Ketupat adalah makanan khas Indonesia, terbuat dari nasi yang dibungkus dan dikukus dalam anyaman daun kelapa. 

Di Indonesia, ketupat menjadi hidangan khas yang selalu disajikan pada saat Lebaran bersama dengan masakan lainnya. 

Tak heran, kamu pastinya sedang mencari resep ketupat lebaran untuk menyambut Idulfitri, bukan?

Tenang, untuk menyiapkan ketupat, kamu tidak perlu membelinya. Sebab, cara membuat ketupat tidaklah sulit, lho. Penasaran? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Resep ketupat untuk lebaran

Sebelum membuat ketupat, sebaiknya kamu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti beras, air, dan anyaman daun kelapa yang sudah membentuk bungkus ketupat. Jika sudah, ikuti resep membuat ketupat untuk lebaran di bawah ini.

  1. Cuci beras hingga bersih dan rendam di air selama 2-3 jam. Jika sudah, tiriskan seluruh airnya.
  2. Buka ujung bungkus ketupat dan isi berasnya hingga 2/3 bagian. Hindari mengisi beras terlalu sedikit karena hasilnya nanti akan kurang maksimal.
  3. Rapatkan bungkus ketupat sampai kamu yakin bahwa isinya tidak akan bocor.
  4. Masak air di panci besar hingga mendidih. Kemudian, rebus seluruh ketupat yang sudah diisi dengan beras.
  5. Masak ketupat hingga matang, sekitar 2-4 jam. 
  6. Angkat ketupat dan tiriskan dengan cara digantung.

Tips agar ketupat yang dibuat berhasil

Selain mengikuti resep di atas, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan juga agar ketupat yang dibuat bisa berhasil, lho. Yuk, simak tips jitunya berikut ini!

  1. Pakai janur yang masih muda agar mudah dibentuk dan tidak mudah rusak dalam proses pembuatannya.
  2. Pilih beras pulen dan rendam minimal 30 menit sampai 3 jam sebelum dibuat ketupat agar lebih lunak dan mudah matang.
  3. Isi ketupat dengan beras hanya 2/3 bagian saja. Hindari mengisinya sampai penuh.
  4. Agar hasilnya tanak dan berhasil, rebus selama 2-4 jam.

Menu pendamping ketupat lebaran

menu pendamping ketupat lebaran
menu pendamping ketupat lebaran

Untuk nuansa Lebaran yang kental, ada beberapa menu pendamping lainnya yang bisa kamu siapkan untuk disantap bersama ketupat.

  • Opor ayam

Opor ayam biasanya disajikan sebagai makanan pelengkap atau pendamping ketupat saat Lebaran. Hidangan khas Indonesia ini dibuat dari ayam yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah. Tak hanya lezat, opor ayam juga mengandung banyak nutrisi penting, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Semur daging

Semur daging memiliki rasa yang manis dan gurih, sering disantap bersama ketupat di perayaan Idulfitri. Resep membuat semur daging pun mudah lho, kamu hanya perlu menggodok daging dan tambahkan kecap hingga semua rempah-rempah bisa meresap.

  • Sambal goreng ati

Untuk menambahkan cita rasa pedas, kamu bisa menambahkan sambal goreng ati sebagai menu pendamping ketupat saat Lebaran.

Daging ati memiliki tekstur yang kenyal dan empuk. Ketika dimasak dengan bumbu sambal goreng yang meresap, daging ati menjadi lebih lezat dan nikmat.

Apalagi, sambal goreng ati merupakan hidangan yang relatif mudah dibuat di rumah. Bahan-bahannya mudah untuk kamu dapatkan di pasar atau supermarket, dan cara membuatnya pun tidak terlalu sulit.

Tidak sulit untuk membuat ketupat Lebaran mengikuti resep di atas, bukan? Meski terlihat rumit, sebenarnya membuat ketupat tidaklah sulit jika mengikuti langkah-langkah yang tepat.

Dengan resep dan panduan di atas, semoga kamu dapat membuat ketupat sendiri di rumah dan menikmati hidangan ini bersama keluarga saat merayakan Idulfitri. 

Selamat mencoba!


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference