ciri-ciri menstruasi akan datang

Ciri-ciri menstruasi akan datang biasanya digunakan oleh wanita untuk memprediksi kapan kira-kira haid akan datang.

Pasalnya, pada sebagian wanita mungkin mengalami haid tidak teratur sehingga tidak bisa memastikan kapan waktu haid akan datang. Lantas, apa saja ciri-ciri menstruasi akan datang? Berikut ulasannya.

Ciri-ciri menstruasi akan datang

Siklus menstruasi yang normal umumnya berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi setiap 28 hari sekali. Menstruasi sendiri terjadi karena naik turunnya zat kimia yang ada di dalam tubuh, yang disebut dengan hormon.

Kelenjar pituitari yang ada di dalam otak dan ovarium wanita akan membuat sekaligus melepas hormon tertentu pada waktu selama siklus menstruasi terjadi. Ini akan menyebabkan organ reproduksi meresponnya, dan haid pun terjadi.

Sebelum haid datang, biasanya tubuh akan mengalami sejumlah gejala tertentu yang dipicu karena perubahan hormon. Berikut beberapa ciri-ciri menstruasi akan datang:

  • Perubahan suasana hati, misalnya menjadi lebih mudah murung atau marah
  • Nafsu makan menjadi lebih tinggi
  • Perut terasa kembung
  • Kram pada perut dan sakit pada punggung
  • Payudara menjadi lebih lembut
  • Muncul jerawat.

Gejala PMS pada Wanita, Mana yang Paling Mengganggu?

Gejala PMS berapa hari sebelum haid

Koyo menstruasi untuk atasi nyeri haid

PMS (premenstrual syndrome) adalah sejumlah gejala yang terjadi 1-2 minggu sebelum haid datang. Gejala ini bisa sangat variatif pada setiap wanita. Berikut beberapa gejala PMS.

1. Kram perut

Gejala yang satu ini biasanya terjadi ketika haid semakin dekat, yakni 1-2 hari sebelum menstruasi. Nantinya, keluhan ini akan berkurang seiring dengan menstruasi yang terjadi.

2. Flek darah

Ciri-ciri menstruasi akan datang yang satu ini menjadi tanda bahwa kamu akan segera haid. Flek berwarna kecoklatan ini dapat diikuti dengan darah menstruasi.

3. Nyeri payudara

Saat menjelang haid, kamu juga akan merasa nyeri payudara saat PMS. Tingkat rasa nyeri ini bisa sangat bervariasi pada wanita, dari ringan sampai menyakitkan.

4. Nafsu makan meningkat

Biasanya, wanita yang akan segera haid juga lebih mudah merasa lapar dan menyebabkan nafsu makan menjadi lebih tinggi.

5. Mudah lelah

Perubahan kadar hormon progesteron dan estrogen yang lebih tinggi saat menjelang menstruasi menyebabkan wanita menjadi lebih mudah lelah.

5 Cara Mengatasi PMS di Rumah, Aman dan Praktis!

Tanda haid sudah ada tapi belum haid juga

kalender menstruasi

Saat tanda-tanda haid sudah terjadi, namun kamu juga tidak kunjung mengalami menstruasi atau telat menstruasi, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Anovulasi

Tubuh dapat mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan munculnya gejala seperti PMS. Namun, ini terjadi di luar waktu sel tubuh melepaskan sel telur yang menyebabkan kamu tidak haid. Kondisi ini dikenal dengan sebutan anovulasi.

2. Kehamilan

Ciri-ciri menstruasi akan datang kerap mirip dengan tanda awal kehamilan. Jika kamu dan pasangan aktif melakukan hubungan seks tanpa menggunakan kondom, bisa jadi gejala yang kamu rasakan adalah tanda hamil.

12 Tanda-Tanda Kehamilan yang Umum Dialami oleh Ibu Hamil!

3. Masalah tiroid

Tiroid memiliki banyak fungsi termasuk mengatur siklus menstruasi. Saat terjadi masalah pada tiroid, maka siklus haid menjadi tidak teratur. Alhasil, kamu akan mengalami gejala layaknya akan menstruasi, namun tidak kunjung haid.

4. KB hormonal

Bagi wanita yang menggunakan KB hormonal, ini dapat menyebabkan kamu merasakan gejala haid namun tidak kunjung menstruasi. Pil KB sendiri dapat menyebabkan munculnya bercak ringan dan beberapa gejala nyeri pada payudara.

5. Stres

Stres dapat meningkatkan kadar kortisol yang berpengaruh pada keseimbangan hormon. Hal ini dapat menyebabkan haid menjadi tertunda.

Cobalah untuk mengurangi tingkat stres dengan melakukan meditasi, olahraga dan hal-hal lain yang dapat membantu mengendalikan stres tersebut.

Ladies, Ini Ciri-Ciri Telat Haid Karena Stres!

6. PCOS

PCOS merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan kelebihan androgen yang berpengaruh pada fungsi ovarium. Kondisi ini dapat menyebabkan haid tidak teratur dan anovulasi. Selain itu, PCOS juga dapat menyebabkan tumbuhnya kista pada ovarium.

7. Polip rahim

Polip rahim juga dapat menyebabkan sejumlah gejala yang mirip dengan ciri-ciri menstruasi akan datang, misalnya kram pada perut. Kondisi yang satu ini perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan wanita sulit untuk hamil.

8. Kista ovarium

Ovarium akan membuat kista sebagai bentuk persiapan ovulasi pada setiap bulan. Namun, nantinya hanya ada satu kista yang melepaskan sel telur dan kista pun akan menghilang setelah menstruasi terjadi. Namun terkadang, ada kista yang tidak hilang.

Umumnya, kista ovarium tidak menyebabkan gejala, namun wanita juga kerap merasa sakit seperti akan haid. Kondisi ini juga menyebabkan kamu tidak haid secara teratur.

Share artikel ini
Reference