Kesehatan mental tak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik. Sebab, gangguan pada kesehatan mental bisa menyebabkan timbulnya gangguan pada kesehatan fisik. Nah, agar lebih memahami pentingnya kesehatan mental, kami akan membahas tentang hari kesehatan mental sedunia dan rekomendasi drama yang berkaitan dengan kesehatan mental.

Selain perlu menjaga kesehatan fisik, kita juga perlu menjaga kesehatan mental. Saking pentingnya, kondisi tersebut juga dijadikan hari kesehatan mental sedunia. Jadi, semua orang bisa lebih memperhatikan kesehatan mentalnya.

Nah, untuk memperingati hari kesehatan mental sedunia, kamu juga bisa menyaksikan drama korea yang memiliki topik seputar kesehatan mental. Bagaimana selengkapnya? Yuk, simak.

Tanggal hari kesehatan mental sedunia

WHO menyatakan bahwa hari kesehatan mental sedunia jatuh pada tanggal 10 Oktober. Hari kesehatan mental sedunia merupakan salah satu kesempatan untuk membahas kesehatan mental secara umum dan bagaimana cara menjaganya. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kesehatan mental.

Saat ini, di Indonesia telah tersedia banyak platform yang memungkinkan masyarakat untuk melakukan konsultasi psikologis secara online. Untuk menghilangkan pandangan negatif tentang gangguan mental, diperlukan edukasi sejak dini mengenai pentingnya kesehatan mental.

Oleh sebab itu, pada tahun 2021, Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan sebuah buku yang membahas tentang hari kesehatan jiwa sedunia. Buku ini menjelaskan bahwa hari kesehatan jiwa sedunia diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian penduduk Indonesia terhadap kesehatan mental. 

Sejarah kesehatan mental

Sepak terjang kesehatan mental hingga memiliki kedudukan yang penting di masyarakat ternyata memiliki perjalanan yang cukup panjang. Begini sejarahnya,

  • Abad ke-5 SM: Penyakit mental dianggap masalah agama. Hippocrates mempelopori pengobatan gangguan kesehatan mental dengan perubahan lingkungan dan pemberian obat.
  • Abad ke-18: Penyakit mental dianggap sebagai penyakit negatif yang dianggap rendah di Amerika Serikat.
  • Tahun 1840: Dix, seorang pakar ilmu humaniora, berhasil membujuk pemerintah AS untuk memberikan bantuan dana ke rumah sakit jiwa. Mulai muncul penelitian tentang kesehatan mental.
  • Tahun 1909: Clifford Beers mendirikan Mental Health America yang bekerja untuk meningkatkan kualitas hidup orang yang mengalami sakit mental di Amerika Serikat melalui penelitian
  • Tahun 1946: Harry Truman mengesahkan Undang-Undang Kesehatan Mental Nasional yang berisi pembentukan Institut Kesehatan Mental Nasional
  • Tahun 1979: Aliansi Nasional untuk Penyakit Mental didirikan untuk emberikan dukungan dan pendidikan bagi orang-orang yang mengalami penyakit mental.

18 Rekomendasi drama kesehatan mental

Untuk memahami isu terkait kesehatan mental, sebenarnya kamu tidak hanya bisa memperolehnya dari membaca buku saja, namun juga bisa dari menonton drama. Dari menonton drama, penonton bisa mengetahui isu kesehatan mental secara umum dari karakter yang ada di dalam drama tersebut. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi drama kesehatan mental yang bisa kamu tonton.

1. It’s okay to not be okay

hari kesehatan mental sedunia
drama its okay to be not okay

 

Salah satu drama kesehatan mental yang cukup terkenal yaitu it’s okay to not be okay. Drama ini pertama kali disiarkan pada tahun 2020. Karakter utama drama ini adalah Seo Ye Ji, Kim Soo Hyun, dan Oh Jung Se. Drama ini mengambil latar tempat di sebuah kota kecil. Di kota tersebut, banyak orang yang mengidap gangguan kesehatan mental. 

Ceritanya berawal dari Moon Gang Tae yang berprofesi sebagai perawat diperankan oleh Kim Soo Hyun. Moon Sae Tae, kakak dari Moon Gang Tae, yang diperankan oleh Oh Jung Se ternyata mengalami sindrom autisme. Moon Gang Tae merasa kesulitan dan tertekan karena harus merawat kakaknya. Selain itu, di dalam drama ini terdapat karakter lain juga yang bernama Go Moon Young yang diperankan oleh Seo Ye Ji. Go Moon Young yang merupakan seorang penulis dongeng mengalami gangguan antisosial.

2. Move to heaven

drama korea move to heaven
drama korea move to heaven

 

Move to heaven menceritakan tentang seorang karakter yang cerdas dan analitis bernama Han Geu Reu. Tokoh ini diperankan oleh Tang Joon Sang. Di dalam drama ini, Han Geu Reu mengidap sindrom asperger yang membuatnya kesulitan untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Meskipun begitu, ia dikelilingi oleh orang-orang yang menyayanginya, yaitu Han Jeong U, Yoon Na Mu, dan Cho Sang Gu.

3. Sky castle

Drama tentang kesehatan mental lainnya adalah sku castle. Mendorong anak terlalu keras untuk belajar dan mengejar kesempatan untuk masuk ke universitas bergengsi bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental anak. Hal inilah yang dibahas di dalam drama ini. 

Drama ini membahas tentang para orang tua yang berlomba-lomba untuk mendukung anak mereka masuk ke universitas terkemuka. Mereka melakukannya dengan menyewa tutor bernama Kim Joo Young untuk mengajar anak mereka. Kim Joo Young sendiri memiliki anak yang cerdas.

Namun, sayangnya anak tersebut mengidap gangguan mental. Selain anak Kim Joo Young, Kang Ye Seo juga mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan teman-temannya. Begitu pun adiknya yang bernama Kang Ye Bin ternyata juga mengalami kleptomania.

4. Mad for each other

mad of each other
mad of each other

Sama seperti judul drama ini, karakter-karakter di dalamnya cenderung meluapkan emosi mereka saat bertemu satu sama lain. Kedua tokoh bernama Lee Min Kyung dan No Whi Oh mengalami gangguan kejiwaan karena trauma akibat peristiwa di masa lalu. Lee Min Kyung dan No Whi Oh mengalami gangguan pasca trauma.

5. Find me in your memory

Drama ini menceritakan tentang seorang pembaca berita bernama Lee Jung Hoon yang mengidap hyperthymesia. Karena mengalami kondisi tersebut, ia mengingat hampir semua pengalaman yang pernah ia alami. Untuk menangani kondisinya, ia memeriksakan dirinya kepada temannya yang bekerja sebagai neuropsikiatri bernama Yoo Tae Eun.

6. Kill me, heal me

drama korea hari kesehatan mental sedunia kill me heal me
drama korea kill me heal me

Drama Korea ini mengisahkan tentang seorang pengusaha yang memiliki kepribadian ganda atau DID. Kepribadiannya bisa berubah tergantung dengan situasi yang sedang dialaminya. Ia mengalami DID karena mengalami kekerasan pada masa kecilnya. Di dalamnya, terdapat sisi romantis dan lucu yang terjadi di antara ketiga karakter utamanya, yaitu Oh Ri On, Cha Do Hyun, dan psikiater Oh Ri Jin.

7. Cheese in the trap

Kim Go Eun dan Park Hae Jin memainkan peran utama dalam drama ini. Drama ini membahas isu tentang kesehatan mental. Di dalam drama ini, diceritakan bahwa Yoo Jung yang diperankan oleh Kim Go Eun memiliki trust issue, sehingga dia tidak mudah percaya kepada orang lain dan cenderung bersikap manipulatif. Dia menganggap setiap orang yang ingin dekat dengannya memiliki motif untuk memanfaatkannya.

8. You are my spring

you are my spring
drama korea you are my spring

 

Walaupun tergolong sebagai drama yang underrated, namun drama yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Drama yang dirilis tahun 2021 ini menceritakan tentang hubungan antara tiga karakter utama. Mereka bisa terhubung karena adanya trauma di masa kecil. Akibat menjalani hubungan yang toksik, Kang Da Jeong yang diperankan oleh Seo Hyun Jin mengalami trauma. Sehingga, ia dibantu oleh seorang psikiater bernama Joo Yeong Do untuk mengatasi traumanya.

9. Good doctor

drama korea good doctor
drama korea good doctor

 

Good Doctor bercerita tentang seorang sarjana yang autis bernama Park Si-On dan diperankan oleh Joo Won. Ia bekerja di sebuah rumah sakit sebagai residen bedah anak, namun ia kesulitan untuk membuktikan kemampuannya kepada koleganya karena autisme yang dialaminya. Namun, dalam waktu enam bulan, akhirnya Park Si-On berhasil untuk membuktikan kemampuannya sebagai seorang dokter.

10. Heart to heart

Drama heart to heart menceritakan tentang Cha Hong Do yang mengalami fobia sosial dan mempunyai masalah dengan wajahnya yang memerah. Namun, rasa ingin tahunya sangat kuat sehingga ia sering belajar dari internet dan buku. Sayangnya, suatu hari neneknya meninggal dunia. Kemudian, dia bekerja sebagai pembantu rumah tangga namun menyamar sebagai wanita tua. 

Dalam sebuah insiden, Cha Hong Do bertemu dengan Ko Yi Seok, seorang psikiater yang mengidap inferiority complex. Maka dari itu, walaupun sosoknya cukup terkenal, dia sering merasa rendah. Hal ini diakibatkan oleh trauma yang ia alami ketika remaja. Perasaan rendah diri ini juga membuatnya kesulitan untuk menjalin hubungan romantis dengan orang lain. Tetapi, pertemuannya dengan Cha Hong Do membuat mereka saling terbuka dan menjadi pendengar yang baik bagi satu sama lain.

11. Hyde, jekyll, me

drama peringati hari kesehatan mental sedunia
drama korea hyde jekyll me

 

Drama Korea ini mengisahkan tentang seseorang yang mengidap gangguan kepribadian. Dari satu tubuh, ada lebih dari satu kepribadian, yaitu Goo Seo Jin dan Robin. Kedua karakter ini memiliki kepribadian yang berbeda meskipun keduanya berasal dari satu tubuh. Ia merupakan seorang konglomerat yang mempunyai bisnis taman hiburan Wonderland. Ia akan menjadi CEO Wonder Group berikutnya.

Goo Seo Jin akan berubah menjadi kepribadian lain ketika detak jantungnya melebihi 150. Ia yang sebelumnya bersikap kejam, dingin, dan sinis akan berubah menjadi karakter Robin yang berkepribadian lembut, baik hati, dan senang menolong. Hidupnya berubah ketika ia bertemu dengan Jang Ha Na. Dari awal pertemuan, detak jantungnya selalu meningkat sehingga membuatnya berubah menjadi pria baik hati yang sering menolong Jang Ha Na.

12. Dr. frost

Drama tentang kesehatan mental selanjutnya adalah Dr frost. Drama ini menceritakan tentang Baek Nam Bong yang memiliki dua profesi sekaligus. Pada siang hari, ia akan berprofesi sebagai profesor psikologi, sedangkan pada malam hari ia menjadi bartender. Baek Nam Bong mendapat julukan Dr frost karena rambutnya memutih sebelum waktunya. 

Saat masih kecil, ia mengalami cedera pada lobus frontal sehingga membuatnya memiliki daya nalar yang jenius. Sayangnya, cedera ini membuat dia tidak mampu merasakan kesedihan, cinta, dan empati. Ia mengalami kesulitan untuk memberikan respons yang emosional. Namun, karena kemampuan deduktifnya sangat baik, ia menjadi rekan dari detektif Nam Tae Bong untuk menyelesaikan kasus.

13. Gangnam beauty

Drama ini bercerita tentang Kang Mi Rae yang mempunyai kepribadian pemalu karena orang-orang di sekitarnya menganggap penampilannya jelek. Karena penampilannya, ia sering diejek dan diintimidasi di sekolah. Hal ini mengakibatkan trauma bagi Kang Mirae. Maka dari itu, ia melakukan operasi plastik dan menjadi cantik.

Meskipun penampilannya sudah cantik, Kang Mi Rae tetap menjadi pribadi yang pemalu. Di universitas, ia bertemu dengan Do Kyung Seok. Do Kyung Seok tidak pernah menilai orang dari penampilannya. Ia menyukai Kang Mi Rae apa adanya.

14. Chocolate

Lee Kang merupakan seorang ahli bedah saraf yang menjadi peran utama dalam drama Chocolate ini. Sebenarnya, ia memiliki cita-cita sebagai koki. Meskipun kebanyakan orang mengenalnya sebagai pribadi yang dingin, sebenarnya ia memiliki kepribadian yang hangat. 

Suatu hari, ia bertemu dengan Moon Cha Young. Karakter Moon Cha Young mengingatkan Lee Kang dengan seseorang yang ia temui saat kecil. Sebenarnya, ia pernah bertemu dengan Cha Young di sebuah restoran dan memberinya sebuah masakan. Kejadian inilah yang membuatnya ingin menjadi seorang koki.

15. My mister

Karakter utama dalam drama ini adalah Lee Jian dan Park Dong Hoon. Lee Jian adalah seorang wanita muda yang miskin dan terlilit utang serta harus merawat neneknya yang sedang sakit. Semua yang dialaminya membuat ia harus berjuang mengatasi depresi. 

Akhirnya, Lee Jian melakukan pekerjaan paruh waktu. Setelah itu, ia bertemu dengan seorang atasan bernama Park Dong Hoon. Park Dong Hoon dikenal sebagai orang yang terlalu baik sehingga sering dibohongi oleh pegawainya sendiri. Park Dong Hoon dan Lee Jian saling mendukung satu sama lain.

16. Beautiful love, wonderful life

Drama ini menceritakan tentang empat orang yang terus mencari kebahagiaan. Empat orang tersebut adalah Kim Cheong, Do Jin Woo, Moon Tae Rang, dan Moon Hae Rang. Kim Cheong Ah pernah berprofesi sebagai penyiar yang ambisius. Ia menikah dengan Do Jin Woo yang merupakan CEO sebuah perusahaan. 

Moon Tae Rang bekerja sebagai seorang koki. Ia merupakan anak tertua dan memiliki adik perempuan yang bernama Moon Tae Rang. Moon Tae Rang berprofesi sebagai sekretaris Do Jin Woo. Mereka sering mengalami masalah yang membuat mereka pusing. Bahkan, Kim Cheong sebenarnya pernah menderita depresi saat masa sekolahnya. Karena bertemu dengan Goo Joon Hwi, akhirnya ia bisa berdamai dengan masa lalunya.

17. Soul mechanic

drama korea untuk hari kesehatan mental sedunia
Drama korea Soul Mechanic

 

Drama berikutnya yang membahas tentang kesehatan mental yaitu Soul Mechanic. Drama ini menceritakan tentang tim psikiater yang merawat pasien yang sakit. Lee Shi Joon yang bekerja sebagai psikiater berusaha untuk membantu pasiennya sembuh dari luka emosi. Kemudian, suatu hari ia bertemu dengan seorang pasien yang bernama Han Woo Joo. Han Woo Joo merupakan bintang musik yang terkenal namun sulit untuk mengatur emosinya, terutama saat marah.

18. Forest

Drama ini menceritakan kisah dari Kang San Hyeok, seorang anggota dari tim penyelamat khusus yang cerdas dan tampan. Namun, Kang San Hyeok tidak ingat dengan masa kecilnya. Ia bertemu dengan Jun Young Jae di sebuah hutan. Akhirnya, mereka hidup bersama di hutan itu dan menemukan rahasia tentang diri mereka.

Itulah rekomendasi beberapa drama yang membahas tentang kesehatan mental. Semoga peringatan hari kesehatan mental sedunia dan beberapa rekomendasi drama ini bisa mengingatkan kamu tentang pentingnya menjaga kesehatan mental.

 

Share artikel ini
Reference