kontroversi camilla

Upacara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla yang dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2023, berhasil menarik perhatian publik di seluruh dunia. Hal ini tentu tidak lepas dari titelnya yang dulu disebut sebagai wanita simpanan. Camilla disebut-sebut bersalah atas perceraian Diana dan Charles, yang kini menjadi bagian dari Royal Family

Kontroversi Camilla

Kontroversi Ratu Camilla dimulai ketika beliau disebut sebagai wanita simpanan Pangeran Charles III. Mulanya, Camilla adalah cinta pertama Charles dan berkencan pada musim panas tahun 1971. Namun, keluarga kerjaan melihat Diana lebih pantas untuk menjadi istri Charles. 

Camilla kemudian menikah dengan pria lain, yaitu Andrew Parker Bowles. Meski Charles dan Camilla sudah menikah dengan pasangan masing-masing, mereka diketahui masih saling berhubungan. Hal inilah yang membuat publik marah dan merasa kasihan pada Diana. 

Meghan Markle: Kontroversi, Kisah Cinta, dan Berita Terbarunya

Tidak hanya itu, kontroversi mahkota saat penobatan Ratu Camilla juga terjadi. Hal ini dikarenakan Camilla mengenakan mahkota Ratu Mary yang didesain ulang. Ratu Mary adalah nenek moyang Raja Charles III. Untuk pertama kalinya setelah abad ke-18, penobatan permaisuri mengenakan mahkota yang sudah ada dan bukannya mahkota baru.

Ada juga yang mengatakan bahwa penggunaan mahkota Ratu Mary dilakukan untuk menghindari mahkota Koh-i-noor. Merupakan mahkota dengan potongan batu 105 karat terbesar di dunia, yang memiliki sejarah kelam bahkan dianggap sebagai kutukan pada saat itu. Untuk menghindari skandal, Camilla memilih mengenakan mahkota Ratu Mary.

Gelar ratu pada Camilla

Camilla mendapat gelar Queen Consort atau Ratu Permaisuri. Ratu Elizabeth II mengatakan bahwa ia ingin Camilla, Duchess of Cornwall, dikenal sebagai “Permaisuri” ketika Pangeran Charles menjadi Raja sebelum ia meninggal.

Dalam pernyataannya, sang ratu menyebutkan bahwa Camilla akan diberi gelar “Permaisuri,” bukan hanya “Ratu”. Raja Charles III dan Camilla tampaknya mengikuti keinginan mendiang. 

Dilansir dari The Scotsman, mendiang Ratu berharap bahwa Camilla akan menerima gelar tersebut dan masyarakat akan mendukungnya. Dia berkata: “Ketika, pada saatnya nanti, putra saya Charles menjadi Raja, saya tahu masyarakat akan memberikan dukungan yang sama seperti yang diberikan kepada saya dan istrinya, Camilla.”

Melansir dari situs web Royal Family, Ratu Permaisuri adalah gelar bagi wanita yang merupakan istri dari raja yang sedang memerintah. Tidak seperti Ratu atau Raja yang berkuasa yang memiliki tugas resmi terkait pemerintahan, seorang Permaisuri Ratu tidak memiliki kekuasaan. Peran mereka adalah menawarkan dukungan moral kepada raja dan menghadiri acara penting.

Kate Middleton: Gelar Baru, Kisah Cinta, dan Gaya Fashionnya

Sebagai istri Raja Charles III, Permaisuri Ratu Camilla juga akan menjadi Penasihat Negara. Menurut situs web Royal Family, mereka adalah anggota senior Keluarga Kerajaan yang menjalankan tugas atau fungsi kerajaan lainnya atas nama Yang Mulia jika beliau berhalangan.

Mengapa Camilla tidak disukai rakyat Inggris

Melansir dari The Week, Camilla menjadi wanita yang paling dibenci rakyat Inggris. Hal ini tentu berkaitan dengan perselingkuhannya dengan Charles yang menyebabkan perceraian dengan Putri Diana.

Perselingkuhan yang berlangsung selama bertahun-tahun itu akhirnya terungkap pada tahun 1993. Pers merilis transkrip percakapan intim antara Charles dan Camilla yang dilakukan pada tahun 1989. Charles dan Diana berpisah setahun sebelum transkrip tersebut dirilis, yaitu pada tahun 1992.

Putri Diana mengatakan “ada tiga orang dalam pernikahan ini”, pada tahun 1995, dan menjuluki Camilla sebagai “Rottweiler”, pers mencap Permaisuri sebagai “wanita yang paling dibenci di Inggris”, sebuah label yang sulit dihilangkannya.

Apalagi setelah kematian Putri Diana pada tahun 1997 dalam sebuah kecelakaan, membuat pasangan tersebut harus membekukan hubungan mereka, dan Camilla dipaksa untuk tetap rendah hati. Di balik itu semua, Camilla juga dicap sebagai orang yang tangguh dan memiliki rasa tanggung jawab luar biasa. 

Camilla juga telah membuktikan dirinya sebagai seorang pekerja keras, dan merupakan senjata rahasia bagi kerajaan yang kekurangan bangsawan tingkat atas yang tersedia untuk pelayanan publik. Dia sekarang menjadi pelindung lebih dari 90 badan amal dan memiliki persahabatan dengan publik yang tidak dimiliki oleh bangsawan lain.

_______

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference