ingrown hair adalah

Pernahkah kamu merasa risih dengan kondisi ketika kulit terasa gatal dan nyeri saat habis dicukur atau wax? Bisa jadi itu adalah ingrown hair. Kondisi tersebut terjadi ketika rambutmu tumbuh ke dalam kulit, bukan keluar kulit. Lalu, bagaimana ya cara atasinya?

Sebenarnya, seringkali ingrown hair ini membaik dengan sendirinya tanpa perawatan. Namun, dalam beberapa kasus, ingrown hair juga dapat menyebabkan peradangan, infeksi, kulit menjadi gelap, dan bahkan jaringan parut.

Okeh karena itu, penting untuk mengambil tindakan pencegahan agar kondisi tersebut tidak bertambah parah.

Apa itu ingrown hair?

ingrown hair

Ingrown hair adalah kondisi ketika rambut yang dicukur atau ditarik tumbuh kembali ke dalam kulit. Kondisi ini menyebabkan peradangan, rasa sakit, dan benjolan kecil di area tersebut.

Ingrown hair sering dialami oleh orang-orang yang sering mengalami pencabutan rambut dengan cara waxing, mencukur, atau mencabut. 

Tak heran, setelah bercukur atau waxing, terkadang kulit mengalami gatal yang cukup menyiksa. Bahkan, beberapa hingga mengalami infeksi yang justru juga akan mengurangi penampilan kulit.

9 Manfaat Hair Tonic, Rahasia Rambut Sehat dan Lebat!

Area umum untuk ingrown hair

Ingrown hair biasanya muncul di area jenggot  pria, termasuk dagu, pipi, dan leher. Kondisi tersebut juga bisa muncul di kulit kepala pria botak. Pada wanita, area umum untuk pertumbuhan rambut yang tumbuh ke dalam termasuk ketiak, area kemaluan, dan kaki.

Sebenarnya, kondisi tersebut bukanlah masalah serius dan dapat membaik tanpa perawatan. Tapi situasi ini bisa mengganggu rasa nyaman dan penampilan. 

Meskipun begitu, kamu tak perlu khawatir, sebab kamu bisa mencegah hal ini dengan berbagai cara. Namun, sebelumnya cari tahu terlebih dulu sebenarnya apa yang menyebabkan kondisi ini? 

Penyebab ingrown hair

penyebab ingrown hair

Apa sih yang menyebabkan ingrown hair? Beberapa penyebab kondisi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Rambut Keriting

Salah satu kondisi yang meningkatkan ingrown hair adalah rambut keriting. Secara umum, rambut keriting lebih rentang untuk tumbuh ke dalam kulit dan bukannya keluar kulit.

2. Mencukur

Proses mencukur seringkali menghasilkan pemotongan rambut secara miring. Tentu saja hal ini menyebabkan rambut mudah menggulung ke dalam kulit.

Menarik atau meregangkan kulit saat mencukur juga memungkinkan rambut yang tersisa ditarik ke belakang sebelum sempat tumbuh kembali.

3. Waxing

Dalam metode waxing, rambut dicabut dari akarnya. Hal ini dapat menyebabkan rambut tumbuh kembali tidak sejajar dengan permukaan kulit dan menyebabkan kondisi rambut tumbuh ke dalam.

5 Tips Aman Cukur Bulu Kemaluan, Jangan Sampai Salah Pilih Alat Cukur!

Perawatan rumah untuk ingrown hair

perawatan ingrown hair

Jika kamu mengalami tanda-tanda ingrown hair, lakukan tindakan pencegahan berikut agar tidak semakin parah:

1. Stop mencukur

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah berhenti mencukur, mencabut, atau waxing terlebih dahulu. Biarkan rambut tumbuh terlebih dulu. 

Biasanya, dibutuhkan satu hingga enam bulan sebelum kamu bisa bercukur lagi. Jika ini tidak memungkinkan, pertimbangkan perawatan laser yang lebih aman.

8 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Tanpa Mencukur, Aman dan Alami Lho!

2. Gunakan krim untuk mengurangi peradangan

Jika kulitmu menunjukkan tanda-tanda infeksi karena rambut yang tumbuh ke dalam, dokter akan meresepkan retinoid yang membantu mengangkat sel kulit mati.

Retinoid, seperti asam retinoat, yang dioleskan ke kulit dapat membantu mengangkat sel-sel mati dari kulit melalui proses pengelupasan. Selain retinoid, krim steroid juga dapat diresepkan untuk mengurangi peradangan.

3. Usap area ingrown hair

Selain obat-obatan dan krim, kamu harus mencoba beberapa pengobatan rumahan untuk mengurangi peradangan. Kamu bisa coba aplikasinya pelembab atau gel lidah buaya yang memiliki efek pendingin pada kulit. 

Kamu juga bisa menggunakan kain lap basah untuk menggosok area kulit yang meradang oleh rambut yang tumbuh ke dalam dengan gerakan memutar.

Lakukan perawatan ini setiap hari untuk menghilangkan rambut yang tumbuh ke dalam.

4. Kompres dingin untuk mengurangi peradangan

Kulit yang meradang seringkali sangat tidak nyaman karena gatal dan sensasi terbakar. Nah, kamu bisa mengoleskan waslap dingin ke kulit yang meradang untuk menenangkan kulitmu.

Nah, sekarang kamu tahu bahwa ingrown hair adalah kondisi yang tidak berbahaya. Tapi jika kamu merasa terganggu, kamu bisa mengatasinya di rumah.

Share artikel ini