Apa manfaat air mawar itu?

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan bunga mawar. Biasanya bunga ini digunakan sebagai hadiah untuk orang terkasih di momen spesial.

Selain berfungsi sebagai hadiah karena keindahannya, mawar ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, lho. Terutama ketika sudah diolah menjadi air mawar.

Hal itu karena air mawar mengandung zat yang baik untuk tubuh, seperti antioksidan, anti bakteri, anti aging, dan antiseptik. Nah, penasaran apa manfaat air mawar itu? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Apa itu air mawar?

Manfaat air mawar

Air mawar atau rose water adalah air harum yang dibuat dengan cara merebus atau menyaring uap dari kelopak bunga mawar. Mawar Damascena (Rosa Damascena) merupakan varietas mawar yang sering digunakan untuk membuat air mawar.

Umumnya, air mawar digunakan untuk kecantikan dan kuliner. Namun, orang-orang di Timur Tengah (terutama Iran) sering menggunakan air mawar untuk tujuan pengobatan.

Air mawar juga mengandung vitamin A, C dan E. Ketiga vitamin ini bekerja pada kulit wajah sebagai antioksidan yang diduga mampu melawan penuaan.

Manfaat air mawar untuk wajah

manfaat air mawar untuk wajah

Berdasarkan hasil beberapa penelitian kesehatan, air mawar mengandung senyawa fenolik yang bersifat antioksidan.

Air mawar dikenal tidak hanya digunakan sebagai antibakteri, antiseptik, dan antivirus, tetapi juga untuk mengurangi peradangan, menghilangkan rasa sakit dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kandungan tersebut membawa banyak manfaat kesehatan dan kecantikan pada air mawar. Beberapa manfaat air mawar yang perlu kamu ketahui adalah:

1. Menambah kelembaban kulit wajah

Salah satu manfaat air mawar untuk wajah adalah menghidrasi kulit. Air mawar mengandung pelembab alami dan antioksidan yang membantu mencegah kulit kering.

Air mawar dapat digunakan sebagai toner atau pembersih wajah alami untuk menjaga kulit tetap kering dan kusam serta selalu tampak segar. Kamu juga bisa menyemprotkan air mawar ke bagian tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki.

2. Menghambat penuaan dini

Menurut sebuah penelitian, air mawar dapat mengurangi penuaan dini dengan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah. Ini karena sifat antioksidan dan fungsinya yang melembabkan kulit.

Selain itu, sifat antioksidan air mawar dikatakan dapat mencegah radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit yang dapat mempercepat penuaan dan kerutan ada kulit.

Cara Mengatasi Penuaan Dini untuk Kulit Lebih Kencang dan Elastis!

3. Mengurangi jerawat

Sebagian besar produk perawatan kulit memiliki pH tinggi (basa) dan dapat menyebabkan masalah kulit seperti beberapa jenis jerawat, psoriasis, dan kerutan. Nah, air mawar memiliki pH yang sedikit asam, sehingga bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Air mawar juga mengandung bahan pengawet dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk merasakan manfaat tersebut, gunakan air mawar sebagai toner di pagi dan sore hari, terutama setelah membersihkan wajah.

4. Pembersih riasan

Menurut ahli, air mawar juga bisa digunakan sebagai pembersih makeup. Jangan salah, produk ini memiliki efek membersihkan yang tidak kalah dari pembersih riasan milik berbagai brand ternama.

Air mawar cukup efektif untuk membersihkan riasan mata waterproof tanpa menyebabkan iritasi. Kamu sudah pernah mencoba?

5. Memberikan efek relaksasi

Air mawar tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menenangkan. Oleh karena itu, air mawar cocok sebagai campuran air untuk mandi dengan air hangat.

Setelah hari yang sibuk, kamu dapat mencampur dua gelas ekstrak air mawar untuk merilekskan tubuhmu saat mandi.

Ketahui 5+ Manfaat Air Mawar Viva untuk Wajah Glowing

Manfaat air mawar untuk kulit tubuh

manfaat air mawar untuk tubuh

Selain bermanfaat untuk wajah, air mawar juga bermanfaat untuk perawatan tubuh. Beberapa di antaranya

6. Mengurangi Peradangan

Manfaat air mawar untuk kulit tubuh juga tidak perlu diragukan. Salah satunya adalah meredakan radang pada kulit. Ekstrak mawar mengandung polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

7. Meredakan Gejala Eksim

Kandungan air mawar diketahui dapat mengurangi peradangan kulit dan diduga mampu meredakan gejala eksim.

Jika kamu ingin mengobati radang pada kulit dengan air mawar, cukup oleskan kapas yang dibasahi dengan air mawar ke area kulit yang bermasalah. Kamu akan mendapat manfaat air mawar untuk kulit.

Daun Kelor untuk Wajah? Ini Dia Manfaat dan Cara Membuat Maskernya

Manfaat air mawar untuk bibir

Bukan hanya baik untuk kulit, air mawar juga memiliki sejuta manfaat untuk bibir. Beberapa di antaranya seperti:

8. Melembabkan bibir

Bibir kering sering ditandai dengan bibir pecah-pecah dan kasar. Untuk membantu mengurangi tekstur bibir yang kering ini, kamu bisa melembabkan bibir dengan air mawar.

9. Mencerahkan bibir

Tidak perlu khawatir lagi mengatasi bibir hitam. Meski bibir gelap bisa terlihat mengganggu, namun bibir gelap bisa diatasi dengan air mawar yang bagus untuk menghilangkan bibir hitam.

10. Menghidrasi bibir

Air mawar mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E untuk membantu menghidrasi bibir dan menjaga tingkat kelembapannya tetap seimbang.

Auto Glowing! Ini 5 Manfaat Spirulina untuk Wajah!

Cara memilih air mawar yang baik

memilih air mawar yang tepat

Saat memilih air mawar yang baik, ada beberapa cara memilih air mawar yang baik yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu:

  • Pastikan air mawar yang kamu pilih jernih dan transparan. Kamu harus menghindari air mawar yang memiliki warna tambahan karena kemungkinan produk ini tidak alami, meskipun brand-nya mengklaim demikian.
  • Cium aromanya. Jika air mawar tidak memiliki aroma bunga mawar, tetapi berbau agak tengik, maka mungkin air mawar tersebut tidak baik untuk digunakan lagi.
  • Perhatikan label produk. Baca semua bahan untuk lebih yakin bahwa produk tersebut memang bisa digunakan. Toner air mawar yang baik tidak boleh mengandung alkohol. Alkohol cenderung meregangkan kulit dan membuatnya kering.

Nah, itu dia beberapa informasi tentang apa manfaat air mawar bagi kesehatan dan kecantikan kulitmu serta bagaimana cara memiliki air mawar yang baik. Yuk, bagikan artikel ini agar lebih banyak orang tahu!

Share artikel ini
Reference