Cara Mengobati Sakit Lutut dengan Jahe

Jahe memang dikenal akan khasiatnya untuk mengobati berbagai masalah kesehatan salah satunya adalah sakit lutut. Tapi apakah benar demikian dan bagaimana sih cara mengobati sakit lutut dengan jahe? Berikut ulasannya.

Apakah jahe bisa menyembuhkan nyeri lutut?

Jahe memang dikenal dapat mengobati nyeri pada lutut. Hal ini juga dibuktikan dengan sejumlah penelitian yang mendukung anggapan tersebut. Dalam studi yang dilakukan tahun 2000 menemukan bahwa ekstrak jahe sama efektifnya dengan manfaat ibuprofen. Sedangkan, pada studi tahun 2016, mengemukakan bahwa suplemen jage dan echinacea juga ternyata dapat mengurangi peradangan hingga nyeri setelah operasi lutut. 

Bukan hanya itu, pada studi tahu  2021 juga menemukan bahwa ekstrak jahe dengan dosis tinggi efektif untuk mengobati osteoarthritis pada lutut. 

Manfaat Jahe Merah untuk Wanita

Mengoleskan krim atau gel yang mengandung jahe langsung ke area lutut yang sakit juga sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada lutut. Bahkan, menurut hasil salah satu Studi 2015, ekstrak jahe mampu memperbaiki osteoartritis pada lutut saat dioleskan. 

Peserta penelitian menggunakan ekstrak jahe sebanyak  tiga kali sehari selama 12 minggu. Selama waktu ini, mereka menunjukan mengalami penurunan tingkat rasa sakit dan gejala lain yang menyertainya.

Manfaat jahe untuk sakit sendi

Bukan hanya untuk sakit lutut, jahe juga dapat mengobati sakit sendiri. Sampai saat ini, ada banyak penelitian yang mengungkapkan banyak potensi jahe sebagai obat untuk mengatasi radang sendiri.  Berikut beberapa hasil penelitian tersebut.

10 Jenis Radang Sendi Paling Umum, Ini Gejala dan Tandanya!

Hasil satu Studi hewan tahun 2002 yang menggunakan tikus menunjukkan bahwa ternyata jahe dapat membantu mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis. Jahe juga ternyata telah terbukti dapat mengurangi peradangan ketika dikonsumsi dalam dosis tinggi selama empat minggu.

Bahkan, sebuah penelitian Universitas Miami menyimpulkan bahwa menggunakan ekstrak jahe suatu hari nanti berpotensi dapat  menjadi pengganti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). 

Dalam studi ini membandingkan efek ekstrak jahe yang sangat pekat dengan plasebo pada 247 pasien osteoartritis (OA) lutut. Ternyata, jahe dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada sendi lutut, bahkan hingga 40 persen lebih efektif dibandingkan plasebo.

Jahe sendiri memiliki aktivitas antiinflamasi, antiulkus, dan antioksidan, serta sejumlah kecil sifat analgesik yang membantu mengatasi rasa nyeri.

Langkah langkah kompres menggunakan jahe

kompres dingin

Ternyata jahe menjadi obat sakit lutut secara alami. Lantas, bagaimana cara mengobati sakit lutut dengan jahe? Kamu bisa kompres lutut yang sakit menggunakan jahe. Jika bingung, kamu bisa coba ikuti langkah-langkah kompres menggunakan jahe berikut ini. 

Bahan yang perlu kamu siapkan:

  • Baskom
  • Handuk kecil atau waslap
  • 100 gram jahe
  • 1 liter air bersih

Cara membuat air kompresan jahe:

  • Cuci jahe yang sudah kamu siapkan sebelumnya, lalu iris tipis jahe-jahe tersebut
  • Masukan irisan jahe pada wadah berisi 1 liter air yang telah disiapkan,
  • Rebus campuran tersebut ke dalam air hingga mendidih
  • Jika sudah, kamu bisa pindahkan air rebusan tadi pada baskom
  • Tunggu hingga rebusan jahe tidak terlalu panas tapi masih hangat.
  • Masukan handuk kecil ke dalam wadah berisi rebusan tadi
  • Tempelkan handuk yang telah diperas pada lutut atau area yang reasa sakit.
  • Biarkan selama beberapa menit.
  • Lakukan secara berulang hingga kurang lebih selama 15 menit atau sampai sakitnya berkurang.

Manfaat jahe untuk berbagai kesehatan lainnya

Setelah mengetahui cara mengobati sakit lutut dengan jahe, kamu juga perlu tahu jika ternyata jahe juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Minum teh jahe hangat diketahui dapat membantu melawan flu. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengatasi rasa mual, muntah dan sakit perut serta keluhan lainnya. 

Minum Jahe Saat Haid, Bisakah Meredakan PMS?

Dalam penelitian yang dilakukan tahun 2017 mengungkapkan bahwa jahe efektif untuk mengatasi atau mengurangi frekuensi serta keparahan muntah yang kerap terjadi setelah melakukan operasi katarak.

Selain itu, jahe juga diketahui dapat membantu mencegah, melawan hingga mengobati berbagai masalah kesehatan seperti:

  • Kanker
  • Tumor
  • Infeksi bakteri
  • Migrain
  • Diabetes
  • Bisul

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui efektivitas jahe untuk masalah kesehatan tertentu. 

Ternyata, jahe memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi jahe sebagai teh, mencampurkannya dalam masakan atau menjadikannya sebagai air kompresan untuk mengatasi sakit lutut.

Share artikel ini
Reference