Munculnya jerawat berkaitan dengan aktivitas hormon. Tapi banyak orang yang mengaitkan jerawat dengan percintaan, sampai timbul pertanyaan apa arti jerawat di dagu dalam percintaan.

Memiliki jerawat bisa menjadi kondisi yang sangat mengganggu bagi seseorang. Jerawat dapat menyerang siapa saja dari segala usia. Nah, jerawat ini umumnya disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat di kulit. 

Salah satu area wajah yang sering timbul masalah jerawat adalah area dagu. Meskipun secara medis dikatakan bahwa munculnya jerawat berkaitan dengan aktivitas hormon.

Tapi banyak orang yang mengaitkan jerawat dengan percintaan, sampai timbul pertanyaan apa arti jerawat di dagu dalam percintaan.

Nah, alih-alih mengaitkan sesuatu yang belum terbukti secara ilmiah, yuk kita bahas apa saja penyebab jerawat di dagu menurut studi kesehatan!

Penyebab jerawat di dagu

pil KB untuk jerawat
pil KB untuk jerawat

Banyak orang mengatakan bahwa ketika seseorang menjalin hubungan percintaan, jerawat di dagu bisa muncul. Padahal ini belum pernah terbukti secara ilmiah. Jadi, apa saja sih sebenarnya penyebab munculnya jerawat di dagu? Yuk, simak beberapa di antaranya!

Kulit wajah kotor

Penyebab utama munculnya jerawat di dagu adalah kotoran pada kulit wajah. Jika kebersihan kulit wajah tidak terjaga dengan baik, minyak dan kotoran yang tertinggal di wajah dapat menyumbat pori-pori. Kondisi ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat di area wajah, termasuk dagu.

Perubahan hormon

Perubahan hormon juga bisa menyebabkan jerawat di dagu. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon androgenik, seperti saat pubertas dan menstruasi.

Akibatnya, kelenjar sebaceous menghasilkan minyak ekstra. Ini menyumbat pori-pori kulit di wajah dan menyebabkan jerawat, seperti daerah dahi, hidung, dan dagu.

Baca juga: Ciri-Ciri Jerawat Hormon dan Cara Mengatasinya!

Ingrown hair

Penyebab lain dari jerawat dagu adalah rambut yang tumbuh ke dalam atau ingrown hair. Bagi pria, kebiasaan mencukur yang sering tidak tepat dapat meningkatkan risiko tumbuhnya rambut dagu ke dalam kulit. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan akhirnya menimbulkan jerawat. 

Stres 

Stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan jerawat di dagu. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa stres dapat memperburuk jerawat yang ada.

Oleh karena itu, cobalah teknik relaksasi sederhana untuk mengurangi stres dan istirahat yang cukup untuk mencegah munculnya jerawat di dagu.

Baca juga: 6 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Berbagai macam arti jerawat

jenis jerawat

Di sini, kita tidak akan membahas berbagai macam arti jerawat dalam percintaan, melainkan arti jerawat berdasarkan letaknya dan kaitannya dengan kesehatan.

Jerawat di jidat

Umumnya, letak jerawat di dahi menandakan adanya masalah pencernaan. Salah satunya adalah sembelit. Keringat dan kotoran pada rambut juga bisa menyebabkan hal ini.

Jerawat di pipi

Munculnya jerawat di pipi erat kaitannya dengan kesehatan paru-paru dan sistem pernapasan, seperti adanya udara kotor, debu, dan polusi. Jika berada di tempat berdebu, selalu usahakan memakai masker. Jangan lupa juga mencuci muka sebelum tidur.

Jerawat di area rahang

Jika jerawat muncul di area rahang, ini bisa menandakan bahwa kamu terlalu banyak memakan makanan yang berlemak. Selain itu, makanan manis juga bisa menjadi penyebabnya.

Jerawat di hidung

Munculnya jerawat di sekitar hidung biasanya berhubungan dengan kesehatan jantung. Ini bisa menandakan adanya tekanan darah yang terlalu tinggi. Kalau kamu memang ada riwayat keluar dengan gangguan kesehatan jantung, silakan konsultasi ke dokter ya.

Jerawat di punggung

Jerawat di punggung disebabkan oleh kelebihan sebum di punggung. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan pakaian dan tempat tidur agar tidak menimbulkan jerawat punggung.

Intinya, sekarang kamu sudah tahu bahwa arti jerawat di dagu tidak ada kaitannya dengan percintaan karena hal ini belum terbukti secara ilmiah. Jerawat yang timbul cenderung disebabkan karena aktivitas hormon di tubuhmu.

Share artikel ini
Reference