cara menghilangkan tahi lalat

Tahi lalat dikenal sebagai pertumbuhan kulit yang umum. Menurut The American Academy of Dermatology, kebanyakan orang mempunyai 10-40 tahi lalat yang dapat tersebar di berbagai area tubuh.

Tahi lalat juga bukan suatu pertumbuhan kulit yang berbahaya dan tidak perlu di khawatirkan. 

Namun ada tahi lalat yang dapat bersifat kanker sehingga ada beberapa orang yang memilih untuk menghapusnya. Adakah cara menghilangkan tahi lalat yang aman untuk dilakukan? Benarkah bahan alami dapat memudarkan tahi lalat dengan mudah?

Apa itu tahi lalat?

Tahi lalat adalah benjolan kecil berwarna hitam atau cokelat. Tahi lalat tumbuh di berbagai area tubuh dan terkadang muncul di area yang membuat pemiliknya tidak nyaman dengan tahi lalat sehingga ingin menghilangkannya. 

Untuk melakukan beberapa cara membuang tahi lalat, sebaiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis kulit agar dapat memperoleh rekomendasi yang tepat dan aman untuk dilakukan. 

Tahi lalat umumnya jinak dan keputusan untuk menghapusnya akan kembali ke masing-masing orang jika dirasa mengganggu karena bentuk atau ukurannya.

Kecantikan sering menjadi alasan utama mengapa tahi lalat ingin dihilangkan karena mengganggu penampilan wajah jika bentuk dan ukurannya terlihat besar. 

Baca juga: 13 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dari Alami hingga Medis

Apakah tahi lalat bisa dihilangkan

Tahi lalat juga mungkin dapat direkomendasikan untuk dihilangkan apabila terdapat perubahan bentuk dan ukuran. Pasalnya, tahi lalat dapat bersifat ganas seperti jenis kanker kulit melanoma sehingga perlu dilakukan operasi atau tindakan untuk menghilangkannya.

Jenis tahi lalat yang dapat segera diperiksakan ke dokter yaitu apabila kamu mendapati tahi lalat dengan ciri berikut ini:

  • Asimetris
  • Memiliki batas tidak teratur
  • Tidak seragam dalam hal warna
  • Memiliki diameter besar lebih dari tahi lalat lainnya
  • Berkembang dan berubah bentuk

Jenis tahi lalat ini akan dievaluasi oleh dokter kulit dan memutuskan apakah tahi lalat akan diuji untuk kanker kulit dan dilakukan pembedahan tahi lalat.

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami

Banyak pemilik tahi lalat yang mungkin mencari tahu bagaimana cara menghilangkan tahi lalat sendiri di rumah. Beberapa pengobatan rumahan juga mengklaim dapat menghilangkan tahi lalat dengan menerapkan:

  1. Campuran baking soda dan minyak jarak
  2. Kulit pisang
  3. Minyak kemenyan
  4. Minyak pohon teh
  5. Krim penghilang tahi lalat
  6. Minyak biji rami

Bahan lain yang diklaim dapat menghapus tahi lalat secara alami, yaitu:

  1. Gula pasir dan lemon
  2. Cuka apel
  3. Bawang putih
  4. Madu
  5. Lidah buaya
  6. Iodine
  7. Minyak oregano dan jarak
  8. Kentang
  9. Minyak Frankincense
  10. Minyak kelapa
  11. Daun ketumbar
  12. Kembang kol
  13. Jeruk bali

Metode diatas merupakan metode paling popular untuk menghilangkan tahi lalat, namun belum terbukti efektif dalam menghapus tahi lalat dengan aman.

Siapapun yang mungkin penasaran atau ingin mencoba, hendaknya mengikuti instruksi dan waspada terhadap kemungkinan iritasi, kerusakan atau munculnya jaringan parut pada kulit sekitarnya.

Banyak situs yang mungkin menginformasikan cara menghilangkan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa metode tersebut tidak berhasil dan kemungkinan malah akan berbahaya.

Kami merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang pilihan pengobatan di rumah dengan bahan atau cara alami. Sebab, bisa jadi memiliki efek samping yang membahayakan.

JANGAN coba menghilangkan tahi lalat yang dilakukan sendiri di rumah, seperti:

  • Membakar tahi lalat dengan cuka sari apel
  • Menempelkan bawang putih ke tahi lalat agar pecah dari dalam
  • Mengoleskan yodium untuk membunuh sel-se tahi lalat
  • Memotong dengan gunting atau silet

Cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat

Selain pengobatan rumahan, terdapat cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat namun aman, yaitu:

1. Bedah eksisi

Menghilangkan tahi lalat dengan cara cepat ini merupakan saran dokter untuk tahi lalat dengan ukuran besar. Prosedur dilakukan dengan membius area tahi lalat, memotong tahi lalat dan jaringan di sekitarnya memakai pisau bedah dan menjahit area pembedahan. 

Dokter biasanya menyarankan pemeriksaan biopsi kulit untuk memastikan bahwa jaringan tersebut bukanlah kanker.

2. Pembekuan

Pembekuan atau cryotherapy digunakan untuk kutil atau tahi lalat yang menonjol. Tindakan ini menimbulkan rasa sakit dan dokter akan membuat kulit sebelum memulai prosedur.

Dokter akan menyemprot cairan nitrogen dosis kecil ke permukaan tahi lalat hingga tahi lalat membeku karena cairan ini dingin. Tahi lalat dan jaringan dibuan dan kulit mengalami luka lepuh. Kondisi ini akan sembuh dan membaik dengan sendirinya.

3. Laser

Laser digunakan untuk menghilangkan tahi lalat dengan ukuran kecil, datar, berwarna cerah. Keuntungan menggunakan prosedur ini adalah minim jaringan parut dan hasilnya rapi.

Dokter menggunakan laser sesuai dengan jenis tahi lalat. Laser akan memancarkan gelombang cahaya panjang dengan target pigmen gelap pada kulit, lalu menguapkannya. Laser juga membakar luka, tanpa perdarahan dan akan segera sembuh dengan cepat.

4. Dibakar

Menghilangkan tahi lalat dengan cara membakar menggunakan alat yang dapat menghantarkan arus listrik bernama cauter. Kawat steril ini membakar lapisan teratas dan jaringan akan kering sampai tahi lalat terlepas.

5. Eksisi mencukur

Metode ini dilakukan dengan prosedur operasi eksisi menggunakan pisau bedah. Dokter akan melakukan bius lokal dan mulai mencukur rata tahi lalat.

Jika kondisinya masih ada sel tahi lalat di permukaan kulit, maka dokter akan memotong lebih dalam ke akar mencegah tahi lalat timbul kembali. 

Proses pembedahan menimbulkan rasa sakit, penyembuhan memerlukan waktu 7-10 hari dengan tanda kemerahan 3-4 minggu dan akan memudar secara bertahap.

6. Eksisi elips

Metode ini disebut paling ampuh sebagai prosedur menghilangkan tahi lalat dan area kulit lain. Prosedur ini digunakan untuk jenis tahi lalat yang diduga kanker kulit dan penderita tidak dapat melakukan bedah lain atau laser.

Dokter akan melakukan bius lokal dan menghapus tahi lalat dengan pisau bedah. Dokter menutup luka dengan jahitan kecil dan memakai perban.

Pada proses penyembuhannya, jaringan parut akan meninggalkan bekas operasi dan memudar seiring berjalannya waktu hingga berganti garis putih samar. Prosedur pembedahan ini dinilai lebih aman dan disarankan oleh dokter. 

Itu tadi beberapa cara menghapus tahi lalat secara alami dan medis. Ada baiknya setiap keputusan dan tindakannya telah dikonsultasikan ke dokter atau ahlinya.

 

Share artikel ini
Reference