kalori nasi pecel

Sebagai orang asli Indonesia, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kuliner khas Jawa yang satun ini. Nasi pecel adalah makanan tradisional Indonesia yang sangat populer. Namun, yang jadi pertanyaan, berapa kalori nasi pecel dan bagaimana resepnya agar tetap sehat dan nikmat? 

Hidangan khas Jawa ini berisi nasi, bumbu kacang dan sayur-sayuran dengan cita rasa pedas dan gurih sehingga cocok untuk makan siang atau makan malam. Asal-usul nasi pecel belum diketahui secara pasti, tetapi banyak yang berpendapat bahwa hidangan ini berasal dari Jawa Timur, Indonesia.

Sejak awal kemunculannya, nasi pecel telah mengalami banyak perubahan dan modifikasi. Sebab, beberapa warung makan dan restoran menambahkan berbagai jenis sayur-sayuran dan bumbu untuk membuat hidangan ini lebih enak dan lezat. 

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk mengonsumsinya, sebaiknya ketahui dahulu kalori nasi pecel beserta resepnya agar tetap sehat dan nikmat untuk dikonsumsi.

Berapa kalori nasi pecel?

Jumlah kalori nasi pecel per 100 gram sekitar 230 kalori. Berdasarkan kalori tersebut, berikut kandungan nutrisi yang terkandung di dalam nasi pecel:

  1. Lemak: 9,33 gram
  2. Protein: 6,58 gram
  3. Karbohidrat: 31,74 gram
  4. Serat: 2 gram
  5. Gula: 9,56 gram
  6. Sodium: 8 miligram
  7. Kalium: 202 miligram

Berapa Kalori Pecel Sayur yang Aman Dikonsumsi? Yuk Simak Di sini!

Nasi pecel apakah sehat?

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, nasi pecel terdiri dari nasi dan sayur-sayuran dengan baluran bumbu kacang. Tak heran jika makan nasi pecel memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung sayur-sayuran dan kacang.

Setelah mengetahui kalori nasi pecel, kamu juga perlu memahami beragam manfaat mengonsumsinya. Namun, pastikan kamu tidak makan dengan porsi yang berlebihan. Berikut manfaat makan nasi pecel untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Namun, beberapa studi penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah dapat mencegah penyakit jantung.

Kacang tanah mengandung sejumlah nutrisi yang menyehatkan jantung, seperti magnesium, niasin, tembaga, asam oleat, dan antioksidan, seperti resveratrol. Bumbu kacang pada nasi pecel memiliki manfaat baik untuk tubuh.

Apa Makanan untuk Penderita Jantung yang Aman dan Menyehatkan?

2. Mencegah batu empedu

Manfaat makan nasi pecel lainnya adalah mencegah batu empedu karena kandungan nutrisi dari kacangnya. Hal ini karena kacang memiliki efek untuk menurunkan kolesterol yang dapat mencegah batu empedu.

3. Menurunkan tekanan darah

Sayuran yang berwarna hijau, seperti kangkung dan bayam mengandung potasium dan kalium. Kalium dapat membantu ginjal menyaring natrium dari tubuh dengan lebih efisien sehingga mampu mengurangi tekanan darah.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Nasi pecel mengandung sayuran yang memberikan manfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Sayuran adalah sumber serat yang baik dan baik untuk sistem pencernaan. Makanan dengan kandungan serat  dapat meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh yang meningkatkan energi harian seseorang.

5. Mengontrol diabetes

Selain itu, manfaat makan nasi pecel juga berkaitan dengan diabetes. Sayuran yang terkandung pada nasi pecel memiliki indeks glikemik rendah sehingga gula darah di tubuh tidak akan naik dengan cepat setelah makan. 

Fakta Seputar Nasi Kuning, Benarkah Baik Untuk Diabetes?

6. Mengurangi risiko kanker

Jika ingin makan nasi pecel dengan lebih sehat, kamu dapat mengganti nasi putih biasa dengan nasi cokelat atau nasi merah. Nasi merah mengandung tiga jenis fenolik atau antioksidan alami yang berbeda. Kandungan antioksidan tersebut dapat mengurangi risiko kanker dengan menjaga radikal bebas dari kerusakan sel. 

Resep nasi pecel agar tetap sehat dan nikmat

resep dan kalori nasi pecel

Ternyata nasi pecel memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Kamu bisa makan setiap hari, tetapi dengan memperhatikan hitungan kalori nasi pecel, ya! Selain itu, kamu bisa juga membuat nasi pecel sendiri, lho. Yuk, ikuti resep membuat nasi pecel ini!

Bahan-bahan:

  1. Nasi matang siap santap (bisa nasi merah atau cokelat)
  2. 500 gram kangkung
  3. 400 gram kacang panjang
  4. 200 gram tauge bersih
  5. 250 gram timun
  6. 250 ml air matang
  7. 7 siung bawang putih
  8. 30 gram asam jawa yang dicampur sedikit air panas
  9. 2 helai daun jeruk
  10. 10 gram kencur
  11. 5 gram garam
  12. 50 gram gula jawa
  13. 60 ml kecap manis
  14. 250 gram kacang panggang

Cara membuat nasi pecel:

  1. Cuci semua sayuran dengan air matang dan tiriskan sampai kering.
  2. Simpan dalam kulkas dengan keadaan tertutup.
  3. Buat bumbu kacang dengan mencampur bawang putih, asam jawa, daun jeruk, kencur, garam, gula jawa, dan kacang tanah panggang.
  4. Jika sudah, berikan sedikit kecap manis.
  5. Letakkan nasi putih matang di sebuah piring.
  6. Potong-potong sayuran hijau di atas nasi putih.
  7. Tuangkan saus pecel di atas sayuran.
  8. Nasi pecel siap disajikan.

Kalori Nasi Shirataki Rendah Sangat Cocok Untuk Diet, Benarkah?

Setelah membaca artikel ini, kamu jadi tahu resep dan kalori nasi pecel. Ternyata, cara membuat nasi pecel mudah, ya! Hanya dengan 8 langkah, kamu bisa menyantap nasi pecel, yang memiliki sejuta manfaat  untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba!


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference