menstruasi pada wanita

Menstruasi pada wanita bukan sekadar rutinitas tanpa arti yang terjadi tiap bulan. Faktanya, menstruasi membantu tubuh mempersiapkan kehamilan setiap bulan.

Siklus dan periode menstruasi dikendalikan oleh hormon seperti estrogen dan progesteron. Perempuan normal memiliki 2 ovarium, dan masing-masing berisi banyak telur. Selama siklus menstruasi, hormon membuat telur di indung telur matang. 

Hormon-hormon ini juga membuat lapisan rahim menjadi tebal dan kenyal. Jadi, jika sel telur dibuahi, ia memiliki tempat yang nyaman untuk mendarat dan memulai kehamilan. Lapisan ini terbuat dari jaringan dan darah, seperti hampir semua hal lain di dalam tubuh kita, memiliki banyak nutrisi untuk membantu kehamilan tumbuh.

Sekitar setengah siklus menstruasi, hormon memberi tahu salah satu indung telur untuk melepaskan sel telur yang matang – ini disebut ovulasi. Kebanyakan orang tidak merasakannya saat mereka berovulasi, tetapi beberapa gejala ovulasi adalah kembung, bercak, atau sedikit rasa sakit di perut bagian bawah yang mungkin hanya dirasakan di satu sisi.

13 Penyebab Saat Telat Haid 2 Bulan Tapi Keputihan, Bisa Jadi Penyakit!

Setelah telur meninggalkan ovarium, ia bergerak melalui salah satu saluran tuba menuju rahim. Jika kehamilan tidak terjadi, tubuh tidak membutuhkan lapisan tebal di rahim. Lapisan ini akan rusak, dan darah, nutrisi, dan jaringan mengalir keluar dari tubuh melalui vagina. Inilah yang disebut menstruasi.

Jika kamu hamil, tubuh membutuhkan lapisan tersebut – itulah mengapa menstruasi berhenti selama kehamilan. Menstruasi kembali ketika kamu tidak hamil lagi.

Berapa lama menstruasi pada wanita?

Berapa lama menstruasi pada wanita

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama darah menstruasi keluar dari vagina dan berhenti menetes. Siklus normal berlangsung antara 24 dan 38 hari. Siklus menstruasi sering berubah seiring bertambahnya usia seorang wanita.

Sepanjang siklus menstruasi bulanan, tubuhmu membuat jumlah bahan kimia yang berbeda yang disebut hormon untuk mempersiapkan kehamilan. Perubahan kadar hormon ini dapat menyebabkan gejala menstruasi.

Kebanyakan orang mendapatkan menstruasi pertama mereka antara usia 12 dan 14, tetapi beberapa orang mendapatkannya lebih awal atau lebih lambat dari itu. Tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti kapan perempuan akan mendapatkannya, tetapi mereka mungkin merasakan beberapa gejala PMS beberapa hari sebelum itu terjadi. 

Kebanyakan orang berhenti mendapatkan menstruasi ketika berusia antara 45 dan 55 tahun – ini disebut menopause. Menopause dapat memakan waktu beberapa tahun, dan menstruasi biasanya berubah secara bertahap selama waktu ini. Setelah menopause benar-benar selesai, kamu tidak bisa hamil lagi.

Berapa Lama Batas Telat Haid Tanda Kehamilan?

Tidak alami menstruasi?

Jika perempuan yang memiliki Rahim namun tidak mengalami menstruasi, keadaan ini disebut amenore. Jika seorang wanita mencapai usia 16 tanpa menstruasi, ini disebut amenore primer.

Kadang-kadang seseorang tidak akan mengalami perdarahan menstruasi selama lebih dari tiga siklus meskipun telah memiliki periode menstruasi yang teratur sampai saat itu. Jika tidak ada penyebab alami untuk ini, seperti kehamilan, mereka mengalami amenore sekunder. Amenore sekunder terjadi pada sekitar 3-5 persen wanita dewasa.

Tidak adanya menstruasi dapat mengindikasikan masalah pada salah satu bagian tubuh ini, atau mungkin ada kelainan pada saluran genital. Faktor gaya hidup, kondisi kesehatan yang mendasari, dan beberapa obat juga dapat menyebabkan amenore.

Cara melancarkan darah haid yang sedikit

Kemungkinan penyebab tidak adanya menstruasi meliputi:

1. Pengendalian kelahiran

Beberapa pil KB dapat menyebabkan menstruasi yang terlewat atau tidak adanya menstruasi sama sekali. Hal ini dapat terjadi dalam beberapa bulan pertama penggunaan pil baru atau jika seseorang tidak mengonsumsi pil plasebo atau menjalani minggu bebas pil setiap bulan. Beberapa metode pengendalian kelahiran lainnya, seperti alat kontrasepsi hormonal (IUD), implan, dan injeksi juga dapat menyebabkan amenore.

2. Kekurangan nutrisi

Malnutrisi dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus dan kelenjar pituitari, yang dapat menyebabkan amenore.

3. Berat badan rendah

Memiliki berat badan yang rendah juga dapat mencegah hipotalamus dan kelenjar pituitari berfungsi dengan baik. Ini dapat menyebabkan jenis amenore yang dikenal sebagai amenore hipotalamus fungsional.

4. Pertambahan berat badan yang berlebihan

Menambah berat badan dengan cepat dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang dapat menyebabkan amenore sementara.

5. Stres

Telat haid karena stres adalah wajar. Stres dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh, dan merupakan penyebab lain dari amenore hipotalamus fungsional. Orang dengan jenis amenore ini juga memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang lebih tinggi.

6. Gangguan makan

Memiliki gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia, dapat menyebabkan menstruasi seseorang berhenti. Tidak adanya menstruasi ini biasanya karena kekurangan gizi atau berat badan yang sangat rendah.

7. Cacat saluran kelamin

Cacat saluran genital adalah masalah struktural yang dapat menyebabkan tidak adanya menstruasi atau menyulitkan darah menstruasi untuk keluar dari vagina. Cacat saluran genital wanita yang paling umum adalah selaput dara yang tidak berlubang, yang merupakan selaput dara tanpa lubang yang menutup vagina dan tidak membiarkan darah meninggalkannya selama suatu periode menstruasi.

8. Kegagalan ovarium prematur

Kegagalan ovarium prematur adalah ketika ovarium berhenti bekerja dengan benar sebelum usia 40 tahun. Kondisi ini dapat menyebabkan menstruasi terlewat. Namun, tidak sama dengan menopause dini, yaitu saat menstruasi berhenti total.

9. Masalah kelenjar hipofisis

Kelenjar pituitari melepaskan hormon yang mengontrol siklus menstruasi. Masalah dengan kelenjar pituitari, termasuk yang di bawah ini, dapat menyebabkan amenore:

  • nekrosis postpartum, yang merupakan kematian dini sel-sel di kelenjar hipofisis setelah gnancy
  • sarkoidosis, yang merupakan kondisi peradangan
  • terapi radiasi juga dapat mempengaruhi sel-sel di kelenjar pituitari dan menyebabkan amenore
  • tumor kelenjar hipofisis

10. Obat kesehatan mental

Beberapa antidepresan dan penstabil suasana hati dapat memengaruhi cara kerja hipotalamus dan kelenjar pituitari. Jika mereka tidak menghasilkan tingkat hormon yang tepat, menstruasi seseorang mungkin berhenti.

11. Olahraga berlebihan

Olahraga berlebihan adalah penyebab ketiga amenore hipotalamus fungsional. Beberapa penelitian memperkirakan bahwa setengah dari wanita yang berolahraga secara teratur mengalami gangguan menstruasi ringan.

Jangan Keliru, Ini Perbedaan PCO dan PCOS yang Wajib Kamu Ketahui!

12. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah gangguan hormonal yang mempengaruhi 6-8 persen wanita di seluruh dunia. PCOS menyebabkan berbagai gejala berupa haid tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebihan, sulit hamil, penambahan berat badan, dan jerawat.

PCOS juga dapat menyebabkan hiperandrogenemia, yaitu ketika seorang wanita memiliki kadar hormon pria yang tinggi. Sebuah studi tahun 2017 dari 266 wanita dengan PCOS menemukan bahwa lebih dari 78 persen dari mereka memiliki hiperandrogenemia. Hiperandrogenemia dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan menyebabkan amenore.

13. Sindrom Turner

Sindrom Turner adalah kelainan genetik. Orang dengan kondisi ini mungkin memiliki ovarium yang kurang berkembang dan tidak adanya menstruasi.

Orang yang melewatkan tiga periode berturut-turut tetapi tidak hamil atau kemungkinan akan memasuki masa menopause harus mengunjungi dokter. Ini sangat penting jika mereka mengalami gejala tambahan. Orang yang belum mulai menstruasi pada usia 16 tahun juga harus berkonsultasi dengan dokter.

Share artikel ini
Reference