manfaat kuaci untuk ibu hamil

manfaat kuaci untuk ibu hamil

Di Indonesia, kuaci terkenal sebagai camilan yang rasanya gurih. Bila kamu belum tahu, kuaci adalah makanan ringan yang terbuat dari biji bunga matahari yang punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk ibu hamil. 

Biasanya, biji bunga matahari tersebut dipanggang atau digoreng sampai renyah. Kemudian, diberi berbagai bumbu untuk memberikan rasa gurih.

Untuk mengonsumsinya, kuaci memiliki ciri khas biji kecil dengan kulit keras dan cangkang yang terpisah dari bijinya. 

Jadi, kamu harus melepas kulitnya dulu, barulah bisa mencicipi kuaci dengan tekstur yang kering dan bisa digigit. Nah, selain sebagai cemilan, kuaci juga dikenal karena kandungan gizinya, lho.

Tak heran, camilan ini bisa menjadi pilihan untuk ibu hamil. Lantas, apa saja kandungan gizi dan manfaat kuaci untuk ibu hamil? Ketahui jawabannya berikut ini.

Kandungan gizi kuaci

Sebelum membahas manfaatnya, kita akan mengupas tuntas kandungan gizi yang ada di dalam kuaci. Melansir dari berbagai laman kesehatan, ini dia kandungan nutrisinya.

  • Lemak jenuh: 1,5 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 9,2 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 2,7 gram
  • Protein: 5,5 gram
  • Karbohidrat: 6,5 gram
  • Serat: 3 gram

Secara umum, kuaci atau biji bunga matahari kaya akan vitamin E dan selenium. Kedua zat ini berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Selain itu, biji bunga matahari juga merupakan sumber yang baik dari senyawa tanaman asam fenolat dan flavonoid, atau antioksidan.

6 Fakta Manfaat Kuaci Untuk Promil

Manfaat kuaci untuk ibu hamil

Dengan kandungan nutrisinya di atas, tak heran bila kuaci memiliki manfaat baik untuk ibu hamil. Penasaran? Yuk, kita bahas di bawah ini!

  • Membantu pertumbuhan sel janin

Kandungan vitamin E yang ada di dalam kuaci bisa meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh ibu hamil, membantu mencegah infeksi, dan melindungi sel darah merah.

Bahkan, vitamin E membantu dalam pembentukan dan pertumbuhan sel-sel janin, terutama sel saraf, sistem saraf pusat, dan jaringan otot janin.

Hal ini dikarenakan vitamin E termasuk antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Ibu hamil membutuhkan antioksidan lebih banyak selama proses kehamilan karena tubuh mengalami perubahan hormon dan stres oksidatif yang meningkat.

Selain kuaci, sumber makanan yang kaya vitamin E ada banyak, seperti kacang, biji-bijian, dan sayuran hijau. 

  • Perkembangan janin

Selain itu, kuaci yang terbuat dari biji bunga matahari juga mengandung fosfor dan mineral. Selama masa kehamilan, pertumbuhan dan perkembangan tulang janin sangat penting dan fosfor berperan dalam proses tersebut. 

Selain itu, fosfor juga berperan dalam fungsi dan produksi energi, lho. Jadinya, janin kamu bisa berkembang secara optimal, deh.

  • Mengatur tekanan darah

Potasium termasuk mineral yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengatur tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. 

Selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan potasium dalam jumlah banyak karena tubuh mengalami perubahan hormon dan peningkatan volume darah.

Selain itu, manfaat kandungan potasium dari kuaci untuk ibu hamil adalah menjaga kesehatan jantung dan fungsi otot yang normal. 

Sebab, potasium bisa membantu mengatur detak jantung dan menjaga kontraksi otot yang sehat, termasuk kontraksi rahim selama proses persalinan.

  • Membuang zat beracun

Nah, kuaci juga mengandung fitokimia yang bermanfaat untuk membuang zat beracun pada tubuh ibu hamil.

Bahkan, beberapa fitokimia memiliki sifat antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan pada tubuh sang ibu dan mengurangi risiko penyakit peradangan.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat terakhir kuaci untuk ibu hamil adalah mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung. 

Soalnya, ada kandungan lemak omega-6 atau lemak tak jenuhnya yang bisa menurunkan tekanan darah agar kamu tidak terkena penyakit jantung.

Aneka olahan kuaci

Selain kamu makan dalam bentuk camilan biasa, ada berbagai olahan kuaci yang bisa kamu coba di rumah, lho. Agar kamu lebih kenyang dan perut terisi, ini dia beberapa rekomendasi aneka olahan kuaci.

  • Taburkan di atas salad
  • Aduk dengan oatmeal
  • Taburkan di atas tumisan atau campuran sayuran
  • Tambahkan ke dalam burger 
  • Campurkan ke dalam makanan yang dipanggang

Itu tadi penjelasan mengenai manfaat kuaci untuk ibu hamil, kandungan gizi, serta aneka olahannya. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba camilan satu ini?


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference