Cara Menghilangkan Bibir Hitam
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

7+ Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Mudah

Putri Aprillia | Februari 18, 2022
Share

Seperti warna kulit, warna bibir pada setiap orang bisa berbeda-beda. Seseorang bisa memiliki bibir hitam karena faktor kesehatan maupun lifestyle. Kulit di bibir memang lebih tipis dan sensitif sehingga rentan terhadap angin, cuaca dingin, dan sinar matahari.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bibir hitam. Baca terus artikel ini agar kamu bisa tahu penyebab bibir hitam dan cara menghilangkannya.

Apa itu bibir hitam?

Bibir hitam adalah suatu kondisi ketika bibir mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap atau lebih hitam daripada sebelumnya. Hal ini tentu bisa merusak penampilan. Apabila kadar melanin pada bibir cukup tinggi, bibir akan menjadi hitam. Tetapi, apabila kadar melaninnya rendah, bibir akan terlihat cerah.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bibir hitam, tidak hanya karena kebiasaan merokok saja. Misalnya, masalah kesehatan, paparan sinar matahari, dan sebagainya. Gaya hidup dan genetik juga bisa memberikan pengaruh terhadap warna bibir.

Penyebab bibir hitam

Bibir hitam bisa diakibatkan karena hiperpigmentasi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kelebihan melanin. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena kondisi ini tidak berbahaya. Penyebab bibir hitam, antara lain:

  • Paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Dehidrasi
  • Kebiasaan merokok
  • Reaksi alergi terhadap pasta gigi, lipstik dan lain-lain
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein
  • Kemoterapi
  • Anemia
  • Kekurangan vitamin
  • Penggunaan fluoride yang berlebihan
  • Kehamilan
  • Obat-obatan tertentu

Sebagian besar penyebab ini dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup, seperti memakai sunscreen, membatasi asupan kafein, atau mengganti merek pasta gigi.

Namun, perlu diingat jika bibir tampak lebih gelap dan berwarna ungu atau biru hingga kamu mengalami kesulitan bernapas, segera cari perawatan medis. Hal ini bisa menjadi gejala sianosis, yaitu kondisi yang terjadi ketika kamu tidak memiliki cukup oksigen dalam darah.

Gejala bibir hitam

Meskipun dalam beberapa situasi kondisi bibir hitam tidak berbahaya bagi kesehatan, namun hal ini juga bisa menjadi tanda adanya masalah medis. Terdapat beberapa masalah medis tertentu yang menimbulkan gejala bibir hitam. Misalnya, penyakit Addison.

Penyakit Addison merupakan penyakit yang timbul saat kelenjar adrenalin tidak bisa bekerja dengan baik untuk membentuk hormon-hormon penting yang diperlukan tubuh. Selain menyebabkan gejala berupa bibir hitam dan gelap, penyakit ini juga bisa menimbulkan gejala lainnya, seperti kurang energi, merasa lelah, dan suasana hati yang buruk.

7+ Cara menghilangkan bibir hitam

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan bibir hitam. Anda bisa coba melakukannya untuk mendapatkan bibir yang lembut dan cerah.

1. Memakai lip balm

Pakailah lip balm secara teratur untuk mengatasi masalah bibir yang hitam. Aplikasikan pada bibir tidak hanya ketika cuacanya sangat terik, namun ketika cuacanya cerah sekalipun. Pemakaian lip balm yang memiliki SPF dapat melindungi bibir dari sinar ultraviolet penyebab perubahan warna bibir.

2. Minum air putih secukupnya

Salah satu cara terbaik untuk merawat kulit dan bibir adalah minum cukup air putih. Jika kamu dehidrasi, bibir akan menjadi kering. Agar minuman lebih lezat dan menyegarkan, kamu bisa membuat infused water dengan menambahkan iritan timbun atau lemon sebelum meminumnya.

3. Membatasi konsumsi minuman berkafein

Minum minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi dapat membuat warna bibir menjadi lebih gelap. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsinya. Lebih baik ganti minuman berkafein dengan air putih saja.

4. Menghentikan kebiasaan menggigit bibir

Cara menghilangkan bibir hitam selanjutnya adalah menghentikan kebiasaan menggigit bibir. Bibir akan menjadi kering, iritasi, dan pecah-pecah jika kamu sering menggigit atau menjilatnya sehingga warnanya menjadi lebih hitam. Agar bibir tidak menjadi hitam dan kering, hentikan kebiasan ini.

5. Menghentikan kebiasaan merokok

Selain membuat bibir menjadi kering dan terlihat hitam, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan timbulnya keriput di sekitar bibir dan wajah. Rokok mengandung zat nikotin yang meningkatkan produksi melanin. Melanin adalah zat yang memberikan warna alami pada kulit. Karena kadar melaninnya meningkat, warna bibir bisa menjadi gelap.

6. Memperhatikan komposisi lipstik yang digunakan

Menggunakan lipstik memang efektif untuk menutupi warna bibir yang gelap. Tetapi, saat memilih lipstik yang akan digunakan, perhatikan komposisinya dengan teliti.

Ada beberapa kandungan yang apabila dipakai secara terus-menerus dapat menyebabkan warna bibir berubah menjadi hitam. Misalnya, peppermint, menthol, asam salisilat, fenol, lanolin, dan lain-lain.

7. Memijat bibir

Cara lainnya dalam menghilangkan bibir hitam adalah dengan memijat bibir. Memijat bibir bisa membantu agar aliran darah pada bibir meningkat. Hal ini dapat mencerahkan bibir. Untuk memijat bibir, kamu bisa menggunakan beberapa bahan berikut ini.

  • Menggunakan minyak kelapa. Ambil sedikit minyak kelapa menggunakan ujung jari. Oleskan ke bibir dengan lembut. Lakukan cara ini beberapa kali untuk hasil yang maksimal.
  • Menggunakan minyak almond. Setiap malam sebelum tidur, aplikasikan minyak almond ke bibir sebanyak satu sampai dua tetes saja. Efeknya akan terlihat dalam waktu satu sampai dua hari.
  • Memakai minyak zaitun. Oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke bibir sebelum tidur.
  • Memakai minyak mustard. Selain menggunakan gula, kamu bisa menggunakan minyak mustard. Pijat lembut bibir menggunakan satu sampai dua tetes minyak mustard.

8. Melakukan eksfoliasi pada bibir

Agar bibir lebih cerah, sebaiknya lakukan eksfoliasi bibir sebanyak dua kali dalam satu minggu. Melakukan eksfoliasi bibir secara teratur dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir sehingga bisa menghilangkan bibir hitam. Hal ini juga bisa membuat bibir menjadi lebih halus.

Bahan-bahan alami yang bisa dipakai untuk eksfoliasi bibir adalah lemon, jeruk nipis, lidah buaya, delima, kunyit, air mawar dan madu, jus timun, stroberi, gula, dan bit. Kamu juga bisa menggunakan produk scrub yang telah beredar di pasaran.

Untuk memperoleh bibir yang cerah, kamu bisa mencoba untuk melakukan beberapa cara di atas. Apabila cara-cara tersebut tidak menunjukkan hasilnya, kamu bisa mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter. Apalagi, jika bibir yang masih hitam ini disertai dengan gejala-gejala lain berupa rasa nyeri, merah, dan gatal.

Tips memilih lip balm untuk bibir hitam

Sama seperti kulit, bibir juga memerlukan perlindungan. Bibir memiliki lapisan yang tipis dibandingkan bagian tubuh lainnya sehingga bisa cepat kering. Gunakan lip balm untuk melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, lip balm dapat melembapkan bibir dan menjaganya agar tetap sehat.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih lip balm untuk bibir hitam.

  • Untuk melindungi bibir, pakailah lip balm yang memiliki SPF minimal 30 setiap hari.
  • Cari lip balm yang mengandung ceramide, shea butter, lanolin dan bahan-bahan lainnya yang dapat menjaga kelembapan bibir.
  • Selalu pakai lip balm sebelum mengaplikasikan makeup ke wajah.
  • Perhatikan komposisinya. Hindari lip balm yang mengandung bahan-bahan pemicu reaksi alergi.

Itu tadi cara menghilangkan bibir hitam dengan mudah dan ampuh. Apabila bibir hitam tidak berubah menjadi cerah setelah melakukan perawatan, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter.

Dokter akan memberi arahan tentang perawatan yang sebaiknya dilakukan. Untuk mencegah bibir menjadi gelap, kamu bisa melakukan gaya hidup yang sehat, seperti minum air putih secukupnya, tidak merokok, dan membatasi asupan kafein.

Reference
Share