bentuk tubuh jam pasir

Tubuh punya banyak jenis ukuran dan bentuk, seperti persegi panjang, oval, hingga bentuk jam pasir. Itulah yang membuat masing-masing orang tampak unik. Masing-masing tubuh indah dengan caranya sendiri. Ada yang punya ukuran pinggul yang kecil, ada pula yang punya bahu yang lebar.

Bentuk tubuh dipengaruhi oleh struktur tulang, gen, usia, massa otot, distribusi lemak, dan gaya hidup. Kamu pasti pernah dengar tentang bentuk tubuh jam pasir. Apa itu bentuk tubuh jam pasir dan apalagi jenis bentuk tubuh lainnya? Yuk simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Faktor yang mempengaruhi bentuk tubuh

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai bentuk tubuh jam pasir, ada baiknya mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi bentuk tubuh. Berikut ini uraiannya!

Usia

Pada saat menginjak usia dewasa, struktur dan proporsi tulang sebagian besar sudah terbentuk. Orang yang lebih tua cenderung memiliki tingkat lemak tubuh yang lebih tinggi secara keseluruhan. 

Genetika

Gen juga bisa mempengaruhi bagaimana tubuh kamu bekerja dalam menyimpan lemak. Beberapa orang bisa menyimpan lemak di paha atau kaki, ada juga yang lemaknya berada di lengan.

Hormon

Hormon juga bisa mempengaruhi bentuk tubuh. Contohnya, hormon estrogen dapat menyebabkan tubuh menyimpan lemak di perut bagian bawah.

Menopause

Terakhir, faktor yang dapat mempengaruhi bentuk tubuh adalah menopause. Menurut Health Line, menopause juga bisa mengubah bentuk tubuh dan mendistribusikan lemak lebih banyak pada perut.

Macam-macam bentuk tubuh

macam macam bentuk tubuh

Beberapa macam bentuk tubuh wanita, antara lain:

Persegi panjang atau lurus

Kamu bisa dikatakan punya bentuk tubuh persegi panjang jika ukuran pinggang kamu hampir sama dengan pinggul dan jika panggul dan bahu kamu punya lebar yang sama.

Tipe tubuh seperti ini populer dengan sebutan tubuh supermodel. Tubuh ini cenderung terlihat lurus, mirip seperti penggaris. Bentuk tubuh ini cocok memakai atasan off shoulder, gaun polka, dan tube dress.

Segitiga, pir, atau sendok

Orang yang bentuk tubuhnya segitiga biasanya punya bahu yang lebih kecil daripada pinggulnya dan lengan yang ramping.

Biasanya, mereka punya pinggul yang besar. Stylist biasanya akan merekomendasikan pakaian yang cenderung menonjolkan lingkar pinggang, misalnya atasan scoop-neck dan boat-neck yang warnanya cerah.

Jam pasir

Kaki dan tubuh bagian atas pada orang dengan bentuk tubuh jam pasir biasanya proporsional. Kakinya seimbang dengan tubuh bagian atasnya.

Bentuk seperti ini cocok memakai rok pensil, sepatu boot, sepatu hak tinggi, jegging, dan peep toe. Hindari penggunaan hiasan yang mencolok.

Berlian

Jika kamu punya pinggul yang lebih lebar daripada bahu dan lengan yang ramping, kamu bisa dikatakan punya bentuk tubuh berlian.

Kamu cenderung menambah berat badan di sekitar perut. Bentuk tubuh seperti ini cocok menggunakan atasan off shoulder, boat neck, jeans atau celana panjang yang gelap, rok A-line dan lurus.

Atletis

Apabila kamu punya tubuh yang berotot, berarti kamu punya bentuk tubuh yang atletis. Ukuran bahu dan pinggulnya hampir sama.

Pinggang kamu terlihat lebih kecil dari bahu dan pinggul serta tidak terlalu menonjol. Otot paha dan betis terlihat kencang, bahu tegap dan leher lebih lebar. 

Apel

Bentuk badan seperti apel cocok mengenakan gaun A-line, V-neck, scoop top, atasan yang lebih rendah dari tulang pinggul, jeans boot-cut, wedges, hak sandal dengan tali, sepatu platform, dan kaos ruched. Hindari pakaian yang ketat, atasan dan gaun off shoulder, dan sepatu bot.

Segitiga terbalik

Bentuk tubuh segitiga terbalik punya bahu lebar, pinggul kecil, dan kaki ramping. Tubuh bagian atasnya cenderung bervolume.

Disarankan untuk menggunakan atasan peplum, baju ruffles, gaun satin, V-neck, gaun dan rok A-line, sepatu chunky, gaun panjang, celana high-waist, celana bell-bottom, dan rok berpayet.

Jam pasir atas

Bentuk tubuh ini mirip dengan bentuk jam pasir. Orang dengan bentuk tubuh ini memiliki pinggang yang indah.

Cara berpakaian yang tepat adalah dengan menggunakan pakaian dan atasan V-neck, atasan berwarna gelap, dan rok. Sebaiknya, jangan memakai celana jeans atau jaket yang longgar dan atasan dengan leher persegi.

Kurus

Kamu memiliki tipe tubuh kurus apabila panggul dan bahu kamu sejajar. Kamu punya struktur tulang yang kecil.

Biasanya, kamu lebih cepat menurunkan daripada menambah berat badan. Kamu juga memiliki lengan dan kaki yang ramping serta garis rahang yang jelas.

Baca juga: Bentuk Tubuh Wanita, Dari Bentuk Apel Hingga Pir, Mana Tipe Anda? 

Cara mengetahui bentuk tubuh

berat badan ideal wanita

Cara mengetahui bentuk tubuh kamu adalah dengan mengamati diri di cermin dan amati proporsi tubuh kamu. Bentuk tubuh dapat ditentukan berdasarkan hubungan antara tiga titik, yaitu bahu/dada, pinggang, dan pinggul.

Gambarlah garis imajiner dari bahu ke pinggul. Kemudian, perhatikan bagian yang terluas dari tubuh kamu dan bagian tubuh mana yang pertama kali berubah jika terjadi perubahan berat badan.

Setelah itu, cocokkan kondisi tubuh kamu sesuai dengan beberapa macam bentuk tubuh yang telah dibahas sebelumnya.

Baca juga: Ingin Punya Lingkar Pinggang Ideal? Simak Tips Berikut! 

Bentuk tubuh wanita ideal

Sebenarnya tidak ada yang namanya bentuk tubuh ideal. Yang penting kamu punya tubuh yang sehat, tidak terlalu kurus dan gemuk.

Sebab, obesitas bisa meningkatkan risiko terkena penyakit. Jika kamu ingin membangun massa otot tanpa lemak, kamu perlu melakukan olahraga secara teratur.

Bentuk tubuh wanita yang paling umum adalah persegi panjang sedangkan yang paling langka adalah jam pasir.

Berdasarkan Style Craze, tubuh berbentuk buah pir dianggap lebih baik daripada tubuh yang berbentuk seperti apel. Sebab, tubuh berbentuk apel memiliki rasio pinggang-pinggul yang lebih tinggi.

Bentuk tubuh wanita dipengaruhi oleh usia dan gaya hidup. Pilihlah pakaian yang tepat sesuai dengan bentuk tubuh kamu.

Share artikel ini
Reference