cara kerja organ peredaran darah
Gaya Hidup Hidup Sehat

Seperti Ini Cara Kerja Organ Peredaran Darah Manusia Yang Sangat Vital!

Imelda Rahmawati | Maret 31, 2022
Share

Berbicara tentang cara kerja organ peredaran darah manusia tak lepas dari perannya yang sangat vital bagi tubuh. Tugas utama sistem kardiovaskular adalah mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel dan jaringan tubuh. Pada umumnya jantung akan memompa darah, sedangkan pembuluh darah berperan dalam membawa darah dari dan ke jantung.

Lalu, bagaimana cara kerja organ peredaran darah dalam tubuh manusia? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Sistem peredaran darah

Sistem peredaran darah disebut juga dengan sistem kardiovaskuler. Mereka memiliki tugas utama untuk menyalurkan oksigen, serta nutrisi ke seluruh jaringan tubuh dan sel.

Selain mengedarkan oksigen dan nutrisi, sistem peredaran darah masih memiliki beberapa fungsi penting lainnya, seperti:

  • Membantu menstabilkan suhu dan pH tubuh.
  • Mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Menjaga fungsi berbagai sistem organ dalam tubuh.
  • Mengeluarkan sisa proses metabolisme, seperti karbon dioksida melalui paru-paru.
  • Mendistribusikan berbagai hormon ke seluruh tubuh.

Organ dalam peredaran darah

Organ dalam peredaran darah, terdiri dari beberapa organ, antara lain:

1. Jantung

Menjadi salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Letaknya berada tepat ditengah pada rongga dada belakang, sisi kirinya tulang dada. Jantung orang dewasa, berukuran kira-kira sebesar telapak tangan.

Pada organ jantung, ada empat ruang yang menjadi dua ruang ventrikel, dan dua atrium. Selain itu, jantung juga memiliki empat bilik yang berfungsi untuk menjaga darah supaya tetap mengalir menuju arah yang semestinya.

2. Pembuluh darah

Dari jantung darah akan dialirkan lewat pembuluh darah. Ini artinya pembuluh darah menjadi jalur transportasi untuk membawa darah dari seluruh bagian tubuh ke jantung dan membuang limbah dari jaringan tubuh. Ada tiga jenis pembuluh darah yang masing-masing memiliki peran masing-masing, yaitu arteri, vena, dan kapiler.

3. Darah

Inilah bagian vital dalam sistem peredaran darah yang ada pada tubuh manusia. Darah menjadi kendaraan yang mengangkut oksigen, nutrisi, hingga hormon, dan antibodi yang dibutuhkan oleh organ-organ di seluruh tubuh. Tidak hanya itu, darah juga membawa sisa metabolisme dan juga zat beracun yang akan tubuh keluarkan.

Cara kerja organ peredaran darah manusia

Organ dalam sistem peredaran darah manusia bekerja dengan dua mekanisme utama, yaitu peredaran darah pulmonal dan peredaran darah sistemik. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya:

Peredaran pulmonari

Cara kerja organ peredaran darah manusia dengan peredaran pulmonari ini, mengalirkan darah dari bilik kanan jantung ke paru-paru dan sebaliknya. Karena hanya melibatkan jarak pendek dari jantung ke paru-paru, maka peredaran darah pulmonal juga sering disebut dengan sistem peredaran darah kecil.

Pada sirkulasi ini, darah yang memiliki kandungan karbon dioksida akan ke jantung. Melalui pembuluh darah vena cava. Kemudian, darah ini akan masuk ke atrium kanan, melalui ventrikel kanan jantung, dan kemudian mengalir ke ke paru-paru.

Saat berada di paru-paru, darah ini akan ditukar dengan darah yang kaya oksigen. Darah kemudian dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis, masuk ke atrium kiri dan kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

Sirkulasi sistemik

Berbeda dengan sirkulasi paru, jenis ini disebut sistem peredaran darah besar, karena membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya. Dalam sirkulasi ini, darah beroksigen dari atrium kiri jantung dialirkan melalui aorta.

Pembuluh darah aorta terhubung ke setiap bagian tubuh, yang masing-masing memiliki kapiler. Melalui kapiler inilah oksigen dan nutrisi dikirim ke sel-sel tubuh.

Kemudian, darah membawa karbondioksida untuk kembali ke jantung dengan masuk ke atrium kanan, menuju ke paru-paru, begitu seterusnya siklus ini terus berulang.

Urutan peredaran darah yang benar adalah

a. Urutan peredaran darah besar

Peredaran darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung. Secara rinci jantung (ventrikel kiri) – aorta – arteri – kapiler – vena atas dan vena bawah – jantung (atrium kanan).

b. Urutan peredaran darah kecil

Darah mengalir di pembuluh darah kecil ini melalui jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Secara rinci urutan peredaran darah mulai dari jantung (ventrikel kanan) – arteri pulmonalis – paru-paru – vena pulmonalis – jantung (atrium kiri).

Cara kerja sistem peredaran darah manusia amatlah penting. Tidak hanya mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, sistem ini juga berperan dalam proses metabolisme. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan dan kelancaran sistem peredaran darah.

Reference
Share