manfaat buah zuriat untuk promil

Kamu sudah pernah dengar tentang buah zuriat, belum? Buah ini mungkin belum terlalu populer, tapi manfaat buah zuriat untuk promil sudah cukup banyak dibicarakan, lho! Tapi sebelum membahas lebih jauh, yuk kenalan dengan apa itu buah zuriat dulu.

Apa itu buah zuriat?

Buah zuriat atau sering juga disebut dengan nama “jewel fruit” adalah buah yang berasal dari tanah Papua, Indonesia. Ukurannya kecil-kecil mirip seperti buah anggur. Warnanya pun bermacam-macam, mulai dari merah, hijau, kuning, hingga ungu.

Meskipun kecil-kecil, buah zuriat memiliki rasa yang cukup menarik. Rasanya manis dan asam dengan sedikit rasa seperti anggur. Oleh karena itu, buah ini cocok dijadikan sebagai bahan tambahan pada makanan atau minuman, seperti es buah, jus, atau salad buah.

Selain rasanya yang enak, buah zuriat juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Buah ini mengandung vitamin C, serat, dan antioksidan yang bisa membantu meningkatkan sistem imun dan mencegah penyakit.

Namun, perlu diingat bahwa buah zuriat sendiri belum banyak diteliti secara khusus untuk khasiatnya terhadap kesuburan. Oleh karena itu, tidak ada jaminan bahwa buah zuriat bisa menjamin keberhasilan promil. Meskipun demikian, beberapa temuan menunjukkan manfaat buah zuriat untuk promil. Yuk, kita  bahas satu per satu!

Manfaat Madu HDI untuk Promil, Benarkah Terbukti Ampuh? Ini Faktanya!

Manfaat buah zuriat untuk promil

manfaat buah zuriat

Ada beberapa manfaat buah  zuriat yang dipercaya dapat membantu keberhasilan program  kehamilan, seperti:

1. Meningkatkan kualitas sperma

Manfaat buah zuriat yang sering disebut-sebut adalah  dapat meningkatkan kesuburan pria dengan meningkatkan kualitas sperma.

Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa buah zuriat ini dapat meningkatkan hormon seksual pada pria. Kondisi ini berpengaruh pada kualitas sperma dan produksinya.

2. Meningkatkan kesuburan pada wanita

Bukan hanya meningkatkan kesuburan pada pria, buah zuriat juga dikenal dapat meningkatkan kesuburan pada wanita.

Buah yang unik ini dipercaya dapat memperbaiki indung telur pada wanita dengan lebih baik. Inilah yang membuat peluang untuk hamil bisa menjadi lebih besar.

3. Membantu membuat janin menjadi lebih kuat

Bukan hanya meningkatkan kesuburan bagi wanita, bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan, mengkonsumsi buah zuriat dipercaya akan memperkuat dinding rahim.

Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa rahim yang sehat jauh lebih siap menerima kehamilan.

4. Memperlancar menstruasi

Buah zuriat juga akan sangat bermanfaat bagi wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Minum rebusan buah ini dipercaya sudah cukup dan bisa membantu membuat menstruasi lebih banyak dan teratur setiap bulannya.

Hal ini dikarenakan buah zuriat diketahui mengandung zat yang dapat membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh dan menyeimbangkan hormon. Hal inilah yang pada akhirnya membuat siklus menstruasi menjadi lebih baik.

5. Memenuhi kebutuhan antioksidan 

Buah zuriat mengandung beberapa senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan. Tubuh membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel.

Mengkonsumsi buah zuriat dapat membantu memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh. Dengan antioksidan yang cukup, peluang untuk hamil meningkat.

Rahasia 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Promil yang Perlu Kamu Tahu!

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan

buah zuriat untuk promil

Selain untuk promil, buah zuriat juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya, seperti:

1. Membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak

Buah zuriat mengandung flavonoid yang dapat memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh. Flavonoid ini juga memiliki sifat antihistamin dan antibakteri serta dapat meningkatkan daya ingat dan suasana hati.

Flavonoid inilah yang diduga dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria penderita oligospermia. 

2. Memenuhi kebutuhan vitamin C

Vitamin C tidak hanya baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, tapi juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan produksi progesteron.

Hal inilah yang membuat buah zuriat dapat bermanfaat untuk promil,yaitu membantu meningkatkan kesuburan bagi wanita dan meningkatkan motilitas sperma bagi pria. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya.

3. Memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks

Selain kaya antioksidan dan vitamin C, buah zuriat juga mengandung vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6, B9 dan B12).

Kandungan ini tidak hanya membantu mengatasi anemia, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita.

Selain itu, vitamin B6 dan vitamin B12 diduga dapat menurunkan kadar homosistein sehingga meningkatkan peluang kehamilan.

4. Mengurangi lemak dalam pembuluh darah

Kandungan fenol dalam ekstrak buah zuriat dapat menurunkan hiperlipidemia atau hiperkolesterolemia pada sindrom nefrotik.

Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat dalam mengurangi risiko penyempitan atau penebalan pembuluh darah (aterosklerosis).

Nah, itu dia beberapa manfaat buah zuriat untuk promil serta berbagai khasiatnya untuk kesehatan. Tertarik cobain buah ini?


Penulis: Hutri Cika Agustina Berutu

Share artikel ini
Reference