face wash kulit berminyak

Face wash kulit berminyak cukup mudah untuk ditemukan, kamu hanya perlu mengecek label “oil control”. Namun kamu juga harus memastikan apakah kandungannya akan cocok dengan kulitmu atau tidak.

Tipe kulit berminyak identik dengan tampilan pori-pori yang besar, kulit mengkilat dan rentan terhadap jerawat. Kebanyakan orang menganggap bahwa jenis kulit ini lebih sulit menua dibandingkan dengan kulit kering yang rentan terhadap kerutan.

Rekomendasi face wash untuk kulit berminyak

Perawatan untuk kulit memerlukan pengetahuan yang cukup untuk menemukan berbagai bahan yang tepat. Berikut adalah rekomendasi kandungan yang cocok pada face wash untuk kulit berminyak:

1. Retinol 

Retinol merupakan bahan yang bagus untuk jenis kulit berminyak. Bahan ini memiliki kemampuan untuk mempercepat pergantian sel kulit mati dengan sel-sel yang baru dan memberikan efek yang baru pada kulit.

2. Niacinamide

Niacinamide disebut juga sebagai vitamin B3 yang merupakan bahan dengan manfaat meredakan dan menenangkan kulit. Bahan ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan mengurangi sifat berminyak secara alami.

3. Salicylic acid

rekomendasi face wash
Rekomendasi face wash

Asam salisilat disebut juga dengan lipofilik yang memiliki arti tertarik pada minyak dan memiliki efektifitas untuk menyedot minyak dan membuka pori-pori yang tersumbat. Bahan ini bagus jika terkandung dalam sabun cuci muka, serum atau toner.

4. Clay 

Clay ini memiliki sifat menarik minyak, sehingga sangat bagus untuk tipe kulit berminyak. Selain itu bahan seperti kaolin, bentonit atau mawar juga memiliki fungsi yang sama. Tetapi, clay yang kamu gunakan sebaiknya memiliki konsistensi yang halus sehingga efektif menyedot sebum.

5. Lemongrass

Lemongrass merupakan bahan yang memiliki sifat untuk mendetoksifikasi kulit dan mengontrol produksi minyak. Karena manfaatnya inilah, serai sangat sering digunakan dalam berbagai jenis produk perawatan kulit.

Tips cuci muka kulit berminyak

Tips cuci muka kulit berminyak
Tips cuci muka kulit berminyak

Mencuci muka merupakan cara untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada wajah. Sehingga sebaiknya kamu menggunakan produk yang bagus dan melakukannya dengan benar supaya kulit tetap terjaga kebersihannya.

  1. Baca label produk

Meski merupakan hal yang sepele, membaca label produk ini penting kamu lakukan, apalagi jika kamu memiliki jenis kulit yang sensitif. Maka sebaiknya gunakan produk dengan label bebas minyak atau non komedogenik. 

  1. Gunakan pembersih wajah ‘gentle’ 

Mencuci wajah secara berkala sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Tetapi jika dilakukan secara berlebihan akan menyebabkan minyak alami pada kulit. Pembersih wajah yang lembut dibuat untuk membuat wajah bersih sekaligus menenangkan.

  1. Gunakan pelembap setelah dicuci

Setelah cuci wajah, biasanya kulit akan menjadi sedikit kering, sehingga kamu perlu menggunakan pelembab wajah. Sehingga pori-pori kulit kembali terhidrasi lagi dan membuat kulit menjadi lembab dan segar.

Ciri kulit berminyak yang sehat

Jika kamu memiliki tanda-tanda kulit berikut, artinya kulit berminyak kamu sehat dan terawat. Berikut ciri-cirinya:

1. Wajah tidak pernah merah

Kulit yang cenderung mudah kemerahan, bisa jadi merupakan tanda Rosacea. Kulit berminyak cenderung lebih mudah kemerahan saat terkena sinar matahari atau iritasi. Kamu bisa mengatasinya dengan ingredients skincare yang tepat.

2. Kulit elastis

Ciri kulit sehat lainnya adalah kulit yang elastis dan tidak kering. Kulit yang elastis ini tidak akan mudah berubah menjadi stretch mark, sehingga kamu hanya perlu mempertahankan elastisitasnya dengan produk perawatan yang tepat.

3. Tidak ada kerutan

Kerutan atau keriput memang tidak dapat dihindari, seiring berjalannya waktu semua orang pasti akan mendapatkannya. Tetapi, kamu bisa memperlambatnya dengan melakukan kebiasaan sehat seperti olahraga dan menggunakan produk anti aging.

4. Bebas dari jerawat

Jerawat akan tumbuh pada kulit dengan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati. Sehingga, mencuci muka sangatlah penting untuk menjaga kebersihan kulit hingga ke pori-pori supaya bebas jerawat

Kulit berminyak memiliki sifat yang rentan terkena debu dan kotoran yang menempel. Sehingga perlu menggunakan face wash yang lembut dan kandungan yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit.

Share artikel ini
Reference