penuaan dini dan flek hitam.

Manfaat Tomat Untuk Wajah Berjerawat, Bisa Mengurangi Produksi Minyak Pada Wajah, Lho!

Tips menggunakan lemon pada wajah

efek samping konsumsi lemon

Setelah mengetahui beberapa manfaat lemon di atas, kamu juga perlu mengetahui cara mengetahui cara menggunakannya pada wajah.

Saat menggunakan lemon pada wajah, kamu perlu berhati-hati karena risiko alergi dan iritasi bisa terjadi. Untuk mencegah efek sampingnya, kamu perlu memperhatikan beberapa hal:

  • Lakukan uji tempel pada area kulit yang jauh dari wajah, seperti bagian dalam siku. Tunggu 1 hingga 2 hari untuk melihat apakah ada efek samping yang berkembang sebelum menggunakan lemon di wajah.
  • Peras sedikit air dari lemon segar ke kapas. Oleskan dengan lembut pada area kulit yang diinginkan menggunakan tekanan lembut (jangan digosok).
  • Setelah jus lemon mengering, kamu dapat melanjutkan rutinitas perawatan kulit lainnya.
  • Mulailah dengan penggunaan sekali sehari hingga dua kali sehari.
  • Hentikan penggunaan jika muncul efek samping yang tidak nyaman.

Meskipun penggunaan jeruk lemon bisa efektif dalam merawat kulit wajah, namun jenis perawatan ini tidak cocok untuk semua orang tergantung kondisi kulit yang beragam.

Jika kamu ingin menggunakan lemon, pertimbangkan untuk menggunakan produk bebas ekstrak lemon, agar kamu tetap mendapat manfaat dari AHA dan vitamin C.

Kamu juga dapat menemui dokter kulit untuk merawat kondisi kulit tertentu. Dokter akan mengetahui perawatan mana yang aman untuk kulit kamu dan mana yang harus dihindari.

Share artikel ini
Reference