kalori nasi kuning

Kalori nasi kuning terkenal cukup bagus untuk kesehatan tubuh. Nasi kuning bukanlah jenis nasi alami. Meskipun ada banyak cara berbeda untuk menyiapkan nasi kuning. Yuk, cek lebih lengkap fakta di balik nasi kuning.

Berapa kalori dan nutrisi nasi kuning?

Nasi kuning mengandung sejumlah kalori yang cukup banyak. Kalori per porsi nasi kuning bahkan mencapai 156 kalori. Jumlah ini sudah termasuk 83 kalori dari minyak Canola, (0,67 sdm), 72 kalori dari Beras Merah, gandum sedang, (0,33 cangkir), dan 1 kalori dari Bawang Putih, (0,33 siung).

9 Kebutuhan Nutrisi yang Diperlukan oleh Wanita Usia Subur

Lebih jelasnya, kamu bisa lihat daftar kandungan nutrisi nasi kuning berikut ini.

Fakta nutrisi/ Per Porsi:

Kalori 156,5

Total Lemak 9,9 g

Lemak Jenuh 0,8 g

Lemak tak jenuh ganda 3.0 g

Jumlah Karbohidrat 15,5 g

Lemak tak jenuh tunggal 5,7 g

Kalium 54,8 mg

Serat Makanan 1.2 g

Protein 1,6 gram

Kalsium 0,8%

Tembaga 2.8%

Folat 0,7%

Setrika 2.0%

Magnesium 7.1%

Mangan 36,1%

Niasin 4,3%

Asam Pantotenat 2,6%

Fosfor 5,1%

Riboflavin 0,5%

Selenium 0,2%

Tiamin 4,5%

Seng 2,7%

Sangat banyak bukan kandungan dari seporsi nasi kuning? 

Apakah nasi kuning dengan vitamin sama dengan nasi kunyit?

nasi kuning nasi kunyit

Ya, nasi kunyit sama dengan nasi kuning. Nasi kunyit umumnya disiapkan dalam penanak nasi dengan menambahkan sayuran tumis, rempah-rempah, dan minyak kelapa. 

Kamu bisa memasak nasi kuning dengan cara berikut.

  1. Panaskan air hingga mendidih
  2. Cuci bersih beras dan tiriskan, lalu masukkan ke dalam air rebusan
  3. Saat air nasi sudah mendidih, masukkan kunyit.
  4. Aduk nasi beberapa kali agar tidak lengket di dasar panci. 
  5. Setelah sekitar 10 hingga 15 menit, periksa nasi dan remas beberapa butir untuk melihat apakah sudah matang. Jika masih agak keras, lanjutkan merebusnya. Jika licin, maka nasi sudah siap!

Kamu dapat membuat nasi kuning lebih sehat, terutama untuk menurunkan berat badan, dengan membuat beberapa perubahan pada resep di atas. 

Mencampur kacang ke dalam nasi kuning juga dapat meningkatkan jumlah serat, zat besi dan seng. Kamu juga dapat mengurangi kandungan natrium dalam nasi kuning dengan menghilangkan atau mengurangi jumlah garam tambahan dan menggunakan kaldu rendah sodium.

Naproxen Sodium: Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

Apakah nasi kuning baik untuk diabetes?

diabetes kering

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang terkait dengan peradangan dan stres oksidatif. Secara khusus, stres oksidatif kemungkinan memainkan peran dalam resistensi insulin, ciri khas diabetes tipe 2 yang mempengaruhi sekresi insulin dan menyebabkan gula darah yang tidak terkontrol.

Karena efek anti-inflamasi dan antioksidannya, nasi kuning dapat membantu pengelolaan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Nasi kuning juga rendah karbohidrat, jadi menambahkannya ke piring tidak akan membuat kadar gula darahmu rusak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan April 2015 di Indian Journal of Clinical Biochemistry menemukan bahwa, peserta yang mengonsumsi Glucophage (metformin)– obat diabetes yang membantu menurunkan gula darah – dengan kunyit mengalami penurunan gula darah, peradangan, dan tingkat stres oksidatif.

Selain itu, dalam studi Diabetes Care, kurkumin muncul untuk membantu meningkatkan fungsi sel beta, yang menurut penelitian membantu memproduksi hormon insulin. 

Nah, insulin bertanggung jawab untuk mengangkut glukosa ke sel, tetapi pada diabetes tipe 2, sel menjadi tidak sensitif terhadap glukosa, yang menyebabkan gula darah tinggi.

Saat pankreas mengeluarkan lebih banyak insulin untuk mencoba menurunkan kadar gula darah, gula darah tetap tinggi karena resistensi insulin – sampai berkurang dalam memproduksi insulin karena disfungsi sel beta.

Secara tidak langsung nasi kunyit membantu mengontrol insulin dalam tubuh.

Share artikel ini
Reference