Cara mengatasi haid saat tidak ada pembalut
Period Period Hacks

8 Cara Mengatasi Haid Jika Tidak Ada Pembalut

Putri Aprillia | Maret 14, 2022
Share

Hai ladies, pernah mengalami periode menstruasi tidak tepat pada waktunya? Tentunya ini sering terjadi ya. Seringkali wanita mengalami menstruasi lebih cepat dari waktunya dan hal itu membuat wanita tidak menyiapkan stok pembalut untuk dipakai.

Tenang ya, banyak cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut yang bisa kamu lakukan dengan aman dan mudah. Tidak perlu stress, yuk cari tahu cara membuat pembalut untuk situasi darurat agar menstruasi aman terkendali.

Apa yang dilakukan saat haid tidak ada pembalut pembalut?

Saat berada di kantor atau tempat umum, ternyata menemukan pembalut untuk dipakai saat menstruasi datang lebih cepat tidak mudah. Pembalut yang berguna menampung darah dan mencegah kebocoran ternyata tidak hanya bisa memakai pembalut sekali pakai, pembalut kain, tampon, atau hanya menstrual cup saja lho.

Banyak cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut biasa, yaitu dengan membuat sendiri atau menggunakan cara lain. Dibutuhkan sedikit kreativitas kamu dalam membuat sendiri pembalut darurat ini. Meski dalam keadaan darurat, kamu harus tetap tenang ya dan cari alternatif lain untuk menampung darah menstruasi sementara waktu.

Cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut

Jangan terlalu panik jika kamu tidak membawa pembalut saat sedang di luar. Berikut ini alternatif pembalut pada saat menstruasi datang mendadak antara lain:

Menggunakan tisu atau kertas toilet

Kertas atau tisu toilet merupakan alternatif yang paling mudah dan gampang ditemukan. Datangi toilet di mana saja dan kamu akan menemukan tisu di sana. Tisu atau kertas toilet dapat digunakan sementara waktu untuk mencegah kebocoran darah. Pakai beberapa lapis tisu sampai kamu menemukan pembalut untuk menstruasi.

Popok

Popok biasanya digunakan oleh bayi atau manula. Kamu dapat menggunakan jenis popok ini sampai menemukan pembalut menstruasi. Popok dapat digunakan sebagai pembalut darurat jika memang tidak menemukan pembalut biasa.

Celana dalam

Tidak ada salahnya jika kamu selalu menyediakan celana dalam tambahan di tas saat pergi kemana saja. Celana dalam tambahan bisa menjadi alternatif saat kamu mengalami menstruasi dan tidak ada pembalut biasa.

Gunakan tisu dan kasa

Cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut bisa memakai tisu dan kasa untuk kamu gunakan sebagai penampung darah sementara. Kain kasa juga bisa didapatkan dari kaos kaki untuk mencegah aliran darah menembus hingga keluar pakaian.

Alternatif kain

Kamu dapat menggunakan alternatif lain untuk membuat pembalut darurat seperti dari kain lap atau kapas. Pastikan jika kain tersebut bersih untuk digunakan sebagai penampung darah sementara, ya.

Minta bantuan seseorang

Tips ini bisa kamu gunakan saat kamu mengetahui ada teman atau rekan yang punya periode menstruasi sama denganmu. Terkadang teman kantor menyimpan pembalut cadangan di laci mereka. Jika terpaksa, minta tolong teman untuk membelikannya di toko terdekat.

Tutup pakai jaket

Jika ternyata darah menstruasi sudah merembes ke celana dalam dan menembus baju, coba pakai atau tutupi dengan jaket/pakaian lain dan segera cari alternatif penampung atau bisa segera ke toko untuk membeli pembalut menstruasi.

Datangi ruang perawatan

Jika kamu berada di sekolah atau kantor, biasanya mereka mempunyai ruang perawatan yang bisa kamu datangi untuk meminta bantuan pembalut atau pengganti pembalut sementara. Jangan panik dan tetap tenang saat kehabisan pembalut, ya ladies.

Cara membuat pembalut dari tisu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu alternatif saat kamu kehabisan pembalut adalah menggunakan tisu. Berikut cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut dan cara memakainya:

  • Cuci Miss V terlebih dahulu dan lap hingga kering.
  • Sediakan beberapa lembar tisu dan tumpuk menjadi satu sampai kira-kira sepanjang pembalut biasa.
  • Letakkan dengan hati-hati di celana dalam agar nyaman dipakai.
  • Pakai dengan hati-hati celana dalam dan sesuaikan agar Miss V dapat tertutupi tisu yang menempel di celana dalam.
  • Segera ganti dengan pembalut biasa dan buang tisu bekas pakainya.
  • Cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut dengan menggunakan tisu ini alternatif paling mudah didapat di mana saja dan kapan saja.

Bahan alternatif jika tidak ada pembalut

Mencari bahan alternatif untuk dijadikan pembalut harus hati-hati dan selektif ya ladies. Jangan sampai alternatif pembalut tersebut terkontaminasi bakteri karena akan bersentuhan dengan Miss V yang sedang mengalami menstruasi sehingga dapat mencegah bakteri dan kuman berkembang biak disana.

Beberapa alternatif bahan yang dapat menyerap darah haid antara lain:

  • Tisu
  • Kapas
  • Kain kasa
  • Kain lap
  • Popok

Jenis bahan ini dapat digunakan sebagai cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut yang mudah dipakai dan aman digunakan saat menstruasi datang.

Cara menjaga kebersihan organ intim jika tidak ada pembalut haid

Selain cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut, kamu juga harus tau lho bagaimana menjaga kebersihan organ intim saat mengalami kehabisan pembalut, bagaimana caranya? Yuk ikuti langkah ini:

  • Cuci tangan. Cuci dan bersihkan tangan secara menyeluruh baik saat akan memakai atau setelah membuang pembalut.
  • Bersihkan area vagina. Cara membasuh area vagina adalah mengarahkan tangan dari depan ke arah belakang, bukan sebaliknya. Gunakan dengan air mengalir dan keringkan vagina setelah selesai dibersihkan.
  • Hindari pembalut atau alternatifnya yang mengandung parfum. Hindari pembalut atau alternatif lain seperti tisu yang bebas aroma dan parfum. Jenis pembalut dengan aroma dapat menyebabkan iritasi kulit bahkan hingga infeksi.
  • Cukur bulu kemaluan. Jika merasa akan mengalami menstruasi, cukur rambut atau bulu kemaluan agar gumpalan darah tidak menempel disana. Gumpalan dapat menyebabkan jamur dan infeksi jika tersangkut di rambut kemaluan.
  • Hindari membersihkan secara menyeluruh. Sangat penting menjaga kadar keasaman atau pH wanita. Tidak perlu membersihkan secara menyeluruh karena vagina sudah dapat membersihkan dirinya. Jika keseimbangan pH rusak, maka infeksi atau jamur bisa menyerang.
  • Rutin ganti pembalut. Ganti pembalut sesering mungkin saat menstruasi sedang banyak. Berbagai jenis pembalut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ganti 3-6 kali sehari.

Ladies, sangat penting ya mengetahui cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut. Ketahui berbagai alternatif pembalutnya agar tetap nyaman dan tidak panik saat menstruasi datang lebih cepat waktunya.

Reference
Share