Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

7 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas dengan Tepat

Putri Aprillia | Maret 29, 2022
Share

Bibir memiliki kulit yang teksturnya lebih tipis dan halus daripada bagian tubuh lainnya. Terpapar matahari dan udara dingin dalam waktu lama bisa membuatnya rentan terhadap kondisi kering dan mengelupas. Jika tidak diatasi, hal ini bisa mengganggu penampilan kamu.

Untuk mengatasi kondisi bibir kering dan mengelupas, kamu bisa melakukan beberapa cara, lho. Misalnya, kamu bisa menggunakan lip balm. Selain itu, kamu juga bisa memakai bahan-bahan alami yang ada di rumah. Nah, untuk tahu bagaimana cara lainnya untuk mengatasi bibir kering dan mengelupas, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Kondisi bibir kering dan mengelupas

Bibir kering dan mengelupas juga dikenal dengan nama cheilitis, merupakan masalah umum yang membuat penderitanya tidak nyaman. Tentu saja, hal ini bisa mengganggu penampilan seseorang.

Kondisi ini bisa terjadi jika kamu memiliki kebiasaan menjilat atau menggigit bibir dan memakai produk yang membuat bibir kering dan iritasi. Selain itu, kondisi seperti ini bisa terjadi karena pengaruh cuaca atau suhu ruangan dan mengalami penyakit tertentu.

Kenapa bibir kering dan mengelupas?

Ada beragam penyebab bibir kering dan mengelupas. Beberapa faktor eksternal dapat menyebabkan kondisi bibir ini. Kamu perlu mengetahui faktor-faktor tersebut untuk mencegah kondisi ini terjadi. Berikut ini beberapa penyebabnya.

  • Cuaca dingin
  • Udara kering di dalam ruangan
  • Kebiasaan menjilat atau menyentuh bibir secara berlebihan
  • Menggunakan produk bibir yang mengandung alergen, seperti gliserin, mentol, atau fenol
  • Paparan sinar matahari dalam waktu yang lama
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Kurang minum air putih

Bahaya mengelupas kulit bibir

Kebiasaan sepele seperti mengelupas kulit bibir sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, tanpa disadari, kebiasaan seperti ini sering dilakukan oleh banyak orang. Kebiasaan ini bisa menyebabkan beberapa bahaya pada bibir yang meliputi:

  • Bibir menjadi iritasi dan luka
  • Produk perona bibir termasuk lipstik susah menempel pada bibir
  • Bibir terasa perih dalam beberapa hari
  • Bisa menimbulkan sariawan
  • Warna bibir hitam atau lebih gelap daripada biasanya

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas

Beberapa cara untuk meredakan bibir kering dan mengelupas adalah:

Menggunakan lip balm

Jangan menggunakan lip balm yang mengandung mint, karena mint bisa membuat bibir lebih kering daripada sebelumnya. Sebagai gantinya, carilah lip balm dengan kandungan lanolin atau ceramide.

Menggunakan bahan-bahan alami

Salah satu obat untuk mengatasi bibir kering dan mengelupas adalah menggunakan bahan-bahan alami. Kamu bisa mengaplikasikan gel lidah buaya, minyak kelapa, madu, dan teh hijau ke bibirmu. Bahan-bahan alami ini memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi yang bisa membantu mencegah infeksi sekaligus melembabkan bibir.

Eksfoliasi bibir

Untuk mengatasi kulit bibir yang kering, kamu bisa menggunakan scrub. Gunakan scrub bibir yang mengandung gula maupun soda kue. Aplikasikan pada bibir dengan lembut.

Minum air yang cukup

Dehidrasi bisa menyebabkan bibir kering dan mengelupas. Dehidrasi terjadi saat tubuh kehilangan banyak cairan. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, termasuk bibir. Jadi, sebaiknya biasakan diri untuk minum air yang cukup setiap hari.

Hindari kebiasaan merokok

Tembakau bisa menyebabkan efek negatif pada bibir, yaitu menyebabkan kulit di sekitar bibir mengering dan mudah pecah-pecah. Merokok juga bisa mengakibatkan masalah kesehatan lain, seperti sariawan dan nyeri gusi. Biasanya, bibir kering dan mengelupas akan segera sembuh setelah kamu menghentikan kebiasaan ini.

Memakai petroleum jelly

Selain menggunakan lip balm, kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly. Aplikasikan petroleum jelly pada bibir secara rutin. Petroleum jelly mampu melindungi kulit bibir agar tetap terjaga kelembabannya.

Konsultasikan dengan dokter

Jika kondisi bibir kering dan mengelupas ini tidak kunjung sembuh meski sudah menggunakan lip balm secara teratur, bisa jadi ini menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Cara mencegah bibir kering dan mengelupas

Menjaga bibir selalu lembab bisa mencegahnya menjadi kering dan mengelupas. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegahnya.

  • Jangan menjilat bibir. Menjilat bibir tampaknya bisa melembabkan bibir dalam waktu singkat. Namun, sebenarnya menjilat bibir justru akan membuat bibir semakin kering.
  • Tetap terhidrasi. Minum cukup air bisa menjaga bibir tetap lembab. Minumlah minimal 8 hingga 10 gelas dalam sehari.
  • Makan sayuran dan buah yang kaya cairan dan serat.
  • Jangan menggunakan produk bibir yang mengandung alkohol, pewangi, ataupun pewarna. Beberapa
  • kandungan tersebut dapat mengeringkan bibir.
  • Lindungi bibir dengan menggunakan produk bibir yang mengandung SPF sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.
  • Jika kamu sering menggunakan lipstik, jangan terlalu sering menggonta-ganti lipstik. Sebelum dan setelah memakai lipstik, pakailah pelembab bibir. Untuk menghapus lipstik, kamu bisa memakai petroleum jelly.
  • Jangan terlalu lama berada di ruangan ber-AC.
  • Jangan bernapas melalui mulut. Sebaliknya, gunakan hidung untuk bernapas. Kebiasaan bernapas melalui mulut bisa membuat bibir menjadi kering.

Memiliki bibir kering dan mengelupas merupakan masalah umum yang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi dan mencegahnya, gunakan pelembab bibir dengan kandungan yang aman. Tetapi, jika kondisi gangguan pada bibir semakin serius dan tidak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Reference
Share