manfaat child pose yoga adalah

Child pose yoga merupakan salah satu gerakan yang penting dalam yoga. Bagi para penggemar yoga, pose ini mempunyai sejuta manfaat baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Postur beristirahat sejenak dalam yoga ini menjadi persiapan untuk berbagai gerakan bermanfaat lainnya dalam yoga. Ketahui apa saja manfaat dari child pose yoga dalam ulasan ini, yuk!

Kenali child pose yoga

Child pose yoga adalah postur istirahat saat melakukan yoga. Pose ini sering dianggap sebagai balasana yang bermanfaat untuk meregangkan semua bagian tubuh dengan gerakan yang sangat lembut.

Pada saat melakukan gerakan yoga ini, kamu akan sejenak berhenti, menikmati posisi, menilai posisi saat yoga dan kembali menghubungkan napas untuk kemudian bersiap melakukan berbagai posisi yoga selanjutnya.

Gerakan yoga yang dilakukan pada saat kelas yoga merupakan saat dimana kamu bisa beristirahat dari gerakan yoga vinyasa yang umumnya bertempo cepat dan gerakan istirahat setelah melakukan pose yoga dalam waktu lama.

Kamu akan menikmati bagaimana aliran darah dalam tubuh kamu saat melakukan postur ini. Bagaimana caranya?

Baca juga: 5+ Manfaat Hatha Yoga bagi Kesehatan Wanita

Cara melakukan child pose yoga

cara melakukan child pose yoga

Ada langkah tertentu saat kamu ingin melakukan child pose yoga. Postur ini sangat mudah dan bisa kamu praktikkan pada saat kelas yoga dengan cara:

  • Ambil posisi berlutut di atas matras yoga.
  • Kemudian sentuh jempol kaki dan duduklah di tumit, setelah itu buka lutut sampai selebar pinggul.
  • Sembari melakukan buang napas, kamu bisa menurunkan batang tubuh yang berada diantara paha. Lebarkan bagian belakang pinggul, rapatkan pinggul ke arah pusar sehingga gerakan ini akan menempatkan pusat ke paha bagian dalam.
  • Tarik bagian tulang ekor untuk dapat menjauh dari bagian belakang panggul bersamaan ketika kamu mengangkat pangkal tengkorak bagian belakang leher.
  • Kemudian letakkan tangan di lantai dan di samping tubuh, telapak tangan menghadap ke atas, lepaskan bahu ke lantai.
  • Rasakan ketika bahu depan menarik tulang belikat sehingga menjadikan pun melebar di punggung.
  • Tahan posisi ini 30 detik hingga 3 menit.
  • Jika ingin bangun, regangkan tubuh bagian depan. Tarik napas dan angkat tubuh mulai dari tulang ekor menekan ke bawah hingga seluruh tubuh naik ke atas.
  • Variasi dalam melakukan child pose yoga adalah tangan dapat ke bawah, samping kaki dan telapak tangan menghadap ke atas.
  • Posisi child pose yoga juga dapat dilakukan dengan posisi lutut rapat dan jari ditekan ke bawah. Rasakan posisi child pose yoga yang paling nyaman menurut kamu.

Jika melakukan gerakan yoga ini dengan benar, ada banyak manfaatnya untuk tubuh kamu lho, apa saja manfaatnya?

Baca juga: Manfaat Yoga untuk Wanita dan Rekomendasi Gerakan Yoga untuk Pemula

Manfaat child pose yoga bagi tubuh kamu

Child pose yoga mempunyai sejumlah manfaat yang dapat kamu rasakan, antara lain:

1. Melepaskan tekanan punggung bawah

Tekanan pada punggung bawah akan dapat dikendurkans sehingga lebih rileks dan membantu pelepasan tekanan punggung bawah. Badan akan menjadi lebih segar dan santai setelah melakukan gerakan ini.

Baca juga: 8 Penyebab Sakit Punggung bagian Tengah pada Wanita

2. Meregangkan tulang belakang

Posisi child pose yoga memberikan kesempatan tulang belakang untuk melakukan peregangan sehingga tekanan menjadi berkurang. Tulang belakang akan menjadi lebih santai dan tidak tegang.

3. Memperkuat lutut

obat pengapuran sendi

Postur ini sangat baik guna meregangkan lutut dan semakin memperkuatnya. Peregangan otot di sekitar lutut dapat mengurangi tekanan sendi lutut dan menghindari penyakit sendi.

4. Menyehatkan pencernaan

Posisi ini memungkinkan perut untuk berada di antara kedua paha sehingga secara tidak langsung akan memberi pijatan yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Posisi lutut yang rapat bisa coba kamu lakukan jika sedang terjadi masalah pencernaan.

5. Pijat organ dalam

Gerakan yoga ini dapat membantu memijat dan mengaktifkan organ dalam seperti kantong empedu, pancreas, ginjal dan organ dalam lainnya.

Pijatan akan merangsang organ agar dapat berfungsi lebih baik. Latihan pernapasan juga akan membuat perut mengembang sehingga menciptakan pijatan lembut antara lutut dan perut.

6. Melancarkan peredaran darah

Manfaat melakukan posisi child pose yoga juga dapat membantu melancarkan peredaran darah menuju otak, tulang belakang dan organ lainnya.

7. Melepaskan kepenatan

Pose ini dapat membantu melepaskan kepenatan, melancarkan pernapasan dan lebih fokus kepada diri sendiri. Gerakan dalam yoga umumnya bersifat menenangkan dan child pose yoga menjadi salah satu titik penting untuk memberi kenyamanan pada diri sendiri.

8. Meningkatkan energi

Gerakan ini juga dapat memberikan kembali energi yang hilang dan mendorong energi baik secara fisik dan mental untuk kembali terisi. Posisi ini sangat baik untuk mengembalikan semangat dan dorongan gairah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

9. Membuka pinggul

Tidakan saat melebarkan lutut akan memunhkinkan pembukaan kuar pada otot punggung. Hal ini dapat membantu mempersiapkan gerakan yang membutuhkan pinggul terbuka sehingga tidak kaku dan sakit jika digerakkan dengan tiba-tiba. Posisi ini juga dapat meredakan nyeri pinggul dan masalah pada pinggul lainnya.

10. Perengangan kaki, bahu dan paha depan

Gerakan child pose dalam yoga akan membantu kaki, bahu dan paha menjadi lebih rileks dan tidak kaku sehingga mencegah terjadinya cedera pada saat melakukan yoga. Gerakan ini akan memberikan pelepasan ketegangan yang baik untuk ketiga area tubuh ini.

11. Menenangkan pikiran

Tidak hanya secara fisik, manfaat child pose yoga juga memungkinan mental lebih siap dan tenang. Posisi ini dapat memberikan ketenangan pada diri sendiri sehingga menciptakan ketenangan batin dan pikiran kamu.

Manfaat balasana child pose yoga ini tidak perlu kamu tunggu hingga saat bertemu dengan kelas yoga selanjutnya, ya. Kamu dapat melakukan pose ini di rumah dan kapan saja sehingga kesehatan fisik dan mental kamu akan selalu terjaga.

Share artikel ini
Reference