makanan untuk penderita jantung

Mengutip dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, setiap tahun lebih dari 36 juta orang meninggal akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) atau sekitar 63% dari seluruh penyebab kematian.

Ada setidaknya lebih dari 9 juta angka kematian disebabkan oleh penyakit tidak menular yang kerap terjadi menginjak usia 60 tahun.

Penyakit kardiovaskular tergolong penyakit tidak menular. Ternyata, memilih makanan yang baik untuk jantung akan membantu mengurangi risiko penyakit mematikan. Oleh karena itu, memilih makanan yang sehat untuk jantung bisa kamu coba segera. Lantas, apa saja makanan untuk penderita jantung? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Rekomendasi 10 makanan yang baik untuk jantung

Mulai dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, hingga jenis makanan tertentu berperan dalam menunjang kesehatan jantung, termasuk membersihkan pembuluh darah dan mencegah plak. Berikut berbagai rekomendasi makanan yang baik untuk jantung, di antaranya:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan pada minyak zaitun baik untuk mengurangi peradangan pada tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Tak hanya itu, kandungan asam oleat di dalamnya juga membantu mencegah dan mengobati hipertensi. Untuk mendapatkan manfaatnya, coba campurkan sedikit minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau mayones di atas pasta, salad, atau sayuran favorit kamu.

2. Delima

Delima mengandung fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan arteri dari kerusakan. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat merangsang produksi oksida nitrat dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Brokoli

Makanan untuk penderita jantung seperti brokoli sendiri memiliki kandungan vitamin K yang melimpah, dan penting untuk pembentukan tulang. Selain itu, dapat menjaga kadar kalsium yang berperan dalam mengatasi kerusakan pada arteri.

Tak hanya itu, brokoli juga kaya akan kandungan serat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol.

4.Salmon

Salmon adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik yang membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Asam lemak omega-3 merupakan lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan irama jantung dan menurunkan tekanan darah.

The American Heart Association sendiri merekomendasikan untuk mengonsumsi dua porsi salmon atau ikan lain yang kaya asam lemak omega-3 setidaknya seminggu sekali.

5+ Makanan Untuk Penderita Pembengkakan Hati

5. Tuna

Albacore atau tuna putih merupakan jenis ikan tuna yang memiliki kandungan omega-3 lebih banyak dibandingkan jenis ikan tuna lainnya. Tuna memiliki harga yang lebih murah dibandingkan salmon, sehingga dapat menjadi pilihan alternatif pengganti salmon. Coba konsumsi ikan tuna dengan cara dipanggang agar lebih sehat.

6. Kacang

Kacang adalah salah satu makanan sehat untuk jantung. Nah, beberapa jenis kacang-kacangan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung antara lain:

  • Kacang almond yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan serat yang baik untuk jantung kamu.
  • Kacang kenari yang merupakan sumber nabati asam lemak omega-3 berupa asam alfa-linolenat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah serta mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Sejenis kacang-kacangan dari Jepang. Edamame mengandung isoflavon, serat dan kaya antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan mendukung kesehatan jantung
  • Kacang polong. Kacang polong (buncis) mengandung pati resisten yang baik untuk usus dan dapat menurunkan kadar LDL, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Apakah apel baik untuk jantung?

Manfaat Cuka Apel untuk Diet

Data nutrisi dari hampir 8.400 orang – termasuk 753 orang yang mengatakan mereka makan apel setiap hari. Tetapi sementara pemakan apel setiap hari tampaknya menggunakan lebih sedikit obat resep.

Bahkan, mereka cenderung tidak pergi ke janji perawatan kesehatan dibandingkan orang lain dalam penelitian ini. Oleh sebab itu, apel menjadi makanan untuk penderita jantung yang bisa jadi pilihan.

Tinjauan Kritis dalam Ilmu Pangan dan Gizi, yang mencakup 16 penelitian yang melibatkan konsumsi apel, menemukan berbagai manfaat. Makan satu buah apel ukuran sedang sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol dan peradangan, para penulis menyimpulkan.

Apel yang tidak dikupas merupakan sumber serat dan senyawa yang baik yang disebut polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Varietas apel populer termasuk Red Delicious, McIntosh, Fuji, Gala, dan Honeycrisp, tetapi lebih dari 100 varietas ditanam secara komersial di negara ini. Simpan apel di lemari es agar tetap segar.

Apel adalah makanan ringan yang praktis dan bergizi, apalagi jika dipadukan dengan selai kacang atau keju rendah lemak. Tapi kamu juga bisa menyelipkan atau mengiris buah segar ini di semua jenis hidangan, termasuk pancake gandum, sandwich, dan salad.

7 Makanan untuk Penderita Muntaber Biar Cepat Sembuh!

Cara simpel bikin jantung sehat

Sebagian besar penyakit jantung dapat dicegah dengan melakukan perubahan gaya hidup dan mengelola faktor risiko. Berikut cara yang bisa segera kamu terapkan untuk membuat jantung kamu lebih sehat.

1. Berhenti merokok

Berhenti merokok memang sulit. Tapi tahukah kamu penting untuk berhenti, dan salah satu alasan terbesar terkait dengan penyakit jantung.

2. Bergeraklah

Jantung kamu adalah otot dan, seperti otot lainnya, olahraga memperkuatnya.

3. Jangan makan berlebihan

Nasihat ini terutama berlaku selama liburan, ketika kematian akibat serangan jantung melonjak berkat banyaknya makanan dan godaan, nasihat ini berlaku sepanjang tahun.

Makan banyak makanan sekaligus menyebabkan:

Pergerakan darah dari jantung ke sistem pencernaan
Irama jantung yang lebih cepat dan tidak teratur, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau gagal jantung

4. Jangan stres

Terdapat 1.400 respons biokimia terhadap stres, dan adanya peningkatan tekanan darah serta detak jantung lebih cepat. Jika stres terjadi, dapat menciptakan lebih banyak stres yang tak kunjung sembuh.

5. Konsumsi coklat

Makanan untuk penderita jantung yang ternyata bisa kamu konsumsi adalah coklat. Pasalnya, memiliki antioksidan yang terbukti meningkatkan kolesterol baik, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan fungsi pembekuan darah.

6. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan lebih dari sekadar diet dan olahraga. Ini adalah perjalanan pribadi yang melibatkan menemukan apa yang kamu sukai dan apa yang cocok untuk kamu, kata Dr. Bavani Nadeswaran .

Penyakit jantung merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian kedua terbanyak setelah stroke. Namun meski begitu, penyakit jantung tetap bisa dicegah melalui pola hidup sehat seperti olahraga teratur dan terjadwal, serta memilih makanan yang baik untuk jantung.

___

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference