Apakah kamu pernah makan nasi shirataki? Nasi ini berasa dari mie shirataki yang dipotonng kecil dan menyerupai nasi dengann kaungan yang hampir aja.

Zat dalam nasi shirataki Bernama glukomanan dimana ini merupakan zat serat alami, dapat larut dalam air dan dikenal dengan nama konjak atau ekstrak akar ubi gajah.

Nasi shirataki dikenal dengan nama zero calorie sehingga efektif digunakan sebagai makanan pokok saat diet. Dari hasil penelitian, nasi shirataki juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Apakah nasi shirataki sebagus itu untuk diet? Yuk coba kulik di sini.

Apa itu nasi shirataki?

nasi shirataki

Nasi shirataki atau amorphophallus konjac berasal dari umbi-umbian yang dikeringkan, digiling lalu dibuat menjadi tepung. Umumnya nasi shirataki berasal dari mie yang dibuat menyerupai beras. 

Tak Cuma kalori nasi shirataki yang rendah, nasi ini juga mengandung serat alami yang dapat melancarkan pencernana dan membantu Kesehatan.

Hampir tidak ada karbohidrat dalam nasi shirataki sehingga nasi ini disebut tidak menyeabkn gula darah menjadi naik. Indeks glikemik pada nasi shirataki juga 0 sehingga aman dikonsumsi.

Namun, karena kadar kalsiumnya yang sangat sedikit, perlu menambahkan beberapa bahan sehat dalam pola makan sehari-hari agar manfaat dari nasi shirataki dapat terpenuhi dengan baik.

Berapa kalori nasi shirataki sehingga jenis nasi ini sangat cocok untuk diet?

Kalori Shirataki Sangat Rendah, Apa Aman untuk Diet?

Kalori nasi shirataki

Nasi shirataki disebut mempunyai berbagai manfaat untuk Kesehatan, kalori nasi shirataki yang rendah juga sangat bagus untuk diet dibandingkan dengan jenis nasi lainnya.

Nasi shirataki terdiri atas 3% serat glukomanan dan 97% air yang tentunya sangat baik untuk Kesehatan.

Menurut Food Data Central Amerika Serikat, kandungan pada nasi shirataki antara lain:

  • 10 kalori
  • 0 gr lemak
  • 0 gr natrium
  • 3 gr karbohidrat
  • 3 gr serat
  • 0 gr gula
  • 0 gr protein

Memang tidak banyak kandungan yang bisa didapat dari nasi shirataki, namun memang benar bahwa kalori nasi shirataki sangat rendah sehingga sering dijadikan pengganti nasi biasanya yang mempunyai 80 gram karbohidrat dalam 100 gram nasi putih. 

Jika memang kebutuhan akan kalorinya rendah, pilihan mengonsumsi nasi shirataki nasi sangat baik.

Di samping itu, jenis nasi shirataki juga dapat digunakan sebagai makanan pokok untuk penderita diabetes karena mempunyai indeks glikemik 0.

Saran lain dalam penyajian nasi shirataki adalah melengkapi jenis nutrisi lainya dari sayuran, buah, lemak protein dan vitamin agar Kesehatan tubuh dapat semakin terjaga.

Baca juga:

Tak hanya untuk menjaga berat badan tetap ideal, nasi shirataki juga mempunyai beragam manfaat untuk Kesehatan, antara lain:

  • Nasi shirataki diketahui dapat menjadi alternatif untuk penderita diabetes karena dapat menurunkan gula darah dan resistensi insulin. Serat glukomanan dapat mencegah glukosa lepas dengan cepat ke pembuluh darah. Kadar gula darah tidak akan melonjak dengan segera usai makan.
  • Peran serat glukomanan dalam nasi shirataki sebagai probiotik yang dapat menjaga keseimbangan bakteri baik pada usus. Sistem pencernaan akan semakin lancar, nutrisi dapat terserap dengan sempurna dan Kesehatan akan tetap terjaga.
  • Serat pada nasi shirataki menghindari sulit buang air besar. Kondisi ini sering terjadi pada saat sembelit yang menyebabkan masalah pada sistem pencernaan.
  • Konjak sebagai umbi penghasil tepung nasi shirataki dapat mengurangi jerawat dan memberikan Kesehatan kulit yang maksimal. Nasi shirataki juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi reaksi alergi.

Dengan manfaat dan jumlah kalori nasi shirataki yang rendah, apakah nasi ini bagus untuk diet?

Apakah nasi shirataki bagus untuk diet

Manfaat beras shirataki

Kalori nasi shirataki yang minim sangat cocok untuk kamu yang sedang diet rendah kalori. Dengan kalori rendah, kemungkinan berat badan akan bertambah sangat sedikit persentasenya.

Kandungan kalori nasi shirataki yang redng ditambah dengan gula rendah sangat efektif untuk diet dan baik untuk penderita penyakit diabetes.

Rasa kenyang dari konsumsi nasi shirataki didapat dari glukomanan sehingga menghindari konsumsi makanan tinggi kalori lain pada waktu makan.

Selain itu, gaya hidup sehat sangat diperlukan karena kandungan gizi pada nasi shirataki tidak begitu banyak.

Ubah pola makan dengan lebih sehat seperti menambahkan jenis vitamin dan protein dari makanan lain.

Selain itu cukupi kebutuhan akan minuman, olahraga dan istirahat agar diet dapat lebih terkontrol dengan hasil yang kamu inginkan.

Selain itu tetap diskusikan dengan dokter jika ingin mengonsumsi nasi shirataki untuk diet agar dapat dipantau kebutuhan kalori dan jenis nutrisi lainnya yang masuk ke dalam tubuh.

Share artikel ini
Reference