Kehamilan

5+ Manfaat Minyak Kelapa yang Baik untuk Ibu Hamil

Putri Aprillia | Desember 16, 2021
Share

Minyak kelapa adalah minyak nabati yang diekstraksi dari biji kelapa matang yang diambil dari minyak sawit. Berdasarkan penelitian, minyak kelapa ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk juga untuk ibu hamil.

Kira-kira apa saja manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil? Apakah benar minyak kelapa dapat membantu proses persalinan? Nah, supaya lebih jelas, di artikel ini kamu akan mempelajari fakta mengenai minyak kelapa dan apa saja manfaatnya untuk ibu hamil. Langsung saja yuk simak penjelasannya!

Minyak kelapa dapat membantu proses persalinan, mitos atau fakta?

Banyak orang percaya bahwa minyak kelapa dapat secara efektif membantu proses persalinan. Dengan mengonsumsi minyak kelapa, proses persalinan bisa jadi lebih mudah dan lancar. Namun, apakah hal itu benar?

Sebenarnya belum ada penelitian secara ilmiah yang membuktikan bahwa minyak kelapa dapat memperlancar proses persalinan. Hal itu karena minyak kelapa yang dikonsumsi akan masuk ke saluran pencernaan. Padahal, proses persalinan ini berlangsung di organ reproduksi wanita. Karena keduanya tidak saling berhubungan, mengonsumsi minyak kelapa tak dapat secara langsung mempermudah proses persalinan.

Jadi, manfaat mengkonsumsi minyak kelapa untuk kelancaran persalinan belum terbukti secara ilmiah. Hipotesis ini bisa dikatakan hanya mitos dan tidak perlu dipercaya sepenuhnya.

Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil

Meski belum terbukti bahwa minyak kepala bisa menginduksi persalinan, bukan berarti minyak kelapa tidak boleh dikonsumsi sama sekali selama kehamilan. Minyak ini merupakan salah satu minyak nabati paling sehat, kaya akan antioksidan dan nutrisi seperti asam laurat, lemak sehat, vitamin dan mineral. Beberapa manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Sumber lemak dan energi

Tahukah kamu bahwa minyak kelapa merupakan sumber lemak yang baik. Lemak tersebut sangat diperlukan untuk perkembangan otak janin dan sistem saraf. Selain itu, salah satu manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil adalah sebagai sumber energi. Ibu hamil membutuhkan energi ini saat beraktivitas dan melahirkan, sehingga ibu bisa mendapatkan tenaga untuk mengejan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selama pandemi covid-19 minyak kelapa memiliki sering dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Berdasarkan penelitian, 50% kandungan minyak kelapa tersusun oleh asam laurat, yaitu asam lemak jenuh yang mudah disintesis oleh tubuh. Nah, asam laurat ini dapat membunuh kuman, bakteri, virus, dan jamur.

Oleh sebab itu, minyak kelapa sangat efektif untuk mencegah flu, pilek, dan berbagai infeksi virus. Selain itu, minyak kelapa juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan kekebalan janin akan lebih kuat.

3. Pengganti susu

Produk susu merupakan produk yang baik bagi ibu hamil. Sayangnya, tidak semua ibu hamil bisa minum susu selama kehamilan. Hal itu karena selama masa kehamilan, ibu hamil sering merasa mual dengan berbagai produk susu. Sebagai alternatif, minyak kelapa dapat menjadi pengganti produk susu bahkan dengan kualitas manfaat yang sama seperti susu.

4. Mengatasi efek samping kehamilan

Kehamilan dapat menyebabkan banyak masalah kecil, seperti mual di pagi hari, sembelit, atau mulas. Minyak kelapa menjadi solusi alami yang sangat ideal untuk berbagai efek samping selama kehamilan.

Minyak kelapa dapat menenangkan kram perut sebagai efek kehamilan serta dapat membantu mengurangi efek refluks asam. Kehamilan juga bisa membuatmu sulit tidur dan merasa lelah di malam hari. Selain untuk dikonsumsi, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai bahan untuk pijat yang membuat tubuh rileks.

5. Mengatasi stretch mark

Kehamilan dapat menyebabkan stretch mark pada perut. Di sinilah manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil dapat dibuktikan. Mengoleskan minyak kelapa selama kehamilan dapat mencegah pembentukan stretch mark karena bahan ini dapat melembabkan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

6. Sebagai suplemen kesehatan

Kamu dapat menambahkan sesendok minyak kelapa ke smoothie, teh, atau bahkan makanan favoritmu. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa mengandung lemak sehat yang penting untukmu dan janinmu yang sedang tumbuh. Selain meningkatkan kekebalan, minyak kelapa juga dapat mendukung perkembangan otak janin dan mempengaruhi kualitas ASI.

7. Mengurangi Resiko Keguguran

Berdasarkan penelitian, penggunaan minyak kelapa selama 6 bulan kehamilan ke atas ternyata dapat mengurangi risiko keguguran hingga 50 persen. Hal ini dikarenakan minyak kelapa memiliki sifat anti jamur dan anti virus. Dengan begitu, kamu bisa mencegah terjadinya flu, pilek, atau penyakit infeksi virus lainnya yang mungkin berbahaya bagi janin.

Anjuran penggunaan minyak kelapa untuk ibu hamil

Meskipun ada banyak manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil, kamu tentu saja tidak boleh minum minyak kelapa sembarangan. Menurut American Heart Association, batas aman konsumsi minyak kelapa adalah 13 gram atau 1 sendok makan untuk sehari.

Jika kamu mengalami alergi atau gejala reaksi apapun saat memakai atau mengkonsumsi minyak kelapa, segeralah mengunjungi dokter. Mengonsumsi minyak kelapa yang berlebihan mungkin juga dapat menimbulkan komplikasi berbahaya untuk tubuh, seperti sakit kepala, diare, kesulitan untuk bernafas, tekanan darah rendah, kram perut, dan sebagainya.

Jadi, terlepas dari manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil, sebaiknya kamu konsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsinya.

 

Reference
Share