kalori jagung rebus

Siapa di sini yang suka mengonsumsi jagung rebus? Mungkin kamu salah satunya. Meskipun jagung memang mengandung karbohidrat, namun jagung rebus cukup aman bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Hal ini dikarenakan kalori jagung rebus 1 buah yang cukup rendah. 

Kalori jagung rebus

Pada setiap 100 gram jagung rebus, hanya terdapat 96 kalori. Jagung rebus juga rendah gula, yakni hanya sekitar 1-3% dari berat keringnya.

Namun, kandungan gula ini bervariasi tergantung varietasnya. Kadar gula tertinggi pada jagung adalah 18% dari berat kering. 

Sebagai salah satu sumber karbohidrat sehat, yuk kenali apa saja manfaat konsumsi jagung rebus yang perlu kamu ketahui!

Baca juga:

Manfaat konsumsi jagung rebus

jagung
jagung

Nutrisi dalam jagung yang direbus membuat makanan ini cocok untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat konsumsi jagung rebus yang bisa kamu dapatkan, seperti:

Menjaga kesehatan jantung

Jagung rebus diketahui bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Makanan ini tinggi serat dan dapat menurunkan kolesterol.

Tak hanya itu, jagung juga mengandung potasium yang membantu menjaga tekanan darah. Di sisi lain, magnesium yang ditemukan dalam jagung dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung iskemik.

Mencegah kanker

Jagung rebus juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik, yang sangat penting dalam mencegah paparan radikal bebas.

Paparan radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker. Selain itu, makanan ini juga mengandung fitokimia, yang juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Menjaga kesehatan mata

Kalori jagung rebus mengandung vitamin A, yang membantu menjaga kesehatan mata melalui senyawa lutein dan zeaxanthin.

Kedua senyawa tersebut membantu mencegah degenerasi makula, yang umumnya menyerang orang tua. Tidak hanya itu, jagung rebus kaya akan vitamin C, vitamin E, tembaga, dan seng yang membantu menjaga kesehatan mata.

Mencegah kanker usus 

masalah pencernaan

Jagung merupakan sumber serat pangan yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Bakteri ini dapat menghasilkan asam lemak rantai pendek yang membantu mencegah kanker usus besar.

Menjaga berat badan ideal

Berat badan ideal adalah dambaan setiap orang. Salah satu cara menjaga berat badan tetap ideal adalah dengan mengatur asupan makanan. Jagung dikenal sebagai salah satu makanan paling sehat.

Baca juga: Berapa Kalori Kentang Rebus? Apakah Cocok untuk Diet?

Meminimalisir risiko diabetes tipe 2

kadar gula darah normal

Jagung merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Manfaat ini datang dari konsumsi jagung ungu.

Varietas jagung ini dikenal kaya akan antosianin, yaitu senyawa yang telah terbukti meningkatkan regulasi insulin dan glukosa sehingga diabetes tipe 2 dapat dicegah.

Baca juga: 18 Menu Makanan dan Minuman Sebagai Menu Diabetes Terbaik

Membantu menjaga kesehatan kulit

Jika kamu ingin terlihat lebih muda, cobalah mengonsumsi jagung rebus. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat mencegah proses penuaan pada kulit.

Mineral dan vitamin dalam jagung juga membantu membuat kulitmu terlihat lebih cerah dan bercahaya. 

Jadi, setelah tahu bahwa kalori jagung rebus ternyata cenderung kecil dan makanan ini memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, apakah kamu akan mengonsumsinya secara rutin?

Share artikel ini
Reference