tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Jika kamu memiliki kulit yang terasa berminyak setelah beberapa jam mencuci muka, kemungkinan besar kamu memiliki kulit berminyak. Memiliki kulit berminyak berarti kelenjar sebaceous terlalu aktif sehingga menghasilkan lebih banyak minyak dibandingkan biasanya.

Banyak orang menganggap bahwa kulit berminyak tidak memerlukan sunscreen. Namun, sebenarnya semua jenis kulit membutuhkan sunscreen, termasuk kulit berminyak dan berjerawat. Bagaimana tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat? Yuk, simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

Apa itu sunscreen?

Sunscreen adalah produk skincare yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan sinar ultraviolet. Produk perawatan kulit ini wajib kamu miliki dan perlu kamu pakai setiap hari.

Selain digunakan saat melakukan aktivitas di luar ruangan, sunscreen juga perlu dipakai saat di dalam ruangan. Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat memerlukan sunscreen khusus yang tepat.

Paparan sinar ultraviolet dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Selain itu, hal ini dapat membuat perubahan warna kulit menjadi lebih gelap atau terjadi hiperpigmentasi.

Paparan sinar matahari juga cenderung menyebabkan sunburn dan munculnya kerutan pada kulit. Nah, penggunaan sunscreen bertujuan untuk mengatasi hal-hal tersebut.

Kandungan yang ada pada sunscreen

manfaat spf

Agar tidak memberikan efek buruk pada kulit, kamu perlu tahu kandungan yang ada pada sunscreen. Sunscreen yang mengandung bahan-bahan aman dan telah teruji secara klinis.

Sehingga bisa meminimalkan timbulnya iritasi dan bisa memberikan perlindungan yang lebih optimal. Beberapa kandungan yang biasanya ada pada sunscreen adalah:

  • Avobenzone
  • Titanium dioxide
  • Octocrylene
  • Ethylhexyl salicylate
  • Ethylhexyl methoxycinnamate
  • Oxybenzone

Manfaat menggunakan sunscreen

Salah satu langkah untuk merawat kulit adalah dengan menggunakan sunscreen. Beberapa manfaat menggunakan sunscreen adalah:

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa memberikan efek buruk pada kulit wajah, yaitu sunburn, kulit kering, belang, mengelupas, dan munculnya kemerahan, kerutan, flek, bahkan kanker kulit.

Penggunaan sunscreen dapat memberikan manfaat untuk meminimalkan bahaya akibat paparan sinar matahari.

Meratakan warna kulit

Jika kulit tidak dilindungi dengan sunscreen, warna kulit akan menjadi tidak rata. Beberapa bagian akan terlihat lebih gelap dibandingkan pada area lainnya. hal-hal seperti ini dapat dilindungi dengan penggunaan sunscreen.

Mencegah timbulnya komedo

Salah satu masalah kulit adalah munculnya komedo. Komedo bisa muncul karena paparan sinar matahari. Oleh karena itu, kamu perlu memakai sunscreen untuk mencegahnya.

Baca juga: Ladies, Ini Cara Menghilangkan Komedo Putih di Hidung

Mencegah tanda-tanda penuaan

Selain menimbulkan komedo, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya kerutan, bintik hitam, dan garis halus.

Beberapa efek buruk ini dapat dicegah dengan pemakaian sunscreen sebelum ke luar ruangan dan sebelum memakai makeup.

Menurunkan risiko kanker kulit

Terlalu lama terpapar sinar matahari bisa menyebabkan DNA pada sel kulit mengalami kerusakan. Sunscreen bisa mencegah efek buruk dari paparan sinar matahari yang terlalu lama. Dengan menggunakannya secara teratur, risiko kanker kulit dapat diminimalkan.

Itulah beberapa manfaat memakai sunscreen. Setelah mengetahui manfaatnya, jangan lupa untuk menggunakan produk skincare yang satu ini ya. Jika dipakai secara konsisten, kamu bisa memperoleh kulit yang lebih cerah.

Saat menggunakan sunscreen, oleskan pada seluruh wajah dengan merata, terutama sebelum melakukan aktivitas outdoor dan memakai makeup.

Jenis-jenis sunscreen

jenis sunscreen

Di pasaran telah tersedia banyak produk sunscreen dengan beragam formula. Namun, semua jenis sunscreen memiliki fungsi yang sama, yaitu memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari berlebih.

Meskipun fungsinya sama, setiap jenis sunscreen mengandung komposisi dan cara kerja yang berbeda. Jenis-jenis sunscreen terbagi atas tiga jenis, yaitu:

Physical sunscreen

nscreen jenis ini bekerja dengan cara mencegah agar sinar ultraviolet tidak menembus kulit. Contoh jenis ini adalah zinc oxide dan titanium dioxide.

Physical sunscreen dapat digunakan oleh anak-anak sampai orang dewasa. Sunscreen ini juga aman dipakai pada kulit kering dan sensitif.

Pada umumnya, jenis ini memiliki tekstur yang tebal. Pemilik kulit berjerawat dan kombinasi kurang cocok dengan sunscreen ini karena cenderung memicu timbulnya jerawat.

Saat kamu berkeringat, sunscreen ini gampang hilang. Sehingga, perlu dipakai dengan frekuensi yang lebih sering daripada penggunaan chemical sunscreen.

Chemical sunscreen

Cara kerja chemical sunscreen adalah dengan menyerap sinar ultraviolet agar tidak menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Dibandingkan dengan yang physical, chemical sunscreen memiliki tekstur yang lebih ringan dan bisa menahan air serta keringat.

Wujudnya pun beragam, yaitu berupa spray, stick, dan lotion. Pada pemilik kulit sensitif, jenis ini memiliki risiko dapat menyebabkan alergi dan iritasi. Agar meresap sempurna pada kulit, kamu memerlukan waktu 20 hingga 30 menit.

Hybrid sunscreen

Jika kamu memiliki kulit yang berjerawat dan kombinasi, hybrid sunscreen ini cocok digunakan untuk kamu. Sunscreen jenis ini merupakan kombinasi antara chemical sunscreen dan physical sunscreen.

Hybrid sunscreen cocok dipakai ketika seseorang melakukan aktivitas outdoor dalam waktu yang lama.

Saat menentukan jenis yang akan digunakan, kamu perlu memperhatikan kebutuhan dan kondisi kulit. Apabila kamu pemilik kulit yang berjerawat atau kombinasi, lebih baik menggunakan hybrid sunscreen atau chemical sunscreen. Sebaliknya, jika kamu pemilik kulit sensitif dan kering, gunakan physical sunscreen.

Tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Agar kamu tidak salah saat memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat, ikutilah beberapa tips berikut ini.

  • Pilihlah yang dapat melindungi kulit kamu tanpa membuatnya menjadi lebih berminyak.
  • Pilihlah yang bebas minyak.
  • Pilihlah chemical sunscreen atau hybrid sunscreen.
  • Gunakan sunscreen yang memiliki SPF minimal 30.
  • Jika kamu masih ragu dalam memilih sunscreen, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit.
  • Hindari produk yang mengandung pewangi.
  • Pilihlah produk sunscreen yang memiliki label broad spectrum.

Sama seperti jenis kulit lainnya, kulit berminyak dan berjerawat juga memerlukan sunscreen. Namun, selain menggunakan sunscreen, jangan lupa untuk menggunakan cleanser, toner, pelembap, dan skincare lainnya, ya!

Share artikel ini
Reference