kalori nasi merah

Beras merah kaya akan magnesium dan serat, yang keduanya dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa secara teratur makan biji-bijian, seperti beras merah dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang makan paling banyak biji-bijian (beras merah) memiliki risiko 31% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang makan biji-bijian paling sedikit. Jadi berapa banyak kalori nasi merah? Ketahui juga tentang fakta tentang beras merah di bawah ini.

Berapa kalori nasi merah?

makanan diet pengganti nasi untuk menu diabetes

Beras merah adalah salah satu makanan sederhana, tetapi memiliki profil nutrisi yang mewah. Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah memiliki manfaat nutrisi yang lebih banyak.

Meski kandungan kalori dan karbohidrat beras merah sama, beras merah tetap mengungguli beras putih di hampir semua kategori lainnya. Satu cup beras merah mengandung:

Kalori: 218
Karbohidrat: 44 gram
Serat: 3,5 gram
Lemak: 1,8 gram
Protein: 5 gram
Thiamin (B1): 12%
Niasin (B3): 15%
Piridoksin (B6): 14%
Asam pantotenat (B5): 6%
Besi: 5%
Magnesium: 21%
Fosfor: 16%
Seng: 8%
Tembaga: 10%
Mangan: 88%
Selenium: 27%

Fakta seputar nasi merah

Fakta nasi merah

Kalori nasi merah adalah 218 dalam setiap satu cangkir nasi. Selain itu, beras merah merupakan makanan yang sering dikonsumsi ketika seseorang sedang melakukan diet atau pola hidup sehat. Dianggap sebagai gandum utuh, beras merah kurang diproses daripada beras putih, yang kulitnya, dedaknya, dan kumannya dihilangkan.

Beras merah hanya dikeluarkan dari kulitnya (lapisan pelindung yang keras), meninggalkan dedak dan kuman yang kaya nutrisi. Akibatnya, beras merah mempertahankan nutrisi yang tidak dimiliki beras putih seperti vitamin, mineral, dan antioksidan.

Beras merah memiliki rasa seperti kacang, mulai dari warna merah terang hingga merah tua. Kandungan beras merah sendiri 95 persennya mengandung mineral dan serat yang sehat. Bagian dalam berwarna putih merupakan sumber karbohidrat dan protein.

Sebuah studi tahun 2014 di Vietnam menginstruksikan wanita yang baru didiagnosis dengan diabetes tipe 2 untuk makan nasi merah daripada nasi putih selama empat bulan. Para wanita tidak hanya kehilangan berat badan tetapi juga mengalami kontrol gula darah yang lebih baik.

Lebih bagus nasi merah atau nasi putih?

Kalori beras merah yang rendah juga mengandung serat lebih tinggi daripada banyak karbohidrat olahan lainnya dan dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian menemukan bahwa makan nasi merah sebagai pengganti nasi putih membantu mengurangi lemak perut yang berbahaya. Ini mungkin karena nasi merah memiliki indeks glikemik rendah (artinya tidak menaikkan gula darah).

Sebenarnya, baik nasi merah dan nasi putih memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Hal ini bergantung pada kondisi kesehatan kamu.

Misalnya saja, jika kamu ingin mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas, dan beberapa jenis kanker, pilihlah beras yang berasal dari beras utuh, seperti beras merah.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada nasi merah, coklat, dan hitam dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga risiko penyakit metabolik, depresi, dan beberapa jenis kanker akan menurun.

Sebuah penelitian yang melibatkan 197.000 sukarelawan menemukan bahwa mengganti 50 gram nasi putih per hari dengan nasi merah dikaitkan dengan risiko diabetes mellitus tipe 2 yang lebih rendah 16 persen.

Lantas, apakah berarti nasi putih tidak baik untuk kesehatan? Tidak juga, apalagi jika kamu adalah orang yang sehat dan tidak makan nasi secara berlebihan.

Kamu membutuhkan lebih banyak nasi putih daripada nasi merah jika kamu sedang menjalani diet rendah serat. Kondisi yang membutuhkan serat rendah, seperti diare, penyumbatan akibat kanker kolorektal, atau operasi gastrointestinal baru-baru ini. Pasalnya, nasi putih memiliki kandungan serat yang lebih rendah.

Atas dasar itu, pilihlah jenis nasi yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu. Yang terpenting, batasi porsi konsumsinya agar tidak berlebihan. Jangan lupa kombinasikan konsumsi nasi dengan menu kaya sayur dan buah juga!

Kalori nasi merah yang rendah, cocok untuk asupan seimbang dengan menjadikan nasi merah sebagai diet karbohidrat utama adalah langkah yang tepat untuk menjaga berat badan.

Share artikel ini
Reference