Siapa yang tidak suka madu? Salah satu bahan herbal ini sejak dulu kerap dimanfaatkan sebagai obat kesehatan dengan rasa manis yang nikmat menyenangkan.

Madu memiliki banyak khasiat, khususnya untuk kesehatan seperti meredakan gejala batuk, menjaga imunitas, menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan ragam khasiat lainnya.

Rasa manis yang terdapat pada madu memang dapat menjadi campuran berbagai makanan seperti salad, oatmeal, berbagai jenis roti dan buah serta makanan lainnya.

Untuk itu perlu diketahui berapa kalori madu agar konsumsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yuk simak informasi gizi dan kalori madu sehingga dapat bermanfaat untuk kesehatan kamu.

Informasi gizi madu

madu penyubur kandungan

Madu diketahui mempunyai beragam manfaat karena kandungan dalam bahan ini sangat tinggi dan lengkap.

Madu kerap dijadikan sebagai pengganti gula karena rasanya yang sangat manis namun lebih sehat, terutama karena indeks glikemik pada madu rendah sehingga cocok untuk penderita gula darah tinggi seperti diabetes.

Nutrisi dan kalori madu menurut U.S Department Of Agriculture sebanyak 21 gram madu, yaitu:

  • 64 kalori
  • 0 gr lemak
  • 0 mg sodium
  • 17 gr karbohidrat
  • 0 gr serat
  • 17 gr gula
  • 0,1 gr protein
  • 10,9 mg potassium
  • 0,1 mg zat besi
  • 1,3 mg kalsium

Kalori madu didapat dari karbohidrat dan gula yang terdapat di dalamnya. Tidak heran jika madu menjadi salah satu bahan yang sangat bermanfaat karena kandungan dan nutrisi pada madu sangat tinggi.

Kelengkapan nutrisi pada madu menjadikan madu menjadi alternatif makanan sehat tanpa efek samping.

Dengan berbagai macam jenis madu, apakah semuanya memiliki besar kalori madu yang sama?

Berapa kalori madu?

Manfaat madu untuk ibu hamil

Kalori memang kerap ditakuti apalagi saat diet kalori. Madu dengan rasa yang manis dan lezat terkadang menjadikan kamu lupa diri sudah berapa banyak mengonsumsi cairan manis ini bukan? 

Menurut Fat Secret, berikut kalori madu yang perlu kamu ketahui:

  • Madu. Dalam 1 sdm madu asli terdapat 64 kalori, 0 gr lemak, 17,3 gr karbohidrat dan 0,06 gr protein
  • Madu semanggi. Dalam 1 sdm madu semanggi mempunyai 60 kalori, 0 gr lemak, 16,23 gr karbohidrat dan 0,06 protein.
  • Madu manuka. Dalam 20 gram madu manuka terdapat 70 kalori, 16 gr karbohidrat, 16 gr gula.

Kalori madu termasuk masih aman untuk dikonsumsi setiap hari namun dibatasi jumlahnya karena gulanya masih termasuk tinggi.

Konsumsi madu secukupnya untuk dijadikan penyedap makanan atau minuman dan menghindari gula yang kurang sehat.

Apa saja manfaat dari madu?

Manfaat madu untuk kesehatan

manfaat madu untuk wajah

Madu yang kerap dijadikan alternatif untuk pemanis alami baik untuk makanan atau minuman memang diketahui lebih sehat.

Khususnya bagi pasien diabetes yang harus menghindari gula. Manfaat dari madu untuk kesehatan juga terbilang beragam, seperti:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mempunyai antijamur dan antibakteri, kalori madu sering dimanfaatkan untuk meningkatkan sel imun dan kekebalan tubuh.

Dengan konsumsi madu secara rutin, kekebalan tubuh akan meningkat dan dapat menjadi pelindung alami sehingga tidak mudah terserang penyakit.

2. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel serta jaringan tubuh yang membuat sejumlah penyakit sangat mudah menyerang.

Konsumsi madu rutin karena bahan tradisional alami ini memiliki nutrisi, vitamin dan senyawa fitonutrien yang dapat membantu oksidasi alami bagi senyawa radikal bebas.

3. Mempercepat penyembuhan

Salah satu jenis madu yang sangat bermanfaat yaitu madu manuka. Jenis madu ini sangat berkhasiat dalam menyembuhkan luka.

Madu dapat menyingkirkan jaringan yang sudah mati, membunuh bateri, dan membentuk jaringan kulit baru dengan cepat.

Jenis luka yang dapat disembuhkan yaitu seperti luka akibat diabetes, lecet, luka bakar dan jenis luka kulit lainnya. Perhatikan pemakaian madu pada kulit agar manfaat bisa tepat dalam menyembuhkan.

4. Meredakan gejala batuk

Gejala batuk seperti radang dapat diredakan dengan rutin mengonsumsi madu secara teratur. Kalori madu dapat memicu air liur diproduksi lebih banyak sehingga tenggorokan dapat terbebas dari kekeringan dan memicu keinginan gatal dan batuk.

Madu sering dijadikan obat batuk alami baik untuk anak-anak hingga orang dewasa yang ampuh meredakan.

5. Menjaga sistem pencernaan

Pertumbuhan bakteri baik pada usus dapat membantu pencernaan menjadi tetap sehat dan lancar. Madu berkhasiat dalam menjaga sistem pencernaan sehingga terbebas dari gangguan seperti sakit perut, diare hingga sembelit.

6. Menjaga kesehatan organ vital

Banyak organ vital yang dapat mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit jantung akibat tekanan darah terlalu tinggi, gangguan lemak dalam darah hingga kolesterol jahat. 

Madu diketahui mempunyai senyawa fitonutrien yang dapat menjaga kesehatan janutng dengan melancarkan aliran darah.

Aliran darah yang lancar mencegah aterosklerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah arteri akibat plak pada pembluruh darah) terbentuk.

Kandungan dan nutrisi madu sangat tinggi manfaat bukan? Konsumsi dengan dosis rutin namun wajar agar kalori madu yang masuk kedalam tubuh tetap terjaga dan kesehatan semakin prima.

Share artikel ini
Reference