Pembalut Herbal
Period Period Health

Benarkan Pembalut Herbal Lebih Baik untuk Kesehatan Wanita?

Putri Aprillia | Maret 12, 2022
Share

Jenis pembalut memang saat ini beragam dan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu yang dikenal adalah jenis herbal. Pembalut herbal diklaim lebih menyehatkan untuk kesehatan reproduksi wanita.

Nah, kira-kira bagaimana kandungan dari pembalut jenis herbal ini? Apakah memang aman dan efektif untuk kesehatan? Yuk segera ketahui jawabannya.

Apa itu pembalut herbal?

Apa beda pembalut biasa dengan herbal? Perbedaannya tentu ada pada bahan pembuatnya. Pada jenis pembalut biasa terdiri atas beberapa lapisan seperti lembar atas, tengah, belakang dan lapisan penyerap. Bahan penyerap biasanya memakai zat polimer yang berfungsi dapat menyerap cairan hingga seribu kali lipat dari jenis penyerap lain.

Namun zat penyerap ini tidak memiliki antibakteri yang terkadang semua zat terserap bersamaan dengan darah sehingga bisa menjadi penyebab iritasi kulit, pertumbuhan bakteri dan bau tidak sedap.

Pembalut jenis herbal kemudian muncul sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Komposisi dalam pembalut alami ini bisa mengatasi bau tidak sedap dan memiliki fungsi lain untuk kesehatan. Apa yang menjadi kandungan pembalut alami ini?

Kandungan pembalut herbal

Pembalut dengan jenis herbal mengklaim dapat mengatasi bau tidak sedap pada organ intim. Hal ini dapat terjadi karena produknya mengandung beberapa bahan alami. Untuk pembalut alami yang banyak beredar di pasaran antara lain mengandung:

  • Cyperus rotundus atau rumput teki berguna untuk membantu menstruasi lancar.
  • Leonurus sibiricus atau tanaman ginjean memiliki kandungan seperti vitamin a, minyak lemak yang dapat membuat menstruasi lebih teratur, meredakan nyeri dan kram.
  • Mugwort atau daun baru cina dipercaya dapat meredakan sakit saat kram.
  • Cnidium officinale makino yang berupa akar dan batang mengandung protein asam amino yang membantu meredakan kram menstruasi.
  • Peppermint untuk sensasi menyegarkan dan mengurangi gumpalan darah.
  • Angelica gigas atau tanaman akar angelica untuk menstimulasi sirkulasi darah dan reproduksi wanita.

Bahan-bahan ini banyak digunakan dalam pembuatan pembalut alami atau herbal karena memiliki zat antiseptic yang dapat membasmi kuman dan bakteri.

Manfaat pembalut herbal

Produk pembalut alami atau herbal ini banyak mengklaim memiliki manfaat seperti di bawah ini:

Mengurangi bau

Beberapa produk herbal mengklaim dapat mengurangi bau organ intim. Hal ini menjadi sebab banyak wanita yang memilih produk herbal saat menstruasi sedang banyak.

Mengurangi proses inflamasi

Produk herbal data mengurangi inflamasi atau peradangan. Bahan-bahan yang dipakai dapat meningkatkan kesehatan dan menekan pertumbuhan bakteri.

Menurunkan agen infeksius bakteri

Manfaat pembalut ini selanjutnya adalah mencegah bakteri. Produk herbal dapat berguna sebagai antiseptic yang dapat mencegah infeksi akibat bakteri pada organ reproduksi.

Mengurangi keputihan

Produk herbal dapat mengurangi keputihan yang berlebih. Ada beberapa kasus dimana wanita mengalami keputihan dengan warna, bau, dan jumlah yang di luar dari biasa sehingga produk ini mengklaim dapat menguranginya.

Ramah lingkungan

Produk herbal dapat dikatakan terbuat dari bahan-bahan yang lebih alami sehingga mudah terurai dan tidak menambah limbah sampah seperti pembalut sekali pakai.

Mengurangi nyeri menstruasi

Bahan yang terkandung dalam pembalut ini diklaim dapat mengurangi kram saat menstruasi. Terkadang rasa sakit atau nyeri bisa terasa lebih pada beberapa wanita pada hari pertama hingga ketiga saat menstruasi.

Apa yang membedakan pembalut herbal dengan lainnya?

Terlepas dari manfaat dari pembalut herbal, lalu apa yang menjadi pembeda dari pembalut biasa dan herbal? Pada dasarnya perbedaan besar dari kedua pembalut tersebut adalah bahan dan kandungan di dalamnya. Menurut Journal of Biomedical Research & Environmental Sciences, pembalut herbal memiliki tujuan untuk dapat menjaga lingkungan. Pembalut ini dapat terurai dengan mudah sehingga dapat mengurangi sampah.

Masih ada banyak penelitian lanjutan tentang produk pembalut yang herbal. Tidak ada salahnya untuk memakai kedua jenis pembalut ini namun pastikan bahwa pilihan pembalut tersebut aman dan sudah bersertifikasi kesehatan.

Pembalut yang aman adalah yang memiliki daya serap sesuai dengan aliran. Penggunaan pembalut juga yang paling penting dilakukan seperti rutin mengganti pembalut 4-6 jam sekali agar kesehatan tetap terjaga ya ladies.

Tips memilih pembalut herbal

Meskipun ada berbagai manfaat yang dimiliki oleh pembalut jenis herbal, belum ada penelitian lebih lanjut yang mengatakan bahwa pembalut ini lebih baik dari jenis pembalut biasa. Pada prinsipnya, carilah jenis pembalut yang mempunyai sedikit bahan tambahan agar tetap aman digunakan oleh organ intim ya ladies.

Selalu perhatikan beberapa hal ini saat memilih pembalut:

  • Pilih pembalut dengan daya serap rendah agar dapat mengontrol aliran darah
  • Hindari pembalut dengan tambahan bahan kimia
  • Ganti pembalut 4-6 jam sekali
  • Jangan gunakan lebih dari 8 jam meskipun belum terasa penuh

Jenis pembalut yang aman

Produk herbal mengklaim bahwa produk ini dapat menutupi bau pada vagina, apakah ini aman? Pada dasarnya bau vagina adalah hal yang wajar dan normal sehingga tidak perlu berusaha untuk menghilangkan bau tersebut. Terkadang adanya zat antiseptik dalam pembalut malah dapat membunuh keseimbangan koloni di dalam vagina.

Untuk kamu yang ingin menggunakan produk pembalut herbal, cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kesehatan agar tetap aman dan nyaman di gunakan ya, ladies!

Reference
Share