Pada saat bulan puasa, kurma menjadi salah satu primadona untuk berbuka puasa. Buah manis dan kaya kandungan nutrisi ini menjadi salah satu buah paling bermanfaat dengan rasa manis nan legit. 

Kurma diketahui mengandung nilai indeks glikemik atau ig yang rendah sehingga buah ini tidak memicu kenaikan gula darah meskipun terasa sangat manis. Sumber kalori dari kurma ternyata berasal dari sukrosa dan fruktosa dimana hasilnya akan terasa lebih manis jika semakin kering konsentrasinya.

Yuk ketahui berapa kalori kurma dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan.

Kandungan dan kalori kurma

Tidak hanya lezat disantap langsung, kurma juga dapat menjadi tambahan berbagai cemilan manis lain yang popular saat puasa dan hari raya. Olahan kurma juga kian beragam seperti kurma coklat, nastar kurma dan lain sebagainya. Untuk kamu penggemar kurma, sudah tahu apa saja kandungan dan berapa kalori kurma?

Melansir dari Healtline, dalam 100 gram kurma mengandung 277 kkal kalori. Berikut ini kandungan nilai gizi yang terangkum dalam daftar di bawah ini:

  • 75 gram karbohidrat
  • 7 gr serat
  • 2 gr protein
  • 32 gr gula
  • 15% potassium dari kebutuhan harian
  • 5% zat besi dari kebutuhan harian
  • 7% potassium dari kebutuhan harian
  • 7% vitamin b6 dari kebutuhan harian
  • 13% magnesium dari kebutuhan harian

Kurma dikenal sebagai buah dengan kadar indeks glikemik rendah sehingga tidak memicu kenaikan gula darah dengan cepat. Kurma menjadi makanan yang direkomendasi saat sahur dan berbuka puasa karena dapat membantu menambah energi lebih lama saat sehari penuh berpuasa.

Apa saja manfaat kurma untuk kesehatan?

Apa Itu Air Nabeez? Ternyata Ini Manfaat Air Nabeez untuk Kesehatan!

Manfaat kurma untuk kesehatan

manfaat kurma

Kurma memiliki banyak varietas dengan tekstur yang berbeda-beda. Kurma terdiri dari kurma basah lunak, semi lunak hingga kering. Ada juga kurma muda dan kurma tua. Manfaat kurma yang dapat mendukung peningkatan kesehatan antara lain.

Mencegah gangguan pencernaan

Pada saat berpuasa, banyak orang mengalami gangguan pencernaan sehingga mengonsumsi kalori kurma sangat direkomendasikan. Kurma mempunyai nilai serat tinggi sehingga dapat menghindari masalah pencernaan. 

Melindungi organ jantung

Kalori kurma dikenal sebagai buah super karena memiliki kandungan antioksidan tinggi, serat dan nutrisi yang dapat melindungi organ jantung. Kurma dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, menjaga pembuluh darah tetap stabil dan menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas.

13 Makanan Untuk Jantung Lemah, Hindari Risikonya!

Meningkatkan kesehatan otak

Kurma membantu mencegah peradangan pada otak dan membuat kesehatan otak lebih tinggi. Penyakit degeneratif seperti alzheimer juga dapat diturunkan risiko dengan konsumsi kurma secara rutin.

Kurma membantu mencegah penumpukan plak di otak dengan penurunan aktivitas amyloid beta protein. Plak yang menumpuk dapat membuat sistem otak dan kesehatannya terganggu.

Membantu persalinan

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kurma dapat membantu persalinan lebih lancar. Kurma yang dikonsumsi pada trimester akhir dapat membantu pelebaran serviks, membantu jalan lahir sehingga proses persalinan lebih mudah. 

Mendukung tumbuh kembang janin

Tidak hanya bermanfaat saat persalinan, ibu hamil yang rutin mengonsumsi kurma juga akan membantu pertumbuhan janin lebih baik dengan kandungan serat, vitamin, mineral, antioksidan dan karbohidratnya. Nutrisi ini dapat mencegah janin cacat lahir, berat badan rendah dan kelahiran prematur.

Sumber energi

Rasa manis dan kenyangnya membuat kurma disebut sebagai buah dengan sumber energi tinggi. Kalori kurma dapat mengonversi kandungan karbohidrat menjadi energi sehingga kenaikan gula darah tidak terlalu signifikan.

Meningkatkan kesehatan tulang

Kamu yang sedang bermasalah dengan tulang dapat mengonsumsi buah ajaib ini. Kalsium dan potassium pada kalori kurma dapat memenuhi kebutuhan harian sehingga cukup untuk meningkatkan kesehatan gigi dan tulang. Tulang akan semakin kuat dan sehat, tidak mudah terkena gangguan dan keropos.

15 Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil

Mencegah tumbuhnya sel kanker

Kalori kurma mempunyai kandungan antioksidan tinggi seperti flavonoid dan fenolik. Senyawa ini memiliki peran penting dalam mencegah sel kanker tumbuh dengan mudah. Kurma juga meningkatkan fungsi dari organ hati dan mencegah pertumbuhan kanker hati.

Kontrol tekanan darah

Manfaat lain dari kurma yaitu dapat mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium, antioksidan dan serat dalam kurma membantu mengontrol kesehatan secara signifikan. Untuk penderita hipertensi, kurma cocok dijadikan cemilan karena rendah garam atau natrium.

Meningkatkan kesuburan

Jenis kurma lain yang dapat dikonsumsi adalah kurma muda untuk promil. Kurma dikenal dapat meningkatkan infertilitas pada pria sehingga sering dimanfaatkan sebagai peningkat kesuburan. Senyawa dalam kurma akan bekerja seperti hormon pada pria dan wanita sehingga membantu program kehamilan.

Mengonsumsi kalori kurma dengan batas wajar tentu saja akan menambah manfaat kurma itu sendiri bagi kesehatan. Berbagai manfaatnya akan kamu rasakan jika menyantap kurma secara rutin dan tetap menjaga asupan makanan.

Share artikel ini
Reference