manfaat pisang untuk wajah

Siapa sangka manfaat pisang untuk wajah bisa sampai jadi eksfoliator alami? Tidak hanya bekerja sebagai pelembab atau penenang kulit wajah yang kemerahan, ternyata buah favorit semua orang ini memberikan manfaat luar biasa untuk wajah.

Pisang mampu menutrisi dan mengencangkan kulit, membuat kamu terlihat lebih muda untuk waktu yang lebih lama. Buah kaya nutrisi ini memiliki kandungan yang tinggi potasium, Vitamin C dan B6, sangat membantu untuk merawat kesehatan rambut dan kulit.

Manfaat eksfoliasi wajah

eksfoliasi untuk kulit sensitif

Dilansir dari Eccotique, beberapa ahli kulit mengatakan ada banyak sekali manfaat eksfoliasi wajah. Selain membersihkan kulit kering dan mati, eksfoliasi kulit secara teratur meningkatkan kecerahan dan keremajaan kulit. Kedua hal itu baru permulaan, beberapa manfaat lainnya yaitu:

1. Membersihkan pori-pori

Menurut Lily Talakoub, MD, dari McLean Dermatology and Skincare Center, eksfoliasi bisa menyapu kulit mati dan kering, bersama dengan semua kotoran permukaan lainnya yang mungkin tertinggal di kulit setelah dibersihkan, yang nantinya bisa menjadi komedo.

2. Mencegah jerawat

Sama seperti bagaimana membuka pori-pori mencegah komedo terbentuk, eksfoliasi juga mencegah masalah pori lainnya lainnya, yaitu jerawat. “Pengelupasan membantu membuka pori-pori yang tersumbat, sehingga mengurangi jerawat,” kata Michelle Henry, MD, dokter kulit dan instruktur klinis Dermatologi di Weill Cornell Medical College. 

3. Membantu skincare menyerap lebih baik

Karena pori-pori tidak tersumbat dan permukaan kulit dihaluskan serta menghilangkan kulit mati atau kering, skincare dapat menyerap lebih baik dan bekerja lebih optimal pada kulit wajah. 

4. Meratakan warna kulit

Orang-orang dengan bintik-bintik hitam, tekstur kasar, hiperpigmentasi, dan bekas jerawat mungkin sangat frustrasinya untuk menghilangkannya. Tapi tenang saja, eksfoliasi kulit dan kesabaran berbulan-bulan bisa menjadi kunci untuk menghilangkannya hingga bersih.

Rekomendasi Eksfoliasi Untuk Kulit Berjerawat Alami dan Medis

5. Meningkatkan sirkulasi dan drainase limfatik

Sirkulasi drainase limfatik bekerja sebagai pembersihan internal dan stimulasi darah yang kaya oksigen untuk memberi nutrisi pada permukaan kulit. Yang pertama adalah bentuk detoksifikasi kulit, bekerja untuk membuang racun dan kotoran tidak sehat lainnya. Yang terakhir meningkatkan kesehatan sel untuk menampilkan kulit yang lebih bercahaya.

Bahan untuk eksfoliasi wajah kulit berjerawat

Tipe wajah berminyak dan berjerawat mungkin akan sedikit sulit menemukan produk eksfoliasi lembut yang cocok untuk kulit. Berikut beberapa referensi kandungan eksfoliasi yang mungkin akan cocok dengan wajah kulit berjerawat:

  1. Salicylic acid

Kandungan adalah exfoliator yang lembut namun kuat yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan secara nyata mengurangi munculnya bekas jerawat,dan bintik hitam.

  1. Salicylic acid, glycolic acid, dan witch hazel

Bahan-bahan pelawan jerawat ini ampuh, murni, dan sangat efektif dalam pengelupasan dan pemberantasan jerawat.

  1. Green tea dan  Salicylic acid

Kedua bahan utama ini digabungkan satu sama lain untuk meredakan inflamasi, melawan jerawat parah, tekstur kulit tidak merata, pori-pori tersumbat, dan masih banyak lagi.

  1. BHA Liquid Salicylic Acid 

Kandungan akan memberikan kesembuhan yang efektif bagi kulit berjerawat. Bekerja dengan membuka dan mengecilkan pori-pori yang membesar dengan formula uniknya. Kandungan ini juga bisa menghidupkan kembali kulit kamu dan mengoreksi warna kulit yang tidak merata.

10 Manfaat Kulit Pisang, Bagus untuk Gigi dan Wajah!

Cara eksfoliasi alami untuk kulit berjerawat

Eksfoliasi kulit tidak harus selalu menggunakan kandungan kimiawi, kamu juga bisa mengandalkan bahan alami seperti pisang untuk mengeksfoliasi kulit. Bagaimana caranya?

  1. Scrub pisang dan oatmeal

Ambil ¼ pisang, sejumput bubuk pala dan ½ sendok teh oat yang dihancurkan. Campur semuanya dengan baik dan oleskan pada wajah. Sebelum mengaplikasikannya pada wajah, basahi dengan air agar lebih mudah diaplikasikan. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air keran.

  1. Masker eksfoliasi pisang dan susu

Campurkan satu buah pisang, satu sendok teh susu murni dan satu sendok teh tepung murni. Pijat scrub ini di wajah dan tangan dan biarkan selama 10 menit sebelum dicuci dengan air keran. Oleskan minyak kelapa pada wajah dan tangan sesudahnya agar terasa lebih lembab.

  1. Masker pisang madu

Ambil satu buah pisang utuh dan 2 sendok makan madu dan aduk rata. Giling dalam mixer dan simpan di lemari es. Oleskan scrub pada wajah selama 15 menit dan biarkan. Cuci bersih dengan air keran dan kamu akan mendapatkan kulit yang lembap dan tampak sehat.

Tidak hanya mengeksfoliasi, bahan utama pisang juga bisa melembabkan kulit wajah secara sempurna. Selamat mencoba!

10 Ramuan Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Share artikel ini
Reference