air nabeez adalah

Buah kurma identik dengan makanan yang ada wajib ada saat hari raya umat muslim.

Namun, tidak hanya disajikan sebagai kudapan hari raya saja, kurma juga dapat diolah menjadi kudapan yang bermanfaat untuk kesehatan, yaitu air nabeez atau infused water dengan bahan dasar kurma.

Manfaat air rendaman kurma tersebut sangat besar bagi kesehatan tubuh, karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Supaya lebih detail, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu air nabeez?

apa itu air nabeez

Air nabeez adalah minuman dari buah kurma yang direndam dalam air putih selama semalaman (infused water).

Minuman ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, sehingga, banyak orang yang juga menyukai minuman ini. Minuman ini merupakan minuman yang sudah dikonsumsi sejak lama dan dipercaya memiliki banyak manfaat.

Minuman ini dapat berfungsi sebagai tonik yang dapat membantu menyembuhkan asam lambung serta sistem pencernaan. Selain itu, minuman ini juga memiliki manfaat untuk membuang sisa metabolisme lainnya dari dalam tubuh.

Selain itu, air rendaman kurma juga dapat membantu fungsi hati, jantung, tenggorokan, dan prostat. Di samping itu, minuman tersebut juga bisa membantu meringankan arthritis dan asam urat.

Apakah Manfaat Buah Nanas untuk Promil Ampuh? Ini Faktanya!

Kandungan dalam air nabeez

Air nabeez yang biasa disebut juga infused water buah kurma memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • kalori
  • lemak
  • karbohidrat
  • serat makanan
  • gula
  • protein
  • vitamin B-6
  • besi
  • magnesium
  • kalium

Ini Manfaat dan Kalori Kurma yang Perlu Kamu Ketahui!

Manfaat air nabeez kurma

manfaat air nabeez

Berdasarkan kandungan yang terdapat pada air nabeez, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan, di antaranya:

1. Sebagai antioksidan penangkal berbagai penyakit

Kurma mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel tubuh kamu dari radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh kamu dan menyebabkan penyakit

Berikut adalah ikhtisar dari tiga antioksidan paling kuat dalam kurma:

  • Flavonoid, merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.
  • Karotenoid, terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.
  • Asam fenolik, merupakan zat dengan sifat anti-inflamasinya, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

9 Manfaat Buah Zuriat untuk Promil dan Kesehatan Tubuh

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Mengonsumsi air kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Studi laboratorium telah menemukan kurma bermanfaat untuk menurunkan risiko Alzheimer.

Selain itu, penelitian pada hewan telah menunjukkan kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak

Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer.

Namun, penelitian pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi peran kurma dalam kesehatan otak.

Berapa Kalori Madu? Intip Nutrisi dan Manfaat Yang Terkandung Di Dalamnya

Manfaat Air nabeez untuk ibu hamil

manfaat air nabeez untuk ibu hamil

Tak hanya untuk kesehatan secara umum, air nabeez ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil.

Dalam sebuah penelitian, 69 wanita yang mengonsumsi 6 kurma per hari selama 4 minggu sebelum HPL, 20% berpeluang melahirkan secara alami dan melahirkan dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Selain itu, masih ada banyak manfaat air kurma untuk ibu hamil. Berikut beberapa manfaatnya untuk ibu hamil:

  • Menguatkan otot-otot rahim. Air tersebut dipercaya dapat menguatkan otot rahim dan membantu meringankan persalinan ibu hamil.
  • Meningkatkan pelebaran serviks untuk memudahkan dan persalinan.
  • Sebagai energi selama persalinan. Kurma merupakan sumber gula dan kalori alami yang baik sebagai energi untuk persalinan.

Mengonsumsi air nabeez menjadi sangat penting sebab, kurma memiliki senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dan dapat memberikan efek oksitosin dalam tubuh.

Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan.

Apakah Ada Manfaat Kurma Matang untuk Promil? Ini Faktanya!

Apakah bisa dikonsumsi setiap hari?

Air nabeez boleh dan bisa untuk dikonsumsi setiap hari. Minuman ini dianjurkan diminum pada pagi hari. Agar tetap sehat, air nabeez yang dikonsumsi sebaiknya tidak ditambahkan gula atau pemanis tambahan.

Air nabeez dapat disimpan di lemari es dan bisa bertahan 1-2 hari. Namun, sebaiknya kamu menghindari untuk mengonsumsi air nabeez dengan kurma yang direndam selama lebih dari 12 jam. Hal ini untuk menjaga tingkat higienitas air nabeez tersebut.

Cara membuat air nabeez yang benar

cara membuat air nabeez

Membuat air nabeez yang bermanfaat untuk tubuh cukup mudah dilakukan di rumah, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan beberapa butir kurma secukupnya.
  • Rendam kurma-kurma tersebut ke dalam air matang di dalam sebuah wadah atau gelas.
  • Upayakan untuk membuatnya pada waktu sore menjelang malam, dan pastikan wadah rendaman kurma tersebut tertutup rapat.
  • Setelah direndam selama 8-12 jam, air rendaman tersebut baru boleh diminum dan buah kurma hasil rendaman yang telah lembut itu bisa dimakan langsung.
  • Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez adalah kurma ajwa, namun tak masalah bila menggunakan kurma dengan jenis lainnya.

Selain menggunakan kurma, kamu juga dapat menambahkan bahan lain seperti kismis untuk rasa yang lebih manis keasam-asaman segar.

 

Share artikel ini
Reference