makanan untuk penderita kista

Yooonies, mungkin kista merupakan salah satu penyakit yang banyak menghantui para wanita, ya. Kista adalah kantung yang terbentuk dari jaringan berisiko cairan, zat lain, udara dan semisolid yang tumbuh pada beberapa area tubuh.

Penyebab kista bisa dari kondisi genetik, adanya infeksi, cacat sel, kelainan perkembangan embrio, parasit, cedera, hingga tumor.

Tentunya penyakit ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena dapat menyebabkan wanita sulit memiliki keturunan, khususnya saat kista menyerang Rahim. Yuk kurangi resiko kista dengan konsumsi makanan sehat. Apa saja? 

12 makanan sehat untuk penderita kista

Makanan untuk penderita kista tentunya harus memenuhi standar gizi serta pola makan teratur berkecukupan. Ada beberapa makanan dan minuman sehat yang sangat direkomendasi untuk penderita kista. Antara lain:

1. Sayuran

sayuran yang bisa dimakan mentah

Penderita kista sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran karena jenis makanan ini merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling baik.

Beberapa sayuran yang dapat meringankan serta membantu penyembuhan seperti leunca, brokoli, bayan, wortel hingga pare dapat menjadi pilihan menu sayuran sehari-hari.

Pilih jenis sayuran yang rendah kalori namun memiliki vitamin yang tinggi. Makanan rendah kalori dapat membantu wanita menghindari infertilitas dan menginduksi ovulasi yang umumnya disebabkan berat badan berlebih.

2. Buah

Berbagai buah yang kaya akan vitamin dapat membantu penyembuhan kista dengan sangat baik. Tomat, apel, jambu biji, belimbing, papaya dan jeruk bisa dikonsumsi langsung atau diolah sebagai jus harian.

Buah-buahan juga mengandung zat antipenuaan dan diet ideal yang baik untuk menurunkan berat badan.

3. Ikan salmon

ikan salmon sebagai makanan omega 3

Bagi penderita kista, mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat membantu menyembuhkan dan mengurangi risikonya.

Pilih ikan salmon yang memiliki kandungan tinggi akan manfaat ini. Rendahnya indeks glikemik pada ikan salmon juga memungkinkan dikonsumsi penderita kista agar memudahkan kehamilan.

4. Selada

Selada ternyata punya manfaat tinggi sebagai penyembuh kista alami. Konsumsi selada secara rutin dapat membantu resistensi insulin dalam tubuh sehingga kista dapat segera disembuhkan.

Khasiat selada juga dapat menutrisi tubuh dengan baik karena kandungan tinggi dalam sayuran hijau ini.

5. Kayu manis

Makanan untuk penderita kista selanjutnya adalah kayu manis. Sejak dulu kayu manis kerap digunakan sebagai rempah-rempah bermanfaat untuk penyembuhan kista.

Kayu manis dapat menurunkan kadar insulin dalam tubuh sehingga mengonsumsinya dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dalam penyembuhan kista. Obesitas juga dapat diturunkan dengan konsumsi teh kayu manis secara rutin.

6. Telur

manfaat telur rebus untuk ibu hamil

Telur adalah bahan pangan yang memiliki nutrisi tinggi. Makanan ini dapat menyembuhkan dan melawan kista dalam tubuh. Cobalah mengonsumsi telur rebus tanpa bagian kuningnya agar menghindari kolesterol yang terlalu tinggi bagi tubuh.

7. Susu

Untuk memantau perkembangan folikel pada ovarium, pematangan sel telur dan memperkuat tulang, konsumsi susu secara rutin akan sangat membantu pengobatan kista pada wanita.

Minum susu secara teratur dapat membantu kekebalan tubuh lebih tinggi sehingga tubuh akan tetap fit, sehat dan kuat.

8. Kacang-kacangan

Hampir sama seperti makanan lain yang direkomendasikan, kacang-kacangan tinggi magnesium juga bisa menjadi alternatif untuk penyembuhan kista. 

Kacang dapat menyembuhkan secara alami dengan mengontrol resistensi insulin dan memperbaiki kondisi kista agar tidak semakin parah.

Jenis kacang yang baik seperti hazelnut dan almond jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu pengobatan kista.

9. Yogurt

yogurt rendah lemak

Yogurt akan membantu wanita melawan infeksi saluran kemih yang menjadi salah satu faktor penyebab kista. Kandungan pada yogurt diketahui lebih tinggi dari susu sehingga konsumsi makanan ini bisa menjadi salah satu penyembuhan kista secara alami.

10. Bawang putih

Selanjutnya, ada bawang putih sebagai makanan untuk penderita kista. Ternyata, selain sebagai penambah cita rasa masakan, bawang putih ternyata dikenal mampu membantu penyembuhan kista.

Kandungan dalam bawang putih manfaatnya sangat tinggi untuk Kesehatan tubuh sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan. Bahan ini dapat diolah sesuai selera agar lebih nyaman saat dikonsumsi.

11. Kulit manggis

Manfaat manggis untuk ibu hamil

Kulit manggis saat ini dikenal sebagai salah satu bahan penyembuh untuk berbagai penyakit. Banyak orang yang kemudian menjual ekstrak kulit manggis agar dapat dikonsumsi dengan mudah.

Agar lebih nyaman, kulit manggis mungkin dapat diolah sebagai jus dan tambahkan madu sebagai pemanisnya untuk mencegah dan meredakan gejala kista.

12. Air putih

Satu lagi yang tidak bisa dihindari adalah memperbanyak konsumsi air putih. Cara ini dilakukan agar penderita kista tetap dapat beraktivitas dengan baik dengan mencukupi kebutuhan harian akan air. Minum sebanyak 8 gelas sehari untuk mengganti cairan dan membantu menyembuhkan kista dengan cepat.

Manfaat dari 12 bahan ini memang tidak perlu diragukan lagi. Tentunya untuk mencegah dan mengobati kista juga diperlukan perubahan pola hidup agar menjadi lebih sehat. Selain itu ada beberapa makanan yang perlu dihindari agar kista tidak semakin parah. Yuk simak daftarnya!

Warna Darah Haid Penderita Kista Sama dengan Haid Biasa? Cari Tahu Faktanya!

Makanan yang sebaiknya dihindari

Makanan untuk penderita kista ini perlu dihindari karena dapat memperparah gejala dan membuat penyembuhan semakin lama.

Ada baiknya penderita kista juga menerapkan gaya hidup sehat serta pengobatan yang sesuai dengan kista yang diderita. Sebagai pencegahan, hindari jenis makanan ini saat kamu sedang menderita kista.

  • Makanan berlemak. Mengurangi makanan berlemak bisa menjadi cara untuk mencegah kista serta mempercepat penyembuhan. Ada pengaruh khusus konsumsi makanan berlemak dengan kista ovarium yang terbentuk sehingga perlu untuk dihindari.
  • Daging merah. Mengonsumsi keju dan daging merah dapat memperparah kista. Hindari atau kurangi konsumsi jenis makanan ini agar tidak mudah terkena penyakit ini.
  • Nasi putih. Membatasi insulin dalam tubuh sangat penting untuk mencegah dan mengobati kista. Nasi putih dapat memicu kadar insulin dan tidak baik untuk perempuan penderita kista yang mengidap PCOS sehingga baik untuk dihindari.
  • Kentang dan Roti tawar. Rupanya kentang dan roti tawar memiliki kadar karbohidrat yang meningkatkan resistensi insulin, sebaiknya bagi penderita kista, batasi konsumsi jenis makanan ini.
  • Minuman dan makanan manis. Resistensi insulin yang tinggi dapat menjadi menyebabkan ketidakseimbangan hormon bagi penderita kista, sebaiknya hindari jenis makanan dan minuman manis dan beralih ke konsumsi makanan sehat.
  • Makanan olahan atau cepat saji. Makanan cepat saji memang enak, namun konsumsi terlalu banyak dapat memicu peradangan dan jenis makanan ini tinggi lemak. Sebaiknya batasi atau hindari sama sekali.

Daftar makanan untuk penderita kista yang baik untuk dikonsumsi atau dihindari wajib diketahui penderita kista agar dapat meminimalisir risiko dan mempercepat penyembuhan kista apapun jenisnya.

Perbedaan Miom Dan Kista, Mana Yang Lebih Berbahaya?

Share artikel ini
Reference