Cara melancarkan darah haid yang sedikit

Jika jumlah darah yang keluar saat haid bervariasi setiap bulan, jangan khawatir. Terkadang, aliran darah haid memang bisa menjadi lebih ringan, seperti darah haid yang sedikit.

Kadang-kadang, hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa ada hal lain yang terjadi. Agar lebih paham, kami akan membahas penyebabnya dan bagaimana cara melancarkan darah haid yang sedikit. Jadi, simak sampai selesai, ya!

Apakah darah haid sedikit berbahaya?

Sebenarnya kondisi darah yang sedikit saat saat haid adalah normal. Sebab, hal ini termasuk umum terjadi pada wanita.Namun, apabila disertai dengan gejala-gejala lainnya, bisa jadi darah haid sedikit menjadi indikasi masalah kesehatan yang lebih serius.

Darah haid sedikit bisa menjadi tanda masalah dengan kadar hormon atau kondisi medis lainnya, misalnya, Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS). Sehingga kamu memerlukan bantuan medis yang tepat untuk melancarkan darah haid yang sedikit.

Penyebab darah haid yang sedikit

kenapa menstruasi sedikit

Sebelum mengetahui cara memperlancar darah haid yang sedikit, ada baiknya mengetahui penyebab darah haid yang sedikit, antara lain:

1. Stres

Jika kamu mengalami stres, hal ini dapat berpengaruh terhadap siklus haid, termasuk stres dari suatu hubungan, stres kerja, atau bahkan kesulitan tidur.

Jika kamu stres, otak akan mengubah hormon siklus haid. Kamu mungkin mengalami haid yang lebih ringan. Setelah peristiwa penyebab stres berlalu, siklus haid kamu akan kembali normal.

2. Terlalu banyak olahraga

Olahraga memang bisa melancarkan darah haid yang sedikit. Namun, olahraga yang terlalu berat dan berlebihan dapat mengganggu siklus menstruasi. Sehingga kamu perlu membatasi olahraga yang berlebihan.

3. Efek obat atau kontrasepsi

Banyak pilihan pengendalian kelahiran menstabilkan dan menipiskan lapisan rahim untuk mencegah sel telur yang telah dibuahi menempel pada rahim.

Pada akhirnya menyebabkan darah haid yang keluar sedikit. Hal ini disebabkan karena kandungan progesteron yang terkandung di dalamnya.

8 Efek Samping Pil KB Yang Wajib Kamu Ketahui

4. Usia atau perimenopause

Jika kamu dalam masa menopause, kamu mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur dengan aliran darah yang ringan.

Banyak orang mengalami siklus haid yang lebih ringan dan lebih jarang menjelang menopause. Kejadian ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon.

5. Gangguan hormonal

Setiap kondisi yang mempengaruhi hormon, termasuk sindrom ovarium polikistik (PCOS), disfungsi tiroid, hiperprolaktinemia, dan kondisi lainnya dapat mempengaruhi siklus haid, termasuk jumlah darah yang dikeluarkan.

Yuk Kenali 6 Jenis Hormon Reproduksi Wanita Ini

6. Berat badan

Berat badan dapat mempengaruhi siklus haid. Kekurangan berat badan dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur karena hormon tidak bekerja dengan normal. Selain itu, kenaikan berat badan yang ekstrem dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

7. Gangguan Makan

Anoreksia nervosa dan bulimia adalah jenis gangguan makan yang bisa mengakibatkan haid menjadi tidak teratur. Gangguan makan dapat menyebabkan menurunnya berat badan, yang dapat mengubah hormon yang mengatur haid.

8. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Jika kamu mengalami haid yang tidak teratur atau berhenti mengalami haid, itu bisa jadi akibat PCOS. Hal ini menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh.

Perubahan hormonal ini juga dapat mengubah berat badan dan menyebabkan obesitas, memicu timbulnya jerawat, dan menyebabkan infertilitas.

Jangan Keliru, Ini Perbedaan PCO dan PCOS yang Wajib Kamu Ketahui!

Cara melancarkan darah haid yang sedikit

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melancarkan darah haid yang sedikit.

1. Lakukan olahraga ringan

Olahraga ringan seperti peregangan, berjalan, atau berenang membantu meningkatkan aliran darah, yang mengurangi kram. Maka dari itu, penting untuk berolahraga dan menggerakkan tubuh kamu.

2. Lakukan Yoga

cara menghilangkan stres dengan yoga

Yoga juga bisa kamu lakukan untuk menenangkan tubuh dan menghilangkan stres. Sehingga, melakukan yoga dipercaya dapat memperlancar haid. Cobalah beberapa gerakan yoga setiap hari secara teratur.

3. Kompres perut

Cara melancarkan darah haid yang sedikit selanjutnya adalah dengan kompres perut. Kompres perut dengan air hangat. Hal ini dapat meredakan kram akibat haid dan mengurangi ketidaknyamanan tubuh.

4. Minum air dan tetap terhidrasi

minum banyak air putih untuk melancarkan darah haid yang sedikit

Minumlah 8-10 gelas air sepanjang har. Pastikan untuk membawa botol air minum saat bepergian. Ini akan membantu kamu tetap terhidrasi sepanjang hari. Sehingga dapat melancarkan darah haid yang sedikit pula.

5. Makan makanan yang sehat dan segar

Cobalah makan lebih banyak buah segar dan sayuran hijau. Saat mengidam, cobalah makan wortel, apel, atau membuat smoothie. Buah dan sayuran mengandung banyak air, jadi kamu akan tetap terhidrasi dengan baik.

6. Hindari kafein

Kafein dapat membuat kamu merasa pegal, kram, dan kembung. Jadi, sebaiknya hentikan atau batasi konsumsi kafein saat kamu haid.

Kafein tidak hanya ada di dalam kopi dan teh namun juga dalam minuman bersoda dan cokelat. Pengganti yang baik adalah teh jahe, teh herbal, atau air putih.

7. Tidur yang cukup

Cara melancarkan darah haid yang sedikit berikutnya adalah tidur yang cukup. Kamu memerlukan 8 sampai 9 jam tidur per malam, terutama saat sedang haid. Tidur yang cukup akan membantu kamu bangun dengan perasaan segar.

8. Mengonsumsi Vitamin C

Manfaat vitamin c untuk kulit

Cara melancarkan haid yang sedikit bisa dilakukan dengan menambah asupan vitamin C yang cukup. Menurut beberapa penelitian, vitamin C dapat meningkatkan hormon estrogen dan menurunkan hormon progesteron.

Dengan begitu, rahim akan berkontraksi dan darah haid jadi lebih lancar. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C atau suplemen vitamin C.

9. Mengonsumsi Vitamin D

Selain vitamin C, Vitamin D ternyata terbukti dapat melancarkan darah haid yang sedikit dan tidak teratur, lho. Fungsi vitamin D dapat mengatur ovulasi sehingga haid dapat teratur. Selain itu, vitamin D dapat mengatasi siklus menstruasi yang tak teratur akibat PCOS.

10. Mengonsumsi Buah Nanas

Buah nanas juga dapat digunakan untuk melancarkan darah haid yang sedikit atau tidak teratur. Nanas memiliki kandungan bromelin untuk melunakkan rahim. Jika dikonsumsi dengan dosis yang pas, nanas dapat menghilangkan nyeri haid saat haid juga.

11. Mengonsumsi Teh Kayu Manis

Bahan alami yang bisa kamu konsumsi selanjutnya ada kayu manis. Bahan ini bisa dicampurkan pada teh hangat. Teh ini dapat melancarkan haid dan mengurangi nyeri saat haid.

Cara Memperlancar Haid, Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

Kapan harus ke dokter?

Hubungi dokter jika kamu mengalami beberapa kondisi berikut.

  • Melewatkan tiga periode haid berturut-turut dan tidak hamil
  • Mengalami haid yang tidak teratur
  • Merasakan sakit yang cukup parah saat haid
  • Mengalami gejala-gejala lain yang cukup mengkhawatirkan

Dalam beberapa kondisi, darah haid yang sedikit merupakan hal yang normal. Namun, penting untuk mengetahui penyebab dan cara melancarkan darah haid yang sedikit.

Sebab, hal ini mungkin merupakan indikasi kondisi yang mendasarinya dan bisa berdampak pada kehidupanmu sehari-hari.

Periode haid yang ringan mungkin baru kali ini kamu alami. Jika periode ringan ini terus berlanjut atau kamu mengalami gejala yang mengganggu, kamu mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut.

Share artikel ini
Reference