apa yang dimaksud 4 sehat 5 sempurna

apa yang dimaksud 4 sehat 5 sempurna

Sejak masuk bangku sekolah dasar (SD), kita sudah diajarkan untuk mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang bertujuan untuk memenuhi nutrisi dan menyehatkan tubuh.

Namun sebenarnya, apa yang dimaksud makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apakah makanannya berisi sayur dan konsumsi buah-buahan saja? Tak perlu khawatir, kami akan membahasnya di artikel ini. Yuk, simak!

Lantas, apa yang dimaksud dengan 4 sehat 5 sempurna?

Jadi, 4 sehat 5 sempurna merupakan kelompok gizi makanan yang sudah muncul sejak tahun 1952 silam dan sempat dijadikan sebagai acuan untuk takaran gizi di Indonesia pada tahun 2014. 

Namun, saat ini slogan tersebut sudah tidak digunakan lagi dan beralih ke Pedoman Gizi Seimbang. Sebelum membahasnya, kita akan mengupas pedoman 4 sehat 5 sempurna lebih dulu.

Secara singkat, slogan 4 sehat 5 sempurna berisi bahwa kita perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi dan gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak baik, mineral, vitamin, dan 5 sempurna dari kalsium yang ada di susu.

Namun, apakah kamu tahu jika ternyata slogan ini sudah tidak bisa digunakan lagi sekarang?

Yap! Saat ini slogan 4 sehat 5 sempurna tidak bisa dijadikan acuan lagi. Berikut ini penjelasannya.

1. Susu tidak perlu dimasukkan

Dalam 4 sehat 5 sempurna, ada aturan yang menyebutkan bahwa susu menjadi pelengkap atau penyempurna gizi kita karena mengandung kalsium tinggi.

Padahal nyatanya, kita bisa mendapatkan kalsium tidak melalui susu saja.

Kamu bisa mendapatkan kalsium dari brokoli, tahu, keju, hingga ikan salmon. Jadi, pedoman 4 sehat 5 sempurna ini kurang valid karena menggunakan susu sebagai pelengkap.

2. Pesan kesehatan yang kurang beragam

Dalam slogan tersebut, kita mempelajari bahwa hidup sehat bisa didapat dari mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang.

Namun, makanan bukan menjadi faktor penentu bahwa tubuh seseorang bisa menjadi sehat, lho.

Sebab, ada berbagai faktor lain yang perlu kamu imbangi yaitu pola hidup yang teratur, seperti rutin berolahraga, tidur cukup, serta mengurangi konsumsi rokok dan alkohol.

3. Konsumsi air mineral terlupakan

Air mineral merupakan komponen penting untuk mengisi cairan tubuh supaya kita tidak dehidrasi.

Selain itu, ada berbagai manfaat positif jika kita mengonsumsi air putih, seperti bisa membawa nutrisi dan oksigen ke sel tubuh, mencegah sembelit, menormalkan tekanan darah, dan melindungi jaringan tubuh.

Dengan segudang manfaat tersebut, slogan 4 sehat 5 sempurna tidak mewajibkan kita untuk mengonsumsi air mineral sebanyak-banyaknya.

Maka dari itu, slogan ini sudah tidak menjadi pedoman utama lagi.

4. Tidak menyebutkan ketentuan porsi

Dalam pedoman 4 sehat 5 sempurna, tidak ada ketentuan yang menyebutkan porsi makanan yang harus kita konsumsi.

Padahal, porsi makanan yang kita konsumsi setiap harinya berperan penting untuk menentukan tingkat kesehatan tubuh.

Sebab, porsi makan yang terlalu banyak bisa membuat obesitas, sedangkan porsi sedikit bisa membuat tubuh jadi mudah lelah.

Contoh makanan 4 sehat 5 sempurna

Sebagai informasi tambahan, berikut ini contoh makanan dan kandungan nutrisi yang ada di pedoman 4 sehat 5 sempurna.

  • Karbohidrat

Makanan pokok yang menjadi dasar untuk mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna adalah karbohidrat. Makanan ini bisa didapatkan dari nasi, gandum, singkong, dan berbagai jenis umbi-umbian.

  • Protein

Selain karbohidrat, protein juga wajib untuk dikonsumsi supaya bisa membentuk daya tahan tubuh dengan baik. Kamu bisa mendapatkannya dari daging hingga telur.

  • Mineral

Untuk kandungan mineral, kamu bisa mendapatkannya dari sayur-sayuran hijau yang menyehatkan, seperti kangkung, bayam, sawi, brokoli, hingga wortel.

  • Serat

Selain makanan pokok, pedoman 4 sehat 5 sempurna juga mewaijbkan kita untuk mengonsumsi serat yang berasal dari buah-buahan, seperti apel, jeruk, hingga alpukat.

  • Kalsium 

Seluruh makanan dan kandungan gizi di atas perlu ditutup dengan kalsium yang bisa didapatkan dari susu sapi, kambing, kedelai, dan almond.

Manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna

Dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang mengandung nutrisi seimbang, tubuh kamu bisa sehat dan menjaga daya tahannya dari serangan kuman. 

Selain itu, ada berbagai manfaat kesehatan lainnya yang berguna untuk kita lho, seperti menguatkan tulang, menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, membantu fungsi sistem pencernaan, dan mempertahankan badan yang sehat.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak perlu menerapkan pola hidup sehat lainnya.

Maka dari itu, sebaiknya kita menerapkan Pedoman Gizi Seimbang yang sudah diarahkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia.

Melansir dari laman resmi Kemenkes, Pedoman Gizi Seimbang berisikan poin yang lebih lengkap, seperti penjelasannya di bawah ini.

  1. Mengonsumsi aneka ragam makanan pokok
  2. Kurangi konsumsi makanan yang asin, manis, dan terlalu berlemak
  3. Pertahankan berat badan di titik ideal dan terus melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga rutin
  4. Selalu konsumsi lauk pauk supaya mendapatkan protein yang cukup
  5. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  6. Mensyukuri seluruh aneka ragam makanan
  7. Baca label pada kemasan makanan yang ingin dikonsumsi
  8. Konsumsi buah dan sayur yang banyak setiap harinya
  9. Minum air putih atau air mineral yang cukup
  10. Sarapan pagi

 

Share artikel ini
Reference