ciri ciri darah haid yang tidak normal

Tidak semua wanita memiliki siklus haid yang sama. Ada yang mengalami seminggu penuh, tapi ada juga yang haid hanya 3 hari. Selain waktunya, ada juga yang merasakan nyeri hebat atau bahkan tidak sama sekali. Tidak hanya itu, ada juga ciri ciri darah haid yang tidak normal yang perlu diwaspadai.

Yoona kali ini ingin mengajak kamu untuk lebih waspada terhadap ciri ciri darah haid yang tidak normal. Cari tahu juga seperti apa ciri-ciri haid normal dan bagaiamana cara agar siklus haid normal dengan menyimak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ciri ciri darah haid yang tidak normal

Kamu bisa mengetahui apakah haid kamu tergolong normal atau tidak dengan melihat darah yang keluar. Ada ciri ciri darah haid yang tidak normal yang bisa menandakan bahwa tubuh kamu sedang tidak sehat. Berikut ini ciri ciri darah haid yang tidak normal:

1. Warna haid yang tak biasa

Warna darah haid menentukan kesehatan tubuh kamu lho! Jika darah haid berwarna merah muda, merah gelap, merah menyala, dan cokelat, haid kamu masih dikategorikan normal. Namun jika darah haid yang keluar berwarna oranye, ada kemungkinan kamu mengalami infeksi bakteri. Darah haid yang berwarna abu-abu juga perlu diwaspadai karena merupakan tanda-tanda infeksi.

2. Perdarahan berat

Ciri ciri darah haid yang tidak normal lainnya yaitu volume darah yang keluar sangatlah banyak atau terjadinya perdarahan berat, Jika dalam sehari kamu membutuhkan satu atau lebih banyak pembalut, ada kemungkinan kamu mengalami menorrhagia. Kondisi ini biasanya diikuti dengan kelelahan dan juga sesak nafas.

3. Menggumpal

Darah haid yang keluar dalam bentuk gumpalan merupakan hal yang normal. Namun kamu harus lebih waspada jika hal ini sangat sering terjadi, gumpalan yang keluar berukuran sangat besar, diikuti dengan aliran darah yang sangat deras, dan disertai dengan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

7 Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur Serta Cara Mengatasinya

Ciri ciri haid normal

ciri ciri darah haid yang tidak normal dan normal

Kamu sudah mengetahui ciri ciri darah haid yang tidak normal. Lalu seperti apa ciri-ciri haid normal? Ada beberapa ciri haid normal yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Siklus haid teratur

Salah satu ciri-ciri haid normal adalah siklusnya yang teratur, tidak terlambat atau tidak maju dari siklus seharunya. Ada beberapa yang menjadi penyebab siklus haid tidak teratur, yaitu kenaikan berat badan, olahraga yang terlalu intens, penggunaan pil KB, stres, dan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

2. Volume darah tidak terlalu banyak

Ciri-ciri haid normal berikutnya yaitu volume darah yang keluar tidak terlalu banyak. Jika kamu tidak perlu menggunakan pembalut lebih dari satu dalam sehari, ini artinya haid kamu normal karena tidak adanya perdarahan berat.

3. Siklus haid berlangsung normal

Jika siklus haid kamu berlangsung antara dua hingga tujuh hari, maka haid kamu tergolong normal. Siklus haid yang terlalu sebentar atau terlalu lama biasanya disebabkan beberapa hal, termasuk menopause, ketidakseimbangan hormin, polip, atau fibroid.

4. Kram ringan

Haid biasanya diikuti dengan rasa kram pada perut. Jika kram perut yang kamu rasakan cenderung ringan dan tidak mengganggu aktivitas, maka haid kamu tergolong normal. Namun, jika kram yang kamu rasakan cukup intens, ada kemungkinan haid kamu tidak normal.

5. Nyeri payudara

Haid yang normal juga ditandai dengan muncul rasa nyeri yang tidak berlebihan pada payudara. Kadar hormon yang berubah selama haid menyebabkan payudara terasa sedikit lunak dan juga nyeri.

Masa Subur Wanita setelah Haid Berapa Hari?

Cara agar siklus haid normal

Salah satu masalah yang sering dihadapi wanita berkaitan dengan haidnya adalah siklus haid yang tidak normal. Jika kamu salah satu dari banyak wanita yang juga mengalami hal yang sama, berikut ini beberapa cara agar siklus haid normal.

  • Menerapkan pola hidup sehat
  • Pastikan berat badan ideal, tidak kurang dan tidak berlebihan
  • Berolahraga rutin
  • Konsumsi vitamin dan mineral
  • Kelola stres dengan baik

Jika siklus haid kamu masih belum normal setelah menjalankan beberapa cara di atas selema lebih dari 3 siklus berturut-turut, ada baiknya jika kamu segera berkonsultasi dengan dokter ya! Semoga bermanfaat.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference