cara memutihkan kulit wajah

Kulit kusam menjadi salah satu masalah wajah dan kulit pada bagian tubuh lain. Setiap tipe kulit baik itu kulit berminyak, kering atau kombinasi dapat mengalami kulit kusam dan kurang sehat.

Kulit yang kurang sehat juga akan memengaruhi penampilan sehingga dibutuhkan cara memutihkan kulit agar lebih cerah secara alami.

Banyak produk pemutih kulit yang beredar di pasaran, namun bagi kamu yang ingin memutihkan dan membuat kulit cerah secara alami, wajib mengikuti ulasan kali ini. Yuk simak!

Penyebab kulit tidak cerah

Cara melembabkan kulit kering

Kulit yang sehat dan cerah adalah kulit yang cukup lembab dengan tekstur kenyal, padat, dan lembut. Jika kulit kurang lembab, maka penampilannya akan lebih gelap. Kulit yang sehat dan lembab juga akan memancarkan kecerahannya, meskipun warna kulit tidak putih.  

Apa saja penyebab kulit menjadi kusam dan kurang cerah?

1. Dehidrasi

Kulit tidak cerah disebabkan oleh kurangnya asupan air. Minum air yang cukup dapat membuat kulit lebih sehat dan kenyal. Air dapat menjaga kelenturan dan kelembabab sehingga akan jauh dari kerusakan, keretakan hingga iritasi kulit. 

2. Kurang pelembab

Pelembab akan membantu kelembaban kulit dari luar. Kulit yang kurang cerah disebabkan kurangnya pelembab, cenderung kering dan mudah kusam.

3. Penumpukan sel kulit mati

Sel kulit mati karena pelepasan sel dapat menumpuk pada permukaan kulit dan menyebabkan kulit kurang cerah. Seperti diketahui, setiap harinya, kulit memproduksi sel kulit baru. Jika, terus menerus dibiarkan, sel kulit mati akan menumpuk di kulit, sehingga menyebabkan kulit kusam. 

4. Merokok

Kebiasaan merokok merusak dinding pembuluh darah sehingga aliran nutrisi akan kurang menuju kulit. Pasokan oksigen yang kurang akan membuat kulit rusak, rapuh, keriput dan sulit cerah.

5. Penuaan

Penuaan menjadi salah satu penyebab kulit gelap dan tidak lagi elastis karena kolagen terus menurun. Kulit juga akan jauh lebih tua akibat keriput dan penuaan.

Kulit yang gelap ini sebetulnya masih bisa diatasi dengan rutin membersihkan wajah dan melakukan perawatan baik dengan cara alami atau dengan kebiasaan sehari-hari. Bagaimana caranya?

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik yang Tepat

Cara memutihkan kulit dengan alami

Puasa skincare

Cara memutihkan kulit alami merupakan salah satu yang direkomendasikan untuk menghindari efek samping negative kulit.  Berikut cara alaminya:

1. Konsumsi makanan tinggi vitamin c

Vitamin c untuk kulit diketahui dapat meningkatkan kolagen sehingga dapat memperbaiki kulit dari dalam. Kulit akan menjaid lebuh kecang dan berchaya.

Produk perawatan kulit dengan vitamin c yang dipakai dalam 12 minggu dapat membantu proses penuaan dini. Vitamin ini terbukti dapat mencegah kulit rudak dan gelap.

2. Konsumsi makanan kaya akan nutrisi

Makanan kaya nutrisi vitamin b, c, dan e akan membantu memutihkan kulit dengan alami. Makanan kaya nutrisi dapat diperoleh dari buah, sayur dan jenis makanan lain seperti:

  • Wortel
  • Tomat
  • Madu
  • Anggur
  • Sayuran hijau
  • Kacang almond
  • Minyak zaitun

3. Tidur cukup

Tidur cukup akan membantu produksi kolagen yang melancarkan aliran darah dan memutihkan kulit dengan alami. Setidaknya pastikan kamu memiliki jam tidur 7-9 jam setiap harinya. 

4. Olahraga rutin

Pada saat olahraga, jantung memompa darah ke seluruh tubuh hingga jaringan kulit. Jika kulit menerima asupan oksigen dengan cukup, kulit akan terlihat cerah, lembab dan bersinar.

Lakukan olahraga santai seperti berenang, sepeda, jogging dan jalan kaki selama 30 menit setiap hari.

5. Lindungi kulit dari sinar matahari

Jangan biarkan kulit berada di bawah paparan sinar matahari karena kebiasaan ini akan membuat kulit kusam dan warna tidak merata.

Melindungi kulit dengan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap keluar rumah. Gunakan tabir surya pada bagian wajah dan lengan yang sering terpapar sinar.

6. Penuhi cairan tubuh

Cairan tubuh dibutuhkan agar kulit tidak kering dan mudah rusak. Kulit lembab juga akan menjaga jaringan kolagen sehingga menjadi lebih kenyal dan cerah. Sumber cairan yang dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit antara lain air, sayur, dan buah segar.

7. Mengelola stres

Stres dapat membuat kortisol meningkat sehingga kulit menjadi rentan jerawat, kusam hingga masalah kulit lainnya. Kelola stres kronis dapat menjaga kesehatan kulit dan wajah dengan alami.

8. Pakai bahan pemutih alami

Beberapa obat atau bahan pemutih kulit dapat mengandung bahan berbahaya sehingga sebaiknya pakai bahan alami seperti kunyit, kedelai, cuka apel, teh hijau dan lidah buaya untuk membantu perawatan kulit menjadi lebih putih dan cerah.

Cara memutihkan kulit dengan cara alami ini memang tidak akan langsung kelihatan hasilnya, namun dengan rutin dilakukan, tidak hanya kulit putih dan cerah, seluruh tubuh juga akan jauh lebih segar dan bugar.

Lalu bagaimana cara memutihkan kulit dengan melakukan kebiasaan sehari-hari merawat kulit?

Kulit Sehat dengan Masker Wajah Alami, Inilah Bahan dan Caranya

Cara memutihkan kulit lewat kebiasaan sehari-hari

Face oil untuk kulit berminyak

Banyak cara memutihkan kulit yang bisa kamu lakukan baik dari kegiatan rutin atau perawatan kulit sehari-hari. Kulit akan cenderung lebih bertahan lama putih dan cerahnya, selain itu sehat dan terlihat lebih glowing, lho. Ini caranya:

9. Memakai sunscreen 

Gunakan sunscreen agar menghindari paparan sinar matahari langsung jika harus berkegiatan di luar rumah. Gunakan minimal SPF 30 agar kulit terlindung dari bahaya uv sehingga tetap cerah dan semakin putih.

10. Pakai pelembab kulit

Memakai pelembab dapat digunakan sebagai kebiasaan sehari-hari agar kulit bercahaya dan tidak kusam. Gunakan pelembab sesuai tipe kulit agar kandungan didalamnya meresap dan menutrisi kulit.

11. Rajin cuci muka dan mandi

Rajin mencuci muka dan mandi aan membantu membuka pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati. Jika pori-pori tersumbat, maka kulit akan mudah kotor, berminyak dan kusam. Selain itu rajin mandi dan pilih sabun pembersih yang alami, minim bahan kimia dan aman agar kulit memutih dan jauh lebih sehat.

5 Manfaat Facial Wajah, Bikin Kulit Lebih Sehat!

12. Memilih produk perawatan yang tepat

Pilih produk perawatan kulit yang tepat dan sesuai dengan tipe kulit. Hindari produk yang dapat membuat kulit mengelupas, rapuh dan kering. Beberapa produk bahkan dapat menyebabkan iritasi seperti produk perawatan dengan bahan dibawah ini:

  • Parfum
  • Styrene
  • Triclosan
  • Petroleum distillate
  • Hydroquinone
  • Resorcinol
  • P-phenylenediamine
  • Talcum
  • Paraben
  • Phthalate

13. Hindari mandi air hangat terlalu lama

Mandilah dengan air dingin agar kulit lebih berkilau. Air dingin dapat mempersempit pembuluh darah sehingga pori-pori kulit akan lebih kecil.

Efeknya adalah mengurangi kemerahan dan kulit lebih bersih serta tampak cerah. Hindari mandi air hangat terlalu lama, cukup 5-10 menit saja agar minyak alami tidak hilang dan membuat kulit kusam.

Ada banyak cara memutihkan kulit dan menghindari kusam mulai dari perawatan rutin, gaya hidup hingga kebiasaan sehari-hari. Selalu gunakan cara alami dan aman sehingga kulit bisa putih dan cerah tanpa khawatir ada efek sampingnya.

Share artikel ini
Reference